Startup Indonesia
Keberanian Founder Startup dan Harapan Investor

Keberanian Founder Startup dan Harapan Investor

Oleh | Selasa, 27 Juli 2021 15:22 WIB | 596 Views 2021-07-27 15:22:06

Banyak investor yang cuan di beberapa Startup yang tumbuh tinggi menjulang, mungkin nilainya bisa berkali-kali lipat, apalagi ketika memutuskan "pergi" saat lagi tinggi-tingginya dan dijual ke investor lain.

Tapi, katanya hanya sekitar 2% Startup yang bisa terus hidup dan membersar dari ratusan atau bahkan ribuan Startup yang muncul setiap tahunnya, artinya, dari 100% investor, kemungkinan yang bener-benar cuan hanya 2% pula. Investasi di Startup memang butuh mental besar, kalau untung bisa jadi sangat untung, kalau rugi, bisa rugi setengah mati.

Startup memang didominasi anak muda, masih dibawah 40 tahun rata-rata, bahkan banyak yang dibawah 30 tahun. Luar biasanya mereka adalah berani "memegang" uang milyaran rupiah. Jika tidak dibekali dengan mentor yang baik dan pengawasan yang baik, bisa jadi mis manajemen. Bila tidak dibarengi dengan atitude yang baik pula, maka uang akan dibawa pergi, investor gigit jari.

INVESTASI MASYARAKAT

Tidak sedikit Startup yang memanfaatkan "uang" masyarakat umum untuk scaling bisnisnya, mereka tidak dealing dengan perusahaan venture, tetapi membuat sebuah Crowd Funding, akhirnya ketika bisnis kolaps, yang berteriak ratusan orang, bahkan ribuan orang, investasinyapun beragam, mulai dari yang 1juta, puluhan juta hingga ratusan juta. Urusan hukumnyapun terasa akan sangat banyak dan buat mereka kalau bisa uang kembali.

Membangun bisnis memang tidak semudah membalikan jemuran bantal, atau tidak semudah klik tombol love di status sosial media. Membangun bisnis butuh ilmu, butuh mental, butuh guru, butuh semangat, butuh doa, butuh dukungan, butuh segala-galanya.

Karena untuk menutup kebutuhan hidup, kita butuh banyak kebutuhan pula. Hidupp Butuuuh!

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet





Apa komentar anda tentang Tulisan Keberanian Founder Startup dan Harapan Investor?

Startup Indonesia Lainnya
Melihat Dunia Bisnis Bank Data dan Interkoneksi Data
Kamis, 03 Juni 2021 07:27 WIB
Melihat Dunia Bisnis Bank Data dan Interkoneksi Data
Bisnis ini di Indonesia masih sangat jarang, saya juga berfikir kenapa, padahal potensinya sangat besar sekali, mungkin modalnya juga cukup besar, walaupun tidak terlihat. Tidak terlihat karena memang di backend, mereka punya data besar sekali, tapi tidak dijual satuan. Apa saja coba? mungkin ada teman-teman yang belum tau.
7 Sebab Minimnya Startup Berbasis Teknologi di Pangandaran
Rabu, 02 Juni 2021 17:38 WIB
7 Sebab Minimnya Startup Berbasis Teknologi di Pangandaran
Mohon maaf bila judulnya terkesan menafikan yang ada, atau mungkin memang benar adanya. Perusahaan rintisan berbasis teknologi di Pangandaran nyaris tidak terdengar, apakah karena fokus di Pariwisata? padahal tidak sedikit juga perusahaan rintisan berbasis teknologi + pariwisata. Kira-kira kenapa ya sebabnya?
Jor-joran Iklan, Sudah Untungkah Mereka?
Rabu, 03 Maret 2021 19:10 WIB
Jor-joran Iklan, Sudah Untungkah Mereka?
Ada sebuah diskusi menarik dengan seorang teman terkait banyaknya perusahaan rintisan di Indonesia (Startup) yang beriklan dengan dana yang sangat besar, bahkan sebagian blocking time di TV swasta. Diskusinya mengarah pada pikiran yang sama, sudah untungkah mereka?
Rontoknya Startup Indonesia, Mungkinah Terjadi?
Jum'at, 22 Mei 2020 07:28 WIB
Rontoknya Startup Indonesia, Mungkinah Terjadi?
Ini memang bukan predeksi, tanda-tandanya juga sudah ada. Sebelum Covid-19 melanda, saya meyakini bahwa banyak startup kita yang tidak mampu bangkit setelah mereka bakar-bakar uang, ditambah lagi kondisi saat ini yang begitu berat dirasakan hampir oleh setiap lini.
Bakar Uang, Benarkah Setiap Start Up Harus Membakar Uang?
Jum'at, 14 September 2018 14:34 WIB
Bakar Uang, Benarkah Setiap Start Up Harus Membakar Uang?
Istilah bakar uang memang lazim terdengar di dunia perusahaan rintisan (startup), istilah ini diartikan sebagai sebuah kegiatan menghabiskan uang banyak untuk sebuah proses bisnis tertentu, umumnya lebih ditekankan kepada proses pengembangan bisnis seperti marketing dan akuisisi pasar.
Qualitiva, Tempat Buat Kuis dan Test Online, Dapat Uang
Kamis, 31 Mei 2018 18:10 WIB
Qualitiva, Tempat Buat Kuis dan Test Online, Dapat Uang
Saya melihat sekilas namanya merupakan pengembangan dari kata Quality dan berubah menjadi Qulitiva, namun tentu yang tahu benar adalah Founder dan juga timnya. Qualitiva adalah sebuah startup yang memfokuskan diri pada flatform Kuis Online.