Cordova Mobile Apps
Membuat Paket Bundle Apps Android (AAB) Di Cordova

Membuat Paket Bundle Apps Android (AAB) Di Cordova

Oleh | Selasa, 08 Maret 2022 22:21 WIB | 2.601 Views | Comments 2022-03-08 22:21:45

Saat ini, bila kita membuat sebuah aplikasi di PlayStore Console, sejauh yang saya tahu, Google akan secara otomatis mewajibkan Developer untuk mengupload file AAB atau Bundle dalam rilisnya. Lalu bagaimana cara membuatnya? Yuk ikuti langkah-langkahnya.

Pertama-tama kita harus menyiapkan dulu Key File (keystore) untuk Aplikasi yang sudah kita buat di cordova, saya biasanya menggunakan APK Signer atau keytools. Setelah itu, masuklah ke folder project cordova kita seperti biasa kita akan mendebug atau mencoba running aplikasi kita. Kemudian jalankan perintah:

cordova build android --release -- --keystore=./namakey.keystore --storePassword=password --alias=namaalias --password=password2 --packageType=bundle

- namakey.keystore adalah nama keystore yang sudah digenerate sebelumnya
- storePassword adalah password dari keystore saat dibuat
- namaalias adalah nama alias yang dibuat saat pembuatan keystore
- password2 diisi dengan password alias yang dibuat saat mengenerate keystore
- bundle adalah tipe yang akan dibuat bila diisi bundle maka akan mengerate file AAB, secara default atau bila dikosongkan akan menghasilkan file .apk

Setelah itu, file yang telah di build versi AAB bisa dibuka di <lokasiproject>platformsandroidappuildoutputsundle elease. Di foder inilah akan terlihat app-release.aab yang siap kita upload ke Playstore Console. Selamat mencoba!


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3


Cordova Mobile Apps Lainnya