Teknologi Informasi
Kenapa "Laptop" Sekarang Bermonitor Widescreen ?

Kenapa "Laptop" Sekarang Bermonitor Widescreen ?

Kamis, 28 Juni 2007 06:11 WIB | 8.252 Views | Comments 2007-06-28 06:11:19

Ada perkembangan menarik yang terjadi dalam teknologi komputer jinjing yang sering kita sebut sebagai laptop atau notebook yaitu layar monitornya menjadi wide atau lebih lebar dari produk-produk sebelumnya. Jika anda berkunjung ke mal-mal komputer maka dipastikan akan sulit sekali untuk menemukan notebook dengan monitor yang persegi dan menjumpai laptop dengan monitor yang berukuran wide dimana lebar monitor lebih panjang daripada tingginya

Sebagian orang yang terbiasa dengan monitor persegi tentu akan canggung dalam menggunakannya, namun sebaliknya jika sudah terbiasa menggunakan LCD TV atau monitor yang widescreen maka akan lebih menikmati.

Kenapa harus wide ?

Adalah IBM sebuah vendor notebook yang memperkenalkan widescreen secara bertahap, salah satu produk notebooknya lenovo thinkpad 60 dibuat dengan dua pilihan yaitu standard screen dan wide screen dengan pertimbangan customer akan mudah memilih kesukaannya, namun dibalik itu muncul satu pertanyaan yaitu kenapa harus wide?

Banyak alasan yang mendorong dikembangannya monitor dengan ukuran widescreen, dan ternyata alasan yang muncul menunjukan bahwa widescreen lebih unggul.

  • Jika anda menggunakan notebook yang mempunyai kemampuan untuk menampilkan dua layar dialog sekaligus maka anda scrollbar bawah tidak akan muncul, karena widescreen bisa mengakomodasi dua tampilan aplikasi sekaligus misalkan yang satu layar sedang browsing dan yang satunya untuk mengetik, tentu hal ini akan meningkatkan produktifitas.
  • Adalah hal yang sangat menggembirakan bagi pada penggemar film DVD saat ini, banyak film yang dibuat justru dengan ukuran wide ( rasio 16:10) daripada dengan standard (rasio 4:3) seperti superman, spiderman dan film-film baru lainnya. Sebenarnya ada teknologi ”pan and scan” yang membuat film dengan ukuran wide screen muncul dimonitor standard, pertama film akan dipotong bagian kanan dan kirinya sehingga monitor akan lebih fokus pada frame tengah, tentu ini sangat merugikan dan kedua adalah dengan menampilkan semua gambar dalam monitor standard, akibatnya film akan terlihat lebih kecil dan ada space hitam dibagian atas dan bawahnya, maka dari itu widescreen menjadi pilihan yang menarik untuk menonton film dengan maksimal.
  • Para desainer digital pengguna Adobe Photosop akan memiliki ruang yang cukup banyak untuk mendesain dengan menyimpan semua panel-panel yang dibutuhkan, selain itu pada movie editorpun akan lebih nyaman karena timeline video yang sedang diedit menjadi lebih panjang.
  • Chater atau orang yang terbiasa ngobrol jarak jauh dengan menggunakan instant messaging akan lebih mudah, karena kotak dialog chat bisa disimpan dibagian kanan atau kiri monitor sambil beraktifitas yang lain. Dan masih banyak lagi

Untuk lebih jelasnya kita lihat animasi berikut ini :


Sisi bisnis monitor widescreen

Tren teknologi monitor dan broadcasting saat ini akan mengarah pada widescreen. Banyak film yang diproduksi dengan menggunakan ukuran widescreen dan model video HDTV ( High Difinition Television) yang menjadi kualitas gambar video terbarbaik saat ini juga menggunakan widescren, banyak aplikasi komputer juga yang didesain untuk widescreen, ini menunjukan bahwa pasar widescreen akan lebih potensial daripada standar saat ini. Di Indonesia, widescreen belum begitu maksimal digunakan, padahal LCD TV yang biasa digunakan untuk home teather sudah menggunakan widescreen, ada perpindahan teknologi yang terjadi dimasyarakat yang terlihat cukup lambat, televisi dan monitor yang ada semuanya belum digital atau masih analog, biasanya tren perubahaanya adalah dari monitor analog kepada digital hingga menjadi widescreen monitor.

Walaupun ada beberapa pendapat notebook dengan monitor wide terlihat kurang bagus ketika melakukan presentasi atau ketika dihubungkan dengan projector namun hampir semua vendor notebook memproduksi notebook model terbarunya dengan monitor wide screen.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Teknologi Informasi Lainnya
Mengukur Kemampuan Dasar PHP dan MySQL
Rabu, 20 Juni 2007 12:14 WIB
Mengukur Kemampuan Dasar PHP dan MySQL
Mungkin ada sebagian dari teman-teman yang membaca tulisan ini sedang belajar membangun situs dengan latar belakang PHP dan MySQL, dan bisa jadi termasuk saya didalamnya. Teringat kemarin saat melakukan interview bagi beberapa murid SMKTI atau Sekolah Menengah Kejuruan Teknonologi Informasi bidang rekayasa perangkat lunak yang tujuannya menyaring beberapa orang untuk masuk dalam sebuah perusahaan yang bergerak dalam software house. Hal yang terpenting dalam interview ini adalah mengukur kemampuan dasar dalam pemograman PHP dan MySQL sebelum menginjak pada pemograman tingkat lanjutnya hingga membangun sistem informasi berbasis web, ingin tau bagaimana cara mengukurnya ? baca saja selengkapnya.
Mengenal Macromedia Flash
Minggu, 10 Juni 2007 17:04 WIB
Mengenal Macromedia Flash
Bagi sebagian orang mungkin Macromedia flash sudah menjadi suatu istilah yang sering didengar dan bisa jadi sudah sering menggunakanya. Kali ini saya akan coba mengajak sahabat semua untuk belajar bersama membuat animasi-animasi flash, dan tentunya bertahap. Untuk pertama-tama kita akan coba berkenalan dulu dengan Macromedia Flash
Mengupas Lebih dalam perintah Undo dan Redo
Jum'at, 08 Juni 2007 07:02 WIB
Mengupas Lebih dalam perintah Undo dan Redo
Rasanya jemari kita sudah terbiasanya dengan kombinasi beberapa tuts yang ada dalam keyboard, salah satu yang sering kita gunakan selelah Control + S untuk menyimpan file yang sedang kita buat atau sedang kita edit yaitu Control+Z untuk mengulangi apa yang kita lakukan, sekarang kita akan coba bedah bagaimana sebenarnya sistem komputer bekerja pada saat kita melakukan undo dan redo itu, dan bagaimana pula prinsip dasar yang dipakai untuk menjalankan proses itu, masih penasarankan? silahkan baca selengkapnya.
Peran Control+S dalam Pekerjaan
Minggu, 08 April 2007 23:38 WIB
Peran Control+S dalam Pekerjaan
Kejadian yang paling mengesalkan setelah diputusin cinta oleh orang terkasih kamu pasti kejadian dimana kamu sedang melakukan sesuatu didepan komputer seperti mengetik, mendesain, render film, coding program atau sesuatu yang memang seharus disave secara berkala dan kamu tidak melakukannya bahkan asyik terus menulis, pas listrik mati atau sesuatu terjadi pada sistem operasi yang digunakan karena kesalahan pembuat program atau kerusakan komputer yang menyebabkan ngehang. Pasti sebel seribu kali sebel karena kerjaan yang dibuat selama 1 jam atau bahkan lebih hilang karena lupa menekan Control+S, baca selengkapnya
Standard Pembuatan E-Book bagi Tunanetra
Minggu, 08 April 2007 23:18 WIB
Standard Pembuatan E-Book bagi Tunanetra
Pernahkan anda melihat seorang tunanetra mampu mengoprasikan komputer dengan baik dari pada anda? atau pernahkan anda membayangkan jikalau buku-buku yang beredar saat ini dipasaran atau diperpustakaan dimana anda bekerja,belajar itu diconvert kedalam sebuah E-book atau buku digital yang mampu dibaca oleh Sahabat-sahabat kita yang tunanetra, mungkin ada sebagian kita baru mengenal e-book untuk kita yang dapat melihat yang biasanya dibuat dalam format PDF atau format HTML Help dan animasi interaktif sehingga dapat dimengerti dan mudah dipahami, lalu bagaimana nasib mereka yang tidak bisa seperti kita, beberapa hari yang lalu, aku diundang Yayasan Mitranetra dan Depkominfo untuk mengikuti seminar Implementasi Standar buku digital bagi semua. Pengen liaat hasilnya, silahkan baca selengkapnya.
Asyiknya Berkeliling Dunia
Minggu, 08 April 2007 23:09 WIB
Asyiknya Berkeliling Dunia
Pernahkan anda berfikir untuk berkeliling keseluruh penjuru dunia hingga ke kutub selatan? pernahkah anda terbanyangkan untuk melihat sudut-sudut kota megah didunia ini seperti singapur,new york, Paris? atau apakah anda terbayangkan berjalan-jalan dan terbang diatas Mekkah? saya yakin sebagian dari anda sudah pernah melakukannya. Terus bagaimana kalau yang belum? mendingan ikuti jejak saya untuk berkeliling dunia hanya dari ruangan kecil tempat tidurku. hanya dengan menggunakan sebuah PC disamping kasur tidurku aku bisa melihat sudut kota di muka bumi ini. Pengen juga kan berkeliling dunia? simak selengkapnya