Bisnis dan Wirausaha
Berbagai Jenis Bisnis Memanfaatkan Instagram Untuk Mendapatkan Uang

Berbagai Jenis Bisnis Memanfaatkan Instagram Untuk Mendapatkan Uang

Oleh | Senin, 25 Juni 2018 10:04 WIB | 146 Views 2018-06-25 10:04:54

Tidak harus membayar hosting yang semakin lama semakin membengkak, bahkan tidak harus membeli sebuah domain yang harus diperpanjang setiap tahun untuk membuat portal berita atau portal lainnya, mereka hanya bermodal membuat akun Instagram. Apa saja bisnis yang memanfaatkan Instagram?

1. Instagram Sebagai Toko
Jenis bisnis ini yang paling umum dilakukan oleh banyak pengguna instagram, mereka punya produk-produk yang bisa dijual secara online, memanfaatkan Instagram sebagai "toko" sekaligus etalase dan promosi. Berbagai jenis barang terjual dengan menggunakan instagram seperti fashion dan aksesoris, beberapa contoh sukses seperti WearingKlamby, DNCSoes, Atelier Angelina dan banyak lagi lainnya. 

Contoh Instagram Online Shop
Contoh Instragram untuk Online Shop

Bisnis jenis ini tentu hanya bisa dilakukan untuk mereka yang senang berjualan secara online baik memiliki produk sendiri maupun sebagai reseller. Instagram toko biasanya didominasi oleh foto-foto produk dan juga testimoni dari para pelanggannya. Secara sederhana, jumlah follower sangat berpengaruh kepada seberapa besar penjualan yang dapat dilakukan, walaupun hal itu bukan satu-satunya sebab penjualan tinggi. Instagram adalah social media yang membutuhkan "keaktifan" penggunanya, jika anda memutuskan untuk berjualan online menggunakan instagram, aktiflah dalam memposting produk dan pendukungnya, membalas komentar dan juga merespon DM (Direct Message) dengan cepat.

2. Instagram Personal Sebagai Endorsement
Tidak sedikit pengguna social media Instagram yang awalnya hanya sekedar posting foto jalan-jalan, posting foto penampilan sehari-hari atau dikenal dengan istilah OOTD, namun pada perjalanannya seiring dengan banyaknya follower yang suka dengan foto-foto yang disajikan, banyak pemilik produk yang memilih instagram jenis ini untuk ikut mempromosikan produknya, istilahnya dikenal dengan Endorsement. Biasanya, instagram jenis ini didominasi oleh artis atau artis instagram.
Contoh Instagram Pribadi

Instagram seperti ini mendapatkan uang atau bayaran dari jasa endorsement-nya, harganyapun beragam, mulai puluhan ribu rupiah per produk hingga jutaan rupiah. Jumlah follower dan juga ketenaran pemilik akun instagram jenis ini sangat mempengaruhi harga endorsement setiap produknya. Anda bisa membuat dan menjadi instagram jenis ini, syaratnya anda terus aktif dan memiliki keunikan tersendiri dibanding akun-akun lain, bila follower sudah dianggap cukup anda bisa memulai dengan free endorsement (gratis) terlebih dahulu. 

3. Instagram BisnisSebagai Endorsement
Berbeda dengan instagram jenis personal yang lebih mengedepankan "profile diri" pemilik akun instagramnya, Instagram bisnis lebih fokus kepada hal-hal lain yang dibahas, biasanya bersifat media baik itu News flash yang membutuhkan informasi yang cepat, feature atau juga hal-hal lain yang tidak bersifat personal. Beberapa contoh yang ada misalkan Instagram Info Bandung yang membahas tentang bandung dan sekitarnya, Instagram makanpakereceh yang membahas berbagai kuliner-kuliner murah dan banyak instagram-instagram yang membahas tentang kejadian viral di dunia.
Contoh Instagram Pribadi
Sama seperti instagram personal yang membuka layanan endorsement, akun jenis ini juga membuka layanan endorsement untuk mendapatkan uang, bedanya, biasanya produk-produknya lebih spesifik dan linear dengan bahasan yang dilakukan dalam akunnya, contohnya di Instagram makanpakereceh, maka akan melakukan endorsement ke produk-produk kuliner.

4. Jual Beli Akun Instagram
Model mencari uang dengan memanfaatkan ini sebenarnya saya kurang sependapat, tapi kenyataannya memang ada. Diluar sana banyak "orang-orang kreatif" yang membuat banyak akun instagram, akun-akun instagram ini mereka rawat, selalu update foto dan video hingga memiliki banyak follower. Setelah banyak follower, akun-akun ini akan ditawarkan kepada orang-orang yang menurut mereka sesuai seperti pemiliki online shop atau untuk instagram Personal.

