Software Pengusir Nyamuk, Benarkah Bekerja?

Software Pengusir Nyamuk, Benarkah Bekerja?

Jum'at, 10 Agustus 2007 05:51 WIB | 28.575 Views 2007-08-10 05:51:43

Tulisan ini sengaja saya buat ketika berfikir beberapa saat tentang teman-temanku yang sakit demam berdarah, ya, fokusnya adalah seekor binatang berjenis nyamuk yang bisa menularkan Virus Demam Berdarah. Saya masih ingat ketika tahun 2004 dulu ada yang memberi software anti nyambuk yang dipasang dikomputer, terkadang hati bertanya, benar gak yah bekerja dengan baik softaware anti nyamuk ini? Anti Nyamuk

Anti Mosquito, nama program yang mirip-mirip dengan semacam anti virus  hanya saja software ini tidak berhubungan dengan pengusiran virus didalam sebuah komputer melainkan berhubungan dengan luar komputer itu sendiri yaitu pengusiran nyamuk. Software ini katanya memproduksi suara yang frequensinya dibawah suara normal yang bisa didengar oleh manusia (infrasonic) yaitu sekitar 16 Mhz hingga 20 Mhz. Serangga dan semacamnya katanya akan pergi mendengarkan suara yang frekuensinya seperti itu. Sofware itu bisa didownload di di sini.

Sekarang yang jadi pertanyaan adalah benarkan software ini bekerja dengan baik, bekerja, atau tidak mempunyai effek sama sekali ?

Jikalau benar frekuensi suara yang dihasilkan memang bisa mengusir nyamuk sudah barang tentu harus ada beberapa kebutuhan yang ada dalam komputer yang kita install, saya sendiri tidak tahu apakah software ini memproduksi suara lewat SoundCard yang terhubung dengan speaker atau menggunakan Speaker internal yang biasanya terpasang langsung dalam MainBoard, kalau itu benar adanya maka kebutuhan pertama yang harus ada adalah speaker. Selain software, ringtone juga di rilis sebagai pengusir nyamuk bahkan beberapa vendor anti nyamuk mengeluarkan produk yang serupa dalam bentuk independent device dimana alatnya dibangun khusus untuk menghasilkan suara seperti itu. Bekerja atau tidaknya software ini mesti diujicoba menggunakan kotak nyamuk seperti yang ada di iklan-iklan, baru bisa dilihat, kalau kita hanya simpan dikamar atau dilingkungan kerja kita, sepertinya tidak begitu bisa dilihat perbedaannya, saya sarankan download softwarenya dan dicoba.

Berkenalan dengan nyamuk.

Nyamuk adalah serangga tergolong dalam order Diptera; genera termasuk Anopheles, Culex, Psorophora, Ochlerotatus, Aedes, Sabethes, Wyeomyia, Culiseta, dan Haemagoggus untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 genera yang merangkum 2700 spesies. Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang; antarspesies berbeda-beda tetapi jarang sekali melebihi 15 mm.

Dalam bahasa Inggris, nyamuk dikenal sebagai "Mosquito", berasal dari sebuah kata dalam bahasa Spanyol atau bahasa Portugis yang berarti lalat kecil. Penggunaan kata Mosquito bermula sejak tahun 1583. Di Britania Raya nyamuk dikenal sebagai gnats.

Pada nyamuk betina, bagian mulutnya membentuk probosis panjang untuk menembus kulit mamalia (atau dalam sebagian kasus burung atau juga reptilia dan amfibi untuk menghisap darah. Nyamuk betina memerlukan protein untuk pembentukan telur dan oleh karena diet nyamuk terdiri dari madu dan jus buah, yang tidak mengandung protein, kebanyakan nyamuk betina perlu menghisap darah untuk mendapatkan protein yang diperlukan. Nyamuk jantan berbeda dengan nyamuk betina, dengan bagian mulut yang tidak sesuai untuk menghisap darah. Agak rumit nyamuk betina dari satu genus, Toxorhynchites, tidak pernah menghisap darah. Larva nyamuk besar ini merupakan pemangsa jentik-jentik nyamuk yang lain.

Benar atau tidaknya software ini belum ada yang membuktikan secara real, saya sendiri cenderung lebih percaya antinyamuk bakar, tapi tidak ada salahnya kalau dicoba didownload dan diinstall dikomputer kita. Kalau kita justru yang kabur, jadi pertanyaan siapa kita,...bercanda. Bagaimana pendapat sahabat semua?

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet




Berikan Komentar Via Facebook

Berikan Komentar Via Disqus
comments powered by Disqus

Teknologi Informasi Lainnya
Kenapa "Laptop" Sekarang Bermonitor Widescreen ?
Kamis, 28 Juni 2007 06:11 WIB
Kenapa "Laptop" Sekarang Bermonitor Widescreen ?
Ada perkembangan menarik yang terjadi dalam teknologi komputer jinjing yang sering kita sebut sebagai laptop atau notebook yaitu layar monitornya menjadi wide atau lebih lebar dari produk-produk sebelumnya. Jika anda berkunjung ke mal-mal komputer maka dipastikan akan sulit sekali untuk menemukan notebook dengan monitor yang persegi dan menjumpai laptop dengan monitor yang berukuran wide dimana lebar monitor lebih panjang daripada tingginya
Mengukur Kemampuan Dasar PHP dan MySQL
Rabu, 20 Juni 2007 12:14 WIB
Mengukur Kemampuan Dasar PHP dan MySQL
Mungkin ada sebagian dari teman-teman yang membaca tulisan ini sedang belajar membangun situs dengan latar belakang PHP dan MySQL, dan bisa jadi termasuk saya didalamnya. Teringat kemarin saat melakukan interview bagi beberapa murid SMKTI atau Sekolah Menengah Kejuruan Teknonologi Informasi bidang rekayasa perangkat lunak yang tujuannya menyaring beberapa orang untuk masuk dalam sebuah perusahaan yang bergerak dalam software house. Hal yang terpenting dalam interview ini adalah mengukur kemampuan dasar dalam pemograman PHP dan MySQL sebelum menginjak pada pemograman tingkat lanjutnya hingga membangun sistem informasi berbasis web, ingin tau bagaimana cara mengukurnya ? baca saja selengkapnya.
Mengupas Lebih dalam perintah Undo dan Redo
Jum'at, 08 Juni 2007 07:02 WIB
Mengupas Lebih dalam perintah Undo dan Redo
Rasanya jemari kita sudah terbiasanya dengan kombinasi beberapa tuts yang ada dalam keyboard, salah satu yang sering kita gunakan selelah Control + S untuk menyimpan file yang sedang kita buat atau sedang kita edit yaitu Control+Z untuk mengulangi apa yang kita lakukan, sekarang kita akan coba bedah bagaimana sebenarnya sistem komputer bekerja pada saat kita melakukan undo dan redo itu, dan bagaimana pula prinsip dasar yang dipakai untuk menjalankan proses itu, masih penasarankan? silahkan baca selengkapnya.
Peran Control+S dalam Pekerjaan
Minggu, 08 April 2007 23:38 WIB
Peran Control+S dalam Pekerjaan
Kejadian yang paling mengesalkan setelah diputusin cinta oleh orang terkasih kamu pasti kejadian dimana kamu sedang melakukan sesuatu didepan komputer seperti mengetik, mendesain, render film, coding program atau sesuatu yang memang seharus disave secara berkala dan kamu tidak melakukannya bahkan asyik terus menulis, pas listrik mati atau sesuatu terjadi pada sistem operasi yang digunakan karena kesalahan pembuat program atau kerusakan komputer yang menyebabkan ngehang. Pasti sebel seribu kali sebel karena kerjaan yang dibuat selama 1 jam atau bahkan lebih hilang karena lupa menekan Control+S, baca selengkapnya
Standard Pembuatan E-Book bagi Tunanetra
Minggu, 08 April 2007 23:18 WIB
Standard Pembuatan E-Book bagi Tunanetra
Pernahkan anda melihat seorang tunanetra mampu mengoprasikan komputer dengan baik dari pada anda? atau pernahkan anda membayangkan jikalau buku-buku yang beredar saat ini dipasaran atau diperpustakaan dimana anda bekerja,belajar itu diconvert kedalam sebuah E-book atau buku digital yang mampu dibaca oleh Sahabat-sahabat kita yang tunanetra, mungkin ada sebagian kita baru mengenal e-book untuk kita yang dapat melihat yang biasanya dibuat dalam format PDF atau format HTML Help dan animasi interaktif sehingga dapat dimengerti dan mudah dipahami, lalu bagaimana nasib mereka yang tidak bisa seperti kita, beberapa hari yang lalu, aku diundang Yayasan Mitranetra dan Depkominfo untuk mengikuti seminar Implementasi Standar buku digital bagi semua. Pengen liaat hasilnya, silahkan baca selengkapnya.
Asyiknya Berkeliling Dunia
Minggu, 08 April 2007 23:09 WIB
Asyiknya Berkeliling Dunia
Pernahkan anda berfikir untuk berkeliling keseluruh penjuru dunia hingga ke kutub selatan? pernahkah anda terbanyangkan untuk melihat sudut-sudut kota megah didunia ini seperti singapur,new york, Paris? atau apakah anda terbayangkan berjalan-jalan dan terbang diatas Mekkah? saya yakin sebagian dari anda sudah pernah melakukannya. Terus bagaimana kalau yang belum? mendingan ikuti jejak saya untuk berkeliling dunia hanya dari ruangan kecil tempat tidurku. hanya dengan menggunakan sebuah PC disamping kasur tidurku aku bisa melihat sudut kota di muka bumi ini. Pengen juga kan berkeliling dunia? simak selengkapnya