Dunia dan Internasional

Coloum Chart Bar Chart Area Chart Line Chart Spline Chart Pie Chart

Gunakan tanda dipojok kanan atas grafis untuk mendownload grafis dalam bentuk JPG, PNG atau format lainnya

Statistik Juara AFF Sepanjang Masa

Senin, 06 Desember 2021 15:33 WIB | 486 Views 2021-12-06 15:33:59

AFF Suzuki Cup telah berlangsung dari tahun 1996, saat itu masih bernama piala Tiger, Indonesia memuncaki rekor menjadi runnerup terbanyak, sementara juara terbanyak dipegang oleh Thailand. Bagaimana statistiknya?
 

Negara Juara Runner-Up
Thailand 5 3
Singapura 4 0
Vietnam 2 1
Malaysia 1 3
Indonesia 0 5
Philiphina 0 0
Laos 0 0
Brunei Darussalam 0 0
Myanmar 0 0
Timor Leste 0 0
 

Sepanjang perhelatan Piala AFF, beberapa kali mengalami perubahan format. Pada tiga edisi awal menggunakan format home tournament, dengan melangsungkan laga di sebuah negara dari awal hingga final. 

Pada edisi 2002, format diubah dengan menggunakan dua negara sebagai tuan rumah di babak penyisihan, ketika itu Indonesia dan Singapura yang dipercaya melangsungkannya. Namun, saat fase gugur laga seluruhnya dimainkan di Indonesia. 

Dua tahun kemudian, perubahan format kembali terjadi. Dua negara masih ditunjuk untuk menggelar babak penyisihan, akan tetapi di fase gugur memakai sistem kandang dan tandang antara kedua tim yang bertanding. 

Format tersebut bertahan sampai Piala AFF 2016. Hanya bedanya tim yang kalah di semifinal tidak melakukan pertandingan untuk merebutkan tempat ketiga seperti edisi Piala AFF sebelumnya.

Demi menarik lebih banyak penonton, maka laga Piala AFF 2018 dimainkan dengan format kandang dan tandang. Pada babak penyisihan, masing-masing tim mendapatkan kesempatan dua kali main kandang dan dua kali laga tandang melawan empat lainnya yang ada di grup tersebut. Masuk ke fase gugur, laga kandang-tandang kembali dimainkan.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet





Apa komentar anda tentang Tulisan Statistik Juara AFF Sepanjang Masa?

Dunia dan Internasional Lainnya
Grafik Tingkat Kecakapan Berbahasa Inggris di Asia Tenggara
Rabu, 01 Desember 2021 07:16 WIB
Grafik Tingkat Kecakapan Berbahasa Inggris di Asia Tenggara
Indonesia menempati posisi kelima dari 10 negara di Asia tenggara dalam kecapatan berbahasa inggris, angka ini masih jauh dari kata ideal sebagai modal untuk membooster ekonomi yang sangat dipengaruhi oleh kemampuan komunikasi.
Data 50 Besar Negara Dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Dunia
Minggu, 19 September 2021 08:34 WIB
Data 50 Besar Negara Dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Dunia
Saat ini, seluruh manusia di bumi atau di dunia tercatat lebih dari 7 milyar jiwa, mulai dari kutub utara sampai selatan. Penduduk terbesar masih didominasi 2 negara yaitu India dan Tiongkok (china). Lalu bagaimana gambaran jumlah penduduk di negara-negara lainnya?