Teknologi Informasi
Pembuat Situs Palsu, Pengen Untung Malah Buntung

Pembuat Situs Palsu, Pengen Untung Malah Buntung

Oleh | Jum'at, 01 Agustus 2014 06:16 WIB | 3.533 Views | Comments 2014-08-01 06:16:14

Baru-baru ini sedang ramai diberitakan tentang sebuah situs palsu, namun saya sendiri tidak menyebut sebagai situs palsu melainkan situs fakenews atau berita bohong yang dibuat untuk menarik pengunjung datang kesitus itu, sayangnya ada 2 kesalahan yang dilakukan, situs itu tidak didesign dengan komunikasi yang bagus dengan memberitahu kalau situs itu adalah situs bohongan dan cenderung saya melihat berita-berita bohong dibuat oleh si pemilik situs.

Kesalahan kedua yang terjadi ya pada kita sendiri, yang langsung percaya tanpa melihat sumber aslinya, padahal secara penulisan alamat sudah cukup jauh untuk disebut sebagai tiposite (halaman sama alamat webnya berbeda).

Kenapa dibuat situs palsu?

Motif dari dibuat situs palsu itu adalah uang, uang yang didapatkan dari Google Adsense yang terpasang dihalaman itu, kenapa beritanya mesti palsu? orang memang selalu tertarik dari judul dan isi berita, apalagi yang sedang ramai diperbincangkan, semakin banyak orang membuka halaman itu maka semakin tinggi trafik yang datang, yang secara otomatis akan meningkatkan earning atau pundi-pundi dollar.

Cara yang dilakukan oleh si pembuat situs adalah dengan menggabungkan sebuah nama situs ternama menjadi domain dari domain utamanya yaitu com--news.com, ini adalah domain utamanya. sebagai contoh media yang sudah cukup ternama seperti tempo.co yang dipalsukan menjadi tempo.com--news.com, liputan6.com yang dipalsukan dengan nama liputan6.com--news.com, situs detik.com yang dipalsukan menjadi detik.com--news.com, kompas.com yang dipalsukan menjadi kompas.com--news.com, antaranews.com yang dipalsukan menjadi antaranews.com--news.com, inilah.com yang diubah menjadi inilah.com--news.com, dan tribunnews.com yang dipalsukan menjadi tribunnews.com--news.com.

Sekarang situs ini sudah ditutup dan dialihkan ke fakenews.com, situs yang mirip tapi dari luar negeri, apakah ada hubungan? belum tau juga.

Sebenarnya model situs seperti ini bukan pertama kali terjadi, bahkan diluar negeri tumbuh besar namun dengan kontrol content yang sangat bagus dan cenderung menggunakan metode user generated content (berita berasal dari member), pemilik situs hanya memfilter berita yang akan menjadi fitnah, nah masalahnya com--news.com ini isi beritanya kencenderungan tentang politik dan itu sangat rawan. Beberapa contoh situsnya bisa dilihat disini

Polisi Terus Buru Pembuat Situs
Karena digolongkan sebagai penyebar informasi palsu dan menyebabkan keresahan di masyarakat, POLRI tidak harus menunggu aduan masuk dari masyarakat dan bisa langsung memburu pembuat situs, itulah yang saya sebut sebagai "Pengen Untung Malah Buntung", berharap ribuan dollar masuk dari adsense malah sekarang dikejar polisi.

Banyak metode yang digunakan untuk mencari pelaku, misalnya bekerjasama dengan pihak pemilik hosting (kebetulan diluar negeri) untuk mendapatkan informasi pemilik hosting, mengingat data WHOIS (kepemilikan domain) sudah diprivacy.

Pengalaman menunjukan, selalu ada celah yang ditemukan polisi untuk mengungkap, apakah itu kesalahan kecil yang ditinggalkan pembuat situs bahkan justru blunder yang dilakukan.

Kenapa Bisa Sampe Booming?

Prinsip situsnya sebenarnya sangat sederhana, hanya membuat satu halaman yang kemudian dishare ke facebook, efek referal facebook inilah yang membuat booming. Ketika satu halaman berita palsu itu dibuat facebook akan mengambil gambar logo dari seolah-olah situs aslinya karena memang ini bisa diset, nah judul yang mencolok dan informasi yang menarik membuat user tidak kemudian melihat sumber aslinya dan serta merta ikut menshare tulisan bohong tadi, bahkan saya pernah mendapatkan BBM Broadcast yang isinya berita dari com--news.com, mengerikan.


Alexa.com bahkan mencatat pertumbuhan ranking dunia com-news.com cukup fenomenal, posisi sebulan terakhir menunjukan diposisi 30-ribuan dunia, angka yang cukup fantastis.

Bagaimana Mengenal Situs Palsu?

Namanya tiposite, situs dengan memiliki dengan yang sama persis namun terkadang berbeda namun memiliki alamat yang berbeda, seorang user yang tidak hati-hati akan langsung terkecoh dan tidak melihat alamat webnya (URL), dan ini yang biasanya dilakukan untuk mendapatkan password dari seorang pengguna internet. Contohnya adalah misalkan facebook.com--news.com padahal alamat aslinya adalah facebook.com dan kedua halaman ini memiliki tampilan yang sama misalkan, user yang gegabah akan langsung login dan pada saat itu pemilik situs akan mendapatkan username dan password anda.

Lalu bagaimana jika terjadi ke situs yang benar-benar krusial seperti Internet Banking atau Payment Gateway seperti PayPal?

Teruslah belajar sahabat, karena model-model seperti ini akan terus bermunculan, tetap berhati-hati ketika melihat sumber berita, jangan sampai kita menjadi bagian dari penyebaran fitnah.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Teknologi Informasi Lainnya
Inilah Peta Kabel Internet Bawah Laut di Dunia, Waw
Kamis, 06 Februari 2014 18:07 WIB
Inilah Peta Kabel Internet Bawah Laut di Dunia, Waw
Banyak yang tidak tau kalau satu negara atau satu pulau diseluruh dunia terhubung melalui internet dengan perantara kabel, bagaimana caranya kabel bisa menghubungkan antar benua? apa mungkin membuat tiang seperti yang dilakukan PLN
Tips Aman Berbelanja di Internet
Minggu, 02 Februari 2014 22:21 WIB
Tips Aman Berbelanja di Internet
Saat ini situs jual beli online begitu sangat banyak bak jamur terkena musim penghujan, tumbuh dimana-mana dengan berbagai jenis barang yang disajikan, tak hanya website, sosial media dan forum juga menjadi lapak untuk mereka yang berjualan online.
Facebook Harus Belajar Dari Kegagalan Friendster
Selasa, 28 Agustus 2012 07:53 WIB
Facebook Harus Belajar Dari Kegagalan Friendster
Banyak complain dan pertanyaan yang mengarah makin membabi butanya facebook dalam menambah fitur membuat saya bertanya, apakah nasibnya akan seperti Frienster dahulu kala, bisa jadi iya bisa jadi tidak.
Awasi Rumah dari Manapun dengan Home Monitoring
Jum'at, 03 Agustus 2012 06:45 WIB
Awasi Rumah dari Manapun dengan Home Monitoring
Aktifitas mobile yang kita lakukan sehari-hari membuat pengawasan terhadap rumah maupun tempat tinggal kita tidak maksimal, bahkan dibeberapa kesempatan kita mendapatkan efek buruk dari minimnya pengawasan kita terharap rumah kesayangan kita seperti kejadian pencurian, kebakaran hingga hal-hal negative yang tidak kita inginkan.
Tips Gampang Ngehack Facebook Teman, Tapi Ingat Juga Akibatnya
Minggu, 24 Juni 2012 06:45 WIB
Tips Gampang Ngehack Facebook Teman, Tapi Ingat Juga Akibatnya
Pertanyaan itu sepertinya ada setiap bulannya..haha..ya pertanyaan tentang bagaimana cara menghack akun teman kita seringkali saya dapatkan? jawabannnya tentu saya jawab gak mudah jika mengandalkan kemampuan hacking kita
SalamWorld.com Bakal Menggantikan Facebook untuk Muslim?
Minggu, 18 Desember 2011 05:57 WIB
SalamWorld.com Bakal Menggantikan Facebook untuk Muslim?
Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan informasi dari salah satu teman saya pemilik SalingSapa.com bahwa akan ada semacam pertemuan para penggagas SalamWorld.com dengan Majelis Ulama Indonesia di Jakarta, bahkan acanya dibuat live oleh SