Teknologi Informasi
Mengupas Lebih dalam perintah Undo dan Redo

Mengupas Lebih dalam perintah Undo dan Redo

Jum'at, 08 Juni 2007 07:02 WIB | 6.126 Views | Comments 2007-06-08 07:02:46

Adalah Algoritma tumpukan yang digunakan sebagai dasar untuk menjalankan proses semacam ini, baik kita akan coba analogikan dalam penumpukan bata. anggap saja bata-bata yang akan kita tumpuk memiliki nomor dan kita juga mulai menerjemahkan dalam proses komputer. Baik sekarang kita mulai, bata satu disimpan kita samakan dengan pengetikan sebuah kata anggap saja itu kata "saya", selanjutnya diatas bata nomor 1 tadi kita simpan lagi bata kedua yang merupakan repsentasi dari pengetikan kata "berangkat" dan kita lanjutkan hingga bata ke sekian, misalkan kata yang telah terbentuk adalah "Saya berangkat kepasar menggunakan sepeda motor" berarti jika dianalogikan sudah ada 6 tumpukan bata.

Sekarang apa hubungannya dengan undo (Control+Z) dan redo(Control+Y) ? Ketika kita akan kembali kepada posisi bata yang ke 3 maka kita harus membuang satu persatu bata yang ada diatasnya yaitu bata 6,5,4 baru kita bisa menemukan bata yang ketiga. Maka implementasinya ketika kita memerintahan undo, secara otomatis komputer akan membuang satu tumpukan hingga menuju tingkatan yang dituju. Sebaliknya jika setelah itu kita redo lagi maka kita akan coba memasang lagi bata-bata yang telah kita copot tadi hingga kembali keposisi 6 dengan kalimat penuh. Untuk lebih jelasnya kita liat animasi sederhana yang saya buat berikut ini.



Kita bisa melihat, karakteristik sebuah tumpukan adalah kita tidak bisa mengambil salah satu elemen yang ada ditengah-tengah, memang mudah kalau hanya 6 bata, kita bisa mengangkatnya dan mengambil yang diinginkan, tapi bayangkan ketika yang ditumpuk adalah 6000 bata. Maka tidak munngkin sebuah kalimat berkurang ditengah-tengah misalkan ketika kita selesai mengetikan kata
"Saya berangkat kepasar menggunakan sepeda motor" maka redo akan mengurangi satu-persatu dengan teratur tidak mungkin kata "kepasar" yang akan dikurangi dulu. Tetapi berdarkan karakteristik tumpukan.

Representasi dalam sebuah komputer tersimpan dalam memori. Ketika kita mengetikan sesuatu maka tersimpan sementara sebelum disave kedalam perangkat penyimpan lain, nah semakin banyak mengetik maka tumpukan ketikan yang ada dimemori semakin banyak , ketika kita perintahkan redo atau undo maka memori akan membuka tumpukan-tumpukan itu sesusai keinginan. Karena proses tumpukan akan sangat mempengaruhi memori, maka banyak aplikasi yang membatasi redo dan undo sampai sekian kali. Bagaimana menurut pendapat temen-temen?

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Teknologi Informasi Lainnya
Peran Control+S dalam Pekerjaan
Minggu, 08 April 2007 23:38 WIB
Peran Control+S dalam Pekerjaan
Kejadian yang paling mengesalkan setelah diputusin cinta oleh orang terkasih kamu pasti kejadian dimana kamu sedang melakukan sesuatu didepan komputer seperti mengetik, mendesain, render film, coding program atau sesuatu yang memang seharus disave secara berkala dan kamu tidak melakukannya bahkan asyik terus menulis, pas listrik mati atau sesuatu terjadi pada sistem operasi yang digunakan karena kesalahan pembuat program atau kerusakan komputer yang menyebabkan ngehang. Pasti sebel seribu kali sebel karena kerjaan yang dibuat selama 1 jam atau bahkan lebih hilang karena lupa menekan Control+S, baca selengkapnya
Standard Pembuatan E-Book bagi Tunanetra
Minggu, 08 April 2007 23:18 WIB
Standard Pembuatan E-Book bagi Tunanetra
Pernahkan anda melihat seorang tunanetra mampu mengoprasikan komputer dengan baik dari pada anda? atau pernahkan anda membayangkan jikalau buku-buku yang beredar saat ini dipasaran atau diperpustakaan dimana anda bekerja,belajar itu diconvert kedalam sebuah E-book atau buku digital yang mampu dibaca oleh Sahabat-sahabat kita yang tunanetra, mungkin ada sebagian kita baru mengenal e-book untuk kita yang dapat melihat yang biasanya dibuat dalam format PDF atau format HTML Help dan animasi interaktif sehingga dapat dimengerti dan mudah dipahami, lalu bagaimana nasib mereka yang tidak bisa seperti kita, beberapa hari yang lalu, aku diundang Yayasan Mitranetra dan Depkominfo untuk mengikuti seminar Implementasi Standar buku digital bagi semua. Pengen liaat hasilnya, silahkan baca selengkapnya.
Asyiknya Berkeliling Dunia
Minggu, 08 April 2007 23:09 WIB
Asyiknya Berkeliling Dunia
Pernahkan anda berfikir untuk berkeliling keseluruh penjuru dunia hingga ke kutub selatan? pernahkah anda terbanyangkan untuk melihat sudut-sudut kota megah didunia ini seperti singapur,new york, Paris? atau apakah anda terbayangkan berjalan-jalan dan terbang diatas Mekkah? saya yakin sebagian dari anda sudah pernah melakukannya. Terus bagaimana kalau yang belum? mendingan ikuti jejak saya untuk berkeliling dunia hanya dari ruangan kecil tempat tidurku. hanya dengan menggunakan sebuah PC disamping kasur tidurku aku bisa melihat sudut kota di muka bumi ini. Pengen juga kan berkeliling dunia? simak selengkapnya