Linux dan Server
Cara Benar Menghapus Sertifikat SSL di Cerbot

Cara Benar Menghapus Sertifikat SSL di Cerbot

Oleh | Selasa, 29 Juni 2021 11:42 WIB | 547 Views | Comments 2021-06-29 11:42:29

Biasanya, Anda akan menunggu sertifikat kedaluwarsa, tetapi bagaimana jika Anda memiliki sertifikat yang diterbitkan untuk nama domain yang tidak Anda perlukan lagi? Apa cara yang benar untuk menghapus filenya sepenuhnya dari server Anda?

Saat menghapus sertifikat SSL, yang bagus dan baik adalah tidak menghapus hanya satu file secara manual. Anda harus melalui setidaknya direktori berikut dan menghapus file yang terkait dengan nama domain.

/etc/letsencrypt/archieve
/etc/letsencrypt/live
/etc/letsencrypt/renewal


Perintah untuk Menghapus Sertifikat Certbot
Nah Untungnya, ada fitur untuk melakukan penghapusan secara otomatis untuk Anda. Perintah ini akan menawarkan cara yang mudah untuk menghapus SSL domain anda dengan benar. Perintahnya adalah:

$ sudo certbot delete

Ketik  sertifikat nama domain yang ingin Anda hapus dan tekan enter. Sertifikat yang dikeluarkan kemudian akan dihapus. Hapus Sertifikat Certbot berdasarkan Nama Domain  silakan berikan cara yang lebih cepat untuk menghapus sertifikat Certbot dengan memasukkan nama domain dalam perintah seperti ini:

$ sudo certbot delete --cert-name example.com

Nah, setelah dihapus sertifikatnya, jangan lupa untuk menghapusnya pula pada konfigurasi Apache maupun Nginx anda, supaya saat webserver di restart tidak menimbulkan error. Selamat mencoba

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet





Apa komentar anda tentang Tulisan Cara Benar Menghapus Sertifikat SSL di Cerbot?


Linux dan Server Lainnya
Cara yang Benar Menghapus SSL Domain di Letsencrypt
Rabu, 28 Oktober 2020 18:56 WIB
Cara yang Benar Menghapus SSL Domain di Letsencrypt
Banyak cara yang orang lakukan untuk menghapus sertifikat SSL dalam sebuah server yang terpasang letsencrypt, sebenarnya ada cara yang tepat dan memang dicontohkan oleh Letsencrypt untuk menghapus domain. Bagaimana caranya?
Menginstall dan Konfigurasi SSL Letsencrypt Wildcard di Linux Debian
Kamis, 07 Mei 2020 23:44 WIB
Menginstall dan Konfigurasi SSL Letsencrypt Wildcard di Linux Debian
SSL menjadi barang wajib terpasang untuk konfigurasi server saat ini, selain untuk kebutuhan keamanan, SSL terbukti dapat membantu meningkatkan SEO dari sebuah website. Lalu bagaimana untuk menginstall Wildcard SSL menggunakan Letsencrypt?
Mengatasi Error Letsencrypt di Debian 6 dan 7
Selasa, 25 Juni 2019 09:20 WIB
Mengatasi Error Letsencrypt di Debian 6 dan 7
Perubahan yang terjadi akibat perubahan versi yang terjadi di sisi Phyton dan juga letsencrypt menyebabkan letsencrypt error terjadi di debian 6 dan juga debian 7, berikut ini adalah cara untuk mengatasinya berdasarkan yang pernah saya lakukan, dan berhasil.
Menginstall SSL Lets Encrypt Untuk Debian 7
Jum'at, 27 Juli 2018 06:06 WIB
Menginstall SSL Lets Encrypt Untuk Debian 7
SSL saat ini seperti sudah hal yang wajib dipasang untuk setiap website, sebenarnya, bila tidak ada data krusial yang harus dikirimkan, SSL bisa saja tidak dipasang, namun karena browser sekarang menunjukan tanda aman dan tidak sebuah website, maka pemilik website lebih memilih untuk memasang SSL.
Membuat Server Support SSL Multidomain dalam Satu Server
Sabtu, 13 Januari 2018 08:12 WIB
Membuat Server Support SSL Multidomain dalam Satu Server
SSL (Secure Socket Layer) saat ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sebuah website, sebagian kita mengenalnya dengan HTTPS atau HTTP yang berjalan dalam mode secure (aman). Jadi semua data yang dikirim ke server akan di enskripsi terlebih dahulu
Auto Update Diskspace Info di Linux Setelah Mendelete File
Sabtu, 17 Maret 2012 07:48 WIB
Auto Update Diskspace Info di Linux Setelah Mendelete File
Sebenarnya pekerjaan ini cukup menyebalkan, bagaimana tidak ketika kita sudah menghapus file yang sangat besar dari komputer linux kita tetapi masih tersisa 0% dari space hardisk alias tidak berkurang. Hal yang bisa dilakukan untuk mengupdatenya adalah dengan merestart komputer kita.