Teknologi Informasi
7 Teknologi yang Digunakan dan Membantu Proses Proklamasi Kemerdekaan RI 1945

7 Teknologi yang Digunakan dan Membantu Proses Proklamasi Kemerdekaan RI 1945

Oleh | Jum'at, 19 Agustus 2022 09:33 WIB | 212 Views 2022-08-19 09:33:57

Setidaknya ada 7 teknologi yang membantu secara langsung maupun tidak langsung selama detik-detik proses proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, apa saja?

  1. Mesin Tik
    Mesin tik yang digunakan saat itu adalah mesin tik latin yang hasil ketikannya bisa kita lihat hingga hari ini. Laksamana Muda Maeda mencari mesin tik latin dan ketemu dari konsulat jerman yang tidak jauh dari tempatnya, karena saat itu mesin tik miliknya berhurufkan kanji.
  2. Radio
    Joesoef Ronodipoero merupakan salah satu orang yang berjasa menyiarkan proklamasi Indonesia melalui radio. Menurut catatan, Joesoef menyiarkan berita tersebut melalui ruang siaran Radio Hoso Kanri Kyoku, salah satu radio milik Jepang. Namun para pemuda bersama Jusuf Ronodipuro yang merupakan seorang pembaca berita di Radio Domei dan beberapa teknisi, yaitu Sukarman, Sutamto, Susilahardja, dan Suhandar, membuat pemancar di kawasan Menteng dengan kode panggilan DJK 1. Melalui berbagai cara tersebut, berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tersebar di wilayah Indonesia, bahkan hingga mancanegara
  3. Telephone
    Teleponlah yang menyelamatkan momen persiapan proklamasi Indonesia. Tercatat, para tokoh pergerakan sedang menggunakan salah satu ruangan dari Hotel des indies untuk rapat. Sayangnya pihak hotel memberikan informasi bahwa mereka tidak bisa melayani keperluan mereka hingga larut malam. Ahmad Subardjo kemudian menggunakan telepon untuk berkomunikasi dengan Laksamana Tadashi Maeda untuk meminta bantuan. Dan Admiral tersebut bersedia untuk meminjamkan salah satu ruangan di rumahnya untuk para tokoh pergerakan
  4. Telegram
    Peran telegram cukup signifikan dalam membantu proklamasi. Telegram digunakan untuk menyebarkan teks proklamasi dari Jakarta menuju kota-kota lain. Sutan Syahrir merupakan salah satu tokoh yang berupaya untuk mengirimkan teks proklamasi ke kota lain. Salah satunya adalah kota Cirebon.
  5. Mesin Cetak
    Tanpa persebaran yang masif, proklamasi yang dilakukan oleh tokoh-tokoh bisa jadi akan sia-sia. Maka dari itu para tokoh pergerakan memanfaatkan semua teknologi yang dekat dengan mereka. Adalah BM Diah, salah satu tokoh pergerakan yang tercatat mengupayakan tersiarnya kabar melalui media cetak. Menggunakan mesin cetak, ia mencetak 1000 lembar teks proklamasi hasil tulisan tangan Bung Karno dan menyebarkannya ke wiilayah Jakarta. 
  6. Microphone dan Amplifier
    Apakah kisanak pernah melihat foto presiden Soekarno membacakan teks proklamasi? Salah satu objek yang dapat kita lihat di sana adalah adanya sebuah mikrofon. Dari mana asal mikrofon ini menjadi pertanyaan yang berujung pada beberapa jawaban berbeda. Dalam otobiografinya, Bung Karno menyebut bahwa mikrofon itu merupakan hasil curian dari salah satu radio Jepang. Sedangkan salah satu pejabat tinggi Indonesia di era Orde Baru sempat mengutarakan pendapat yang berbeda yakni mikrofon tersebut merupakan rampasan dari Belanda. 
  7. Kamera
    Alex Impurung Mendur dan Frans Soemarto Mendur adalah kakak beradik yang berprofesi sebagai jurnalis yang saat itu mendapat bisik-bisik tentang adanya rencana proklamasi, maka, pagi buta keduanya sudah berada di pegangsaan timur dan mengabadikan momen bersejarah itu dengan kamera roll film negatif.
Setiap teknologi memiliki cara dan sejarah masing-masing dalam partisipasinya dalam Proklamasi Kemerdekaan RI, nah sebagai generasi penerus, sudah saatnya kita memanfaatkan teknologi untuk mengisi kemerdekaan yang telah pahlawan-pahlawan kita perjuangkan.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet



Mungkin anda tertarik menonton video tentang Websitenya Nyebelin Banget Punya Has Creative

Apa komentar anda tentang Tulisan 7 Teknologi yang Digunakan dan Membantu Proses Proklamasi Kemerdekaan RI 1945?

Teknologi Informasi Lainnya
Inspirasi Judul Skripsi Jurusan Komputer, Sistem Informasi dan Teknik Informatika 2022
Minggu, 12 Juni 2022 16:58 WIB
Inspirasi Judul Skripsi Jurusan Komputer, Sistem Informasi dan Teknik Informatika 2022
Ada beberapa judul skripsi yang saya coba share, tetapi kembali lagi judul ini adalah hanya judul dan ide saja, sepenuhnya teman-teman bisa mengembangkan atau ketemu judul lainnya dengan dasar inspirasi yang ada. Apa saja ya?
7 Prediksi Trend Teknologi Informasi dan Internet Tahun 2022
Kamis, 23 Desember 2021 21:35 WIB
7 Prediksi Trend Teknologi Informasi dan Internet Tahun 2022
Tahun 2021 tinggal menghitung hari, dan tahun 2022 menjelang datang, kira-kira apa saja yang teknologi yang akan menjadi trend ditahun mendatang? Ini prediksinya menurut saya
Haruskah ada Lembaga Pelatihan Teknologi Informasi (IT) di Pangandaran?
Senin, 02 Agustus 2021 21:21 WIB
Haruskah ada Lembaga Pelatihan Teknologi Informasi (IT) di Pangandaran?
Mencari SDM Bidang Teknologi Informasi khususnya pada SDM yang memiliki kualifikasi pada pengembangan perangkat lunak masih begitu sulit di Pangandaran, padahal permintaan akan SDM dengan kriteria ini terbilang masih cukup tinggi, belum yang memutuskan menjadi Freelancer atau merintis Startup berbasis teknologi.
7 Tips Terhindari Penipuan di Internet
Jum'at, 16 April 2021 04:53 WIB
7 Tips Terhindari Penipuan di Internet
Siapa sih yang ingin kena tipu di Internet? setiap orang pasti tidak suka, apalagi dimasa pendemi saat ini. Oleh karena itu, perhatikan 7 tips supaya kita tidak mudah tertipu melalui media internet.
3 Alasan untuk Tidak Melakukan Overcharge Ponsel Anda Saat Menggunakan Powerbank
Senin, 14 Desember 2020 10:15 WIB
3 Alasan untuk Tidak Melakukan Overcharge Ponsel Anda Saat Menggunakan Powerbank
Memiliki ponsel dengan baterai yang awet sehingga dapat digunakan kapanpun kita butuhkan adalah hal yang sudah menjadi kebutuhan kita di era digital saat ini. Karena itu, memakai powerbank dapat menjadi solusi dan penyelamat baterai ponsel Anda, terutama saat bepergian atau saat sulit mengakses charger listrik. Tetapi, kadang tidak kita sadari ponsel kita tersambung terlalu lama dengan powerbank
7 Cara Mengoptimalkan Penggunaan Payment Gateway untuk Bisnis
Jum'at, 07 Februari 2020 14:43 WIB
7 Cara Mengoptimalkan Penggunaan Payment Gateway untuk Bisnis
Saat ini banyak bisnis khususnya bersifat online berbondong-bondong menggunakan Internet Payment Gateway, alasannya bermacam-macam, ada yang hanya untuk otomatisasi, ada yang hanya untuk dibilang keren, ada juga yang memang mengoptimalkan payment gateway sebagai business enabler.