Startup Indonesia
Keberanian Founder Startup dan Harapan Investor

Keberanian Founder Startup dan Harapan Investor

Oleh | Selasa, 27 Juli 2021 15:22 WIB | 1.670 Views 2021-07-27 15:22:06

Banyak investor yang cuan di beberapa Startup yang tumbuh tinggi menjulang, mungkin nilainya bisa berkali-kali lipat, apalagi ketika memutuskan "pergi" saat lagi tinggi-tingginya dan dijual ke investor lain.

Tapi, katanya hanya sekitar 2% Startup yang bisa terus hidup dan membersar dari ratusan atau bahkan ribuan Startup yang muncul setiap tahunnya, artinya, dari 100% investor, kemungkinan yang bener-benar cuan hanya 2% pula. Investasi di Startup memang butuh mental besar, kalau untung bisa jadi sangat untung, kalau rugi, bisa rugi setengah mati.

Startup memang didominasi anak muda, masih dibawah 40 tahun rata-rata, bahkan banyak yang dibawah 30 tahun. Luar biasanya mereka adalah berani "memegang" uang milyaran rupiah. Jika tidak dibekali dengan mentor yang baik dan pengawasan yang baik, bisa jadi mis manajemen. Bila tidak dibarengi dengan atitude yang baik pula, maka uang akan dibawa pergi, investor gigit jari.

INVESTASI MASYARAKAT

Tidak sedikit Startup yang memanfaatkan "uang" masyarakat umum untuk scaling bisnisnya, mereka tidak dealing dengan perusahaan venture, tetapi membuat sebuah Crowd Funding, akhirnya ketika bisnis kolaps, yang berteriak ratusan orang, bahkan ribuan orang, investasinyapun beragam, mulai dari yang 1juta, puluhan juta hingga ratusan juta. Urusan hukumnyapun terasa akan sangat banyak dan buat mereka kalau bisa uang kembali.

Membangun bisnis memang tidak semudah membalikan jemuran bantal, atau tidak semudah klik tombol love di status sosial media. Membangun bisnis butuh ilmu, butuh mental, butuh guru, butuh semangat, butuh doa, butuh dukungan, butuh segala-galanya.

Karena untuk menutup kebutuhan hidup, kita butuh banyak kebutuhan pula. Hidupp Butuuuh!


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Startup Indonesia Lainnya
Jor-joran Iklan, Sudah Untungkah Mereka?
Rabu, 03 Maret 2021 19:10 WIB
Jor-joran Iklan, Sudah Untungkah Mereka?
Rontoknya Startup Indonesia, Mungkinah Terjadi?
Jum'at, 22 Mei 2020 07:28 WIB
Rontoknya Startup Indonesia, Mungkinah Terjadi?
Bakar Uang, Benarkah Setiap Start Up Harus Membakar Uang?
Jum'at, 14 September 2018 14:34 WIB
Bakar Uang, Benarkah Setiap Start Up Harus Membakar Uang?