Teknologi Informasi
Kelak Antar Operator Selular Tidak Akan Perang Tarif

Kelak Antar Operator Selular Tidak Akan Perang Tarif

Jum'at, 06 Juni 2008 07:34 WIB | 4.372 Views 2008-06-06 07:34:12

Berbagai metode iklan yang dikeluarkan Operator selular saat ini sudah sangat beragam untuk menggaet pelanggan baru ataupun untuk mempertahankan konsistensi pelanggan yang ada agar tetap menggunakan layanan selular miliknya. Hal yang sama pada iklan saat ini adalah perang tarif dimana antar operator saling menurunkan harga dengan berbagai cara. 

Kalau kita cermati secara seksama semua operatorpun tidak akan rugi dalam menjalankan bisnisnya, dengan kata lain, tidak mungkin serta merta menurunkan tarif tanpa ada perhitungan yang tetap menguntungkan, tidak hanya cukup untung bahkan bisa jadi berlipat. Ada saja cara yang digunakan operator untuk tetap untung, misalkan pemberlakuan bebas bicara pada jam-jam dimana orang jarang berkomunikasi, dan meninggikan harga pada saat peaktime disiang hari, ada juga yang seolah-olah jaringan terputus pada menit-menit tertentu, padahal tarif murahnya hanya berlaku jika sudah melakukan panggilan selama satu jam. Ada juga yang menghitung tarif SMS dari banyaknya karakter yang dikirim. Padahal jika dihitung-hitung apabila mengirim full dari satu SMS maka jatuhnya akan sama saja dengan operator lain atau bahkan lebih mahal.

Hal yang paling lumrah pada tarif murah adalah tarif yang ada berlaku sangat murah apabila sesama operator atau setidaknya sesama perusahaan yang mengeluarkan produk yang digunakan. 

Menurut pandangan beberapa pakar ekonomi dan pengamatan langsung, kelak ternyata tidak akan lagi terjadi. Setelah semua infrastruktur terbangun di seluruh indonesia maka harga tarif selularpun akan stag pada angka tertentu atau bisa jadi disebabkan karena harga terendah yang ada sudah sama atau lebih rendah dari biaya produksi yang dikeluarkan, siapa orang yang mau menjual barang lebih murah dari biaya produksi yang dikeluarkan, tentu bunuh diri. 

Ketika semuanya sudah sampai pada titik itu, maka peralihan perangpun terjadi. Perang tarif makin lama makin menipis, beralih kepada perang layanan dan service dari operator itu sendiri. Berbagai kemudahan akan muncul, mulai dari pembelian pulsa, kemudahan dalam penggunaan layanannya itu sendiri dan banyaknya fitur-fitur baru yang muncul. Kreatifitas dan inovasi dari produk selular akan dipacu untuk tumbuh pesat, teknologi baru akan dihadirkan untuk melengkapi layanan. Orang akan memilih operator yang layanannya prima karena tarif sudah hampir sama semuanya.

Kemudahan dalam berinternet, kecepatan dalam berinternet juga menjadi salahsatu killer service yang dihadirkan. Pengguna selular akan lebih selektif memilih produk tidak lagi melihat dari sisi tarif, tapi pada sisi layanan, fitur dan kecanggihan teknologi yang dihadirkan dari operator itu sendiri.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#0


Mungkin anda tertarik menonton video tentang Tarik Uang via LinkAja di ATM Tidak Keluar? Ini Solusi Ampuhnya - Tips Teknologi

Apa komentar anda tentang Tulisan Kelak Antar Operator Selular Tidak Akan Perang Tarif?

Teknologi Informasi Lainnya
Pengaruh Digital Megazine Terhadap Bisnis Penerbitan
Jum'at, 01 Februari 2008 08:21 WIB
Pengaruh Digital Megazine Terhadap Bisnis Penerbitan
Perkembangan teknologi informasi semakin hari semakin berinovasi dan sangat mengagumkan. Kita masih ingat bahwa sebuah lagu atau film yang disimpan dalam pita analog sebesar piring atau papan hanya untuk pemutaran film berdurasi 2 jam, kita juga masih ingat bagaimana tumpukan kertas ujian dan catatan yang menumpuk yang masih manual atau ratusan bundel photo yang bingung menyimpan karena berjumlah ribuan bahkan ratusan. Kini semua itu mungkin menjadi sebuah hal unik kalau masih tetap dilakukan karena banyak teknologi yang mampu merubah semuanya menjadi lebih mudah dan efisien. Kita ambil contoh adalah Digital Megazine.
Mengenal Knowledge Management dan Kaitannya dengan Decision Support System
Rabu, 16 Januari 2008 13:31 WIB
Mengenal Knowledge Management dan Kaitannya dengan Decision Support System
Banyak yang bilang kalau sekarang bukan lagi membicarakan sebuah Informasi apalagi data, tapi orang mulai berfikir dan banyak membicarakan tentang Knowledge atau ilmu pengetahun yang justru berasal dari informasi itu sendiri. Belakangan banyak yang bilang bahwa kedepan KM (Knowledge Magement) merupakan ladang empuk untuk meraih sebuah profit atau hanya sekedar prestise. Bagaimana sih sebenarnya? mari kita belajar bersama-sama
Tiga Menit Untuk Selamanya
Minggu, 16 Desember 2007 06:41 WIB
Tiga Menit Untuk Selamanya
Setiap situs perjodohan online mempunyai ide dan fitur-fitur unik dalam setiap websitenya walaupun pada dasarnya adalah mempertemukan dua orang yang sedang sama-sama mencari pasangan. Ada yang mempunyai konsep seperti mak comblang yang seolah-olah menjembatani seseorang lebih dekat dengan pasangannya hingga sampai situs yang mengeluarkan layanan penuh hingga resepsi pernikahan, maksudnya ketika jodohnya sudah ditemukan dalam database dan ternyata cocok, pengelola situs menjadi organizer untuk acara resepsi pernikahan, untuk bergabung dalam situs yang semacam ini tentunya sangat mahal
Gaya Baru Mendengar Radio di Internet
Selasa, 28 Agustus 2007 04:40 WIB
Gaya Baru Mendengar Radio di Internet
Petikan lirik “Diradio aku dengar lagu kesayanganmu”, lagu lawas mengingatkan kita bagaimana radio menjadi salah satu alternatif hiburan dalam keseharian kita. Gaya kita mendengar radio saat ini masih sama dengan puluhan tahun yang lalu, putar tuner, hingga menemukan stasion yang cocok dengan kita, bagaimana jadinya jika kita mendengarkan radio di internet ?
Software Pengusir Nyamuk, Benarkah Bekerja?
Jum'at, 10 Agustus 2007 05:51 WIB
Software Pengusir Nyamuk, Benarkah Bekerja?
Tulisan ini sengaja saya buat ketika berfikir beberapa saat tentang teman-temanku yang sakit demam berdarah, ya, fokusnya adalah seekor binatang berjenis nyamuk yang bisa menularkan Virus Demam Berdarah. Saya masih ingat ketika tahun 2004 dulu ada yang memberi software anti nyambuk yang dipasang dikomputer, terkadang hati bertanya, benar gak yah bekerja dengan baik softaware anti nyamuk ini? baca selengkapnya
Kenapa "Laptop" Sekarang Bermonitor Widescreen ?
Kamis, 28 Juni 2007 06:11 WIB
Kenapa "Laptop" Sekarang Bermonitor Widescreen ?
Ada perkembangan menarik yang terjadi dalam teknologi komputer jinjing yang sering kita sebut sebagai laptop atau notebook yaitu layar monitornya menjadi wide atau lebih lebar dari produk-produk sebelumnya. Jika anda berkunjung ke mal-mal komputer maka dipastikan akan sulit sekali untuk menemukan notebook dengan monitor yang persegi dan menjumpai laptop dengan monitor yang berukuran wide dimana lebar monitor lebih panjang daripada tingginya