Teknologi Informasi
Software Pengusir Nyamuk, Benarkah Bekerja?

Software Pengusir Nyamuk, Benarkah Bekerja?

Jum'at, 10 Agustus 2007 05:51 WIB | 49.254 Views 2007-08-10 05:51:43

Tulisan ini sengaja saya buat ketika berfikir beberapa saat tentang teman-temanku yang sakit demam berdarah, ya, fokusnya adalah seekor binatang berjenis nyamuk yang bisa menularkan Virus Demam Berdarah. Saya masih ingat ketika tahun 2004 dulu ada yang memberi software anti nyambuk yang dipasang dikomputer, terkadang hati bertanya, benar gak yah bekerja dengan baik softaware anti nyamuk ini? Anti Nyamuk

Anti Mosquito, nama program yang mirip-mirip dengan semacam anti virus  hanya saja software ini tidak berhubungan dengan pengusiran virus didalam sebuah komputer melainkan berhubungan dengan luar komputer itu sendiri yaitu pengusiran nyamuk. Software ini katanya memproduksi suara yang frequensinya dibawah suara normal yang bisa didengar oleh manusia (infrasonic) yaitu sekitar 16 Mhz hingga 20 Mhz. Serangga dan semacamnya katanya akan pergi mendengarkan suara yang frekuensinya seperti itu. Sofware itu bisa didownload di di sini.

Sekarang yang jadi pertanyaan adalah benarkan software ini bekerja dengan baik, bekerja, atau tidak mempunyai effek sama sekali ?

Jikalau benar frekuensi suara yang dihasilkan memang bisa mengusir nyamuk sudah barang tentu harus ada beberapa kebutuhan yang ada dalam komputer yang kita install, saya sendiri tidak tahu apakah software ini memproduksi suara lewat SoundCard yang terhubung dengan speaker atau menggunakan Speaker internal yang biasanya terpasang langsung dalam MainBoard, kalau itu benar adanya maka kebutuhan pertama yang harus ada adalah speaker. Selain software, ringtone juga di rilis sebagai pengusir nyamuk bahkan beberapa vendor anti nyamuk mengeluarkan produk yang serupa dalam bentuk independent device dimana alatnya dibangun khusus untuk menghasilkan suara seperti itu. Bekerja atau tidaknya software ini mesti diujicoba menggunakan kotak nyamuk seperti yang ada di iklan-iklan, baru bisa dilihat, kalau kita hanya simpan dikamar atau dilingkungan kerja kita, sepertinya tidak begitu bisa dilihat perbedaannya, saya sarankan download softwarenya dan dicoba.

Berkenalan dengan nyamuk.

Nyamuk adalah serangga tergolong dalam order Diptera; genera termasuk Anopheles, Culex, Psorophora, Ochlerotatus, Aedes, Sabethes, Wyeomyia, Culiseta, dan Haemagoggus untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 genera yang merangkum 2700 spesies. Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang; antarspesies berbeda-beda tetapi jarang sekali melebihi 15 mm.

Dalam bahasa Inggris, nyamuk dikenal sebagai "Mosquito", berasal dari sebuah kata dalam bahasa Spanyol atau bahasa Portugis yang berarti lalat kecil. Penggunaan kata Mosquito bermula sejak tahun 1583. Di Britania Raya nyamuk dikenal sebagai gnats.

Pada nyamuk betina, bagian mulutnya membentuk probosis panjang untuk menembus kulit mamalia (atau dalam sebagian kasus burung atau juga reptilia dan amfibi untuk menghisap darah. Nyamuk betina memerlukan protein untuk pembentukan telur dan oleh karena diet nyamuk terdiri dari madu dan jus buah, yang tidak mengandung protein, kebanyakan nyamuk betina perlu menghisap darah untuk mendapatkan protein yang diperlukan. Nyamuk jantan berbeda dengan nyamuk betina, dengan bagian mulut yang tidak sesuai untuk menghisap darah. Agak rumit nyamuk betina dari satu genus, Toxorhynchites, tidak pernah menghisap darah. Larva nyamuk besar ini merupakan pemangsa jentik-jentik nyamuk yang lain.

Benar atau tidaknya software ini belum ada yang membuktikan secara real, saya sendiri cenderung lebih percaya antinyamuk bakar, tapi tidak ada salahnya kalau dicoba didownload dan diinstall dikomputer kita. Kalau kita justru yang kabur, jadi pertanyaan siapa kita,...bercanda. Bagaimana pendapat sahabat semua?


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#






Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Teknologi Informasi Lainnya