Startup Indonesia
Qualitiva, Tempat Buat Kuis dan Test Online, Dapat Uang

Qualitiva, Tempat Buat Kuis dan Test Online, Dapat Uang

Oleh | Kamis, 31 Mei 2018 18:10 WIB | 129 Views 2018-05-31 18:10:52

Saya melihat sekilas namanya merupakan pengembangan dari kata Quality dan berubah menjadi Qualitiva, namun tentu yang tahu benar adalah Founder dan juga timnya. Qualitiva adalah sebuah startup yang memfokuskan diri pada flatform Kuis Online. Kuis di Qualitiva siapapun bisa membuat dan bahkan memungkinkan untuk mendapatkan uang jika pembuat kuis mampu menarik banyak orang untuk mengikuti kuis yang dibuat dengan membeli terlebih dahulu kuis yang dibuat.

Qualitiva sepertinya berada dalam inkubasi PT. Telkom Indonesia melalui program Indigo-nya, saya sendiri tidak tahu model seperti apa yang Telkom lakukan untuk mensupport Qualitiva, start-up asal kota yang terkenal akan mpek-mpeknya, Palembang. Namun, seperti kebanyakan Start-up yang masuk lingkungan Indigo, biasanya Telkom akan membantu dana awal hingga perusahaan tumbuh dan bisa berkembang dengan nilai invetasi yang beragam.

Review Sekilas

Qualitiva saya lihat hadir dalam flatform berbasis web dan juga mobile Apps, saya pikir sudah Qualitiva sudah sangat tepat menjalankan bisnisnya di dua flatform tadi. Website yang beralamat di Qualitiva.Id juga memiliki tampilan yang bagus dengan kombinasi warna merah maroon dan hitam. Hanya saja versi websitenya tidak cukup responsive bila menggunakan perangkat mobile, terlihat dari beberapa bagian yang terpotong atau tidak responsive. Mungkin pilihan untuk diarahkan ke versi Mobile Apps akan lebih menarik untuk pengguna. Namun secara keseluruhan saya menilai versi website sudah memenuhi kebutuhan dan sesuai dengan proses bisnis yang dijalankan.

Revenue Stream

Jika melihat sekilas dari tampilan web dan flow website, Revenue stream yang didapatkan oleh Qualitiva adalah dari Share "penjualan kuis" yang dilakukan oleh para creator kuis. Secara sederhana Qualitiva adalah Marketplace Kuis atau Marketplace Test. Siapapun boleh membuat kuis dan menjualnya, hasil penjualan ini ada perhitungannya.

Market dari Qualitiva jika melihat dari services yang diberikan, saya melihatnya adalah dunia Pendidikan dan Training, walaupun mengejar market yang lebih luas lagi yaitu masyarakat umum yang ingin mencoba kuis lucu-lucuan, namun justru Kuis yang berbayar lebih fokus kepada pendidikan. Hal ini bagi Qualitiva adalah tantangan sendiri, karena untuk mencari revenue dari dunia Pendidikan termasuk yang gampang-gampang susah, pemain lama yang menyediakan Try Out, Latihan Soal seperti Zenius, Quipper atau beberapa Lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel) yang juga telah masuk ke pasar lebih dulu.

Qualitiva saya lihat harus terus meningkatkan kepercayaan pengguna bahwa walaupun siapapun bisa membuat Kuis, namun dipastikan setiap kuis yang ada khususnya yang berhubungan dengan pendidikan memiliki kualitas yang baik dan terpecaya, dengan begitu banyak user yang tertarik untuk membeli kuis.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet




Berikan Komentar

Startup Indonesia Lainnya
Ini Jenis Startup yang Bakal Ramai di Tahun 2018
Senin, 15 Januari 2018 21:01 WIB
Ini Jenis Startup yang Bakal Ramai di Tahun 2018
Dunia Startup Indonesia akhir-akhir ini cukup sering menghiasi pemberitaan berbagai media, tentu dengan kesuksesan beberapa startup yang muncul di tanah air ini yang mampu menyedot perhatian semua seperti Gojek, Traveloka, Bukalapak, Tokopedia dan yang lainnya.