5. Instagram Buzzer
Sama seperti jual beli akun instagram, instagram buzzer ini nyatanya memang ada. Prinsip kerjanya sama dengan para akun fake yang akan mem-buzz sesuatu untuk kepentingan tertentu. Saya sangat tidak setuju sekali dengan model mencari uang seperti ini. Tapi kenyataannya ada, diluar sana ada yang satu orang membuat banyak akun instagram dan melakukan pembelaan atau melakukan penyerangan kepada pihak-pihak tertentu dan dibayar.

6. Membuat Instagram Automation
Saya sangat suka dengan mereka yang memanfaatkan instagram dengan cara ini, beberapa pelaku digital marketing membuat beberapa tools yang memudahkan pengguna Instagram untuk mengelola akun mereka, semisal Aplikasi Virol yang dapat melakukan beberapa automation seperti mengupload foto dan yang lainnya. Aplikasi semacam ini mereka jual dengan harga tertentu atau dengan model berlangganan bulanan atau tahunan. Tidak semua orang memiliki kemapuan seperti ini, selain harus memiliki kemampuan programming, pembuat tools automation harus memahami betul bagaimana instagram bekerja dan mencari celah supaya bisa di otomatisasi.

Instagram sebenarnya hanya sebuah tools, bisa juga instagram adalah sebuah media. Banyak cara untuk mendapatkan uang dari instagram, hanya orang-orang kreatif yang dapat melakukan itu. Bila banyak orang bisa, kenapa anda tidak mencobanya?

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet




Berikan Komentar

Bisnis dan Wirausaha Lainnya
Anda Merasa Jago Komputer dan IT? Anda Akan Kalah Oleh Orang Ini
Senin, 15 Januari 2018 22:48 WIB
Anda Merasa Jago Komputer dan IT? Anda Akan Kalah Oleh Orang Ini
Anda merasa jago programming, security atau hal-hal lain yang berhubungan dengan IT? dan anda merasa bahwa kemampuan anda adalah yang bisa mempengaruhi banyak orang? sepertinya pikiran kita yang selama ini salah, orang IT bukanlah orang yang se-powerfull kita bayangkan, jika dilihat dari tinggi rendahnya jabatan, maka anda akan kalah oleh orang ini.
Dokter Yudhis The Graph, Mereka yang Kaya dari Facebook
Rabu, 10 Januari 2018 17:55 WIB
Dokter Yudhis The Graph, Mereka yang Kaya dari Facebook
Sebenarnya saya kurang suka menggunakan kata kaya dalam tulisan ini, tetapi karena sebagian dari kita menyukai kata Kaya untuk memotifasi diri akhirnya saya pilih kata Kaya dari Facebook. Kata kaya memang identik sekali dengan uang, namun menurut saya yang terpenting bukan uangnya tetapi manfaatnya, seperti yang kaya dari facebook, Dokter Yudhis.
Beriklan di Koran Vs Facebook, Case Memasang Iklan Lowongan Kerja
Selasa, 05 Desember 2017 13:01 WIB
Beriklan di Koran Vs Facebook, Case Memasang Iklan Lowongan Kerja
Beberapa waktu yang lalu tim saya memasang iklan tentang lowongan pekerjaan di beberapa tempat, 2 buah dipasang sebagai banner di 2 Koran yang berbeda dan satu lagi posting beberapa group di Facebook. Bagaimana Hasilnya?
Senangnya Jika Topup Pulsa Listrik Potong Pulsa Handphone
Kamis, 16 Oktober 2014 17:50 WIB
Senangnya Jika Topup Pulsa Listrik Potong Pulsa Handphone
Bunyi suara niiit dan niit muncul tiba-tiba saat terlelap tidur dan tak lama setelah itu lampu-pun padam menghadirkan kegelapan. Bingung mau beli token kemana sedang waktu menunjukan pukul satu tengah malam, asyik sepertinya jika bisa beli token via potong pulsa, kebetulan pulsa telepone justru sedang berlebih.
Cari Domainnya Dulu Baru Bangun Perusahaannya
Selasa, 19 Oktober 2010 06:27 WIB
Cari Domainnya Dulu Baru Bangun Perusahaannya
Ada hal yang menarik saat ini dimana domain menjadi salah satu acuan dalam membangun sebuah nama yang akan dibesarkan, baik itu untuk sebuah perusahaan atau brand lain. Kalau dulu orang memulai dengan nama perusahaannya dulu baru mendaftarkan domain, sekarang ada kecenderungan dibalik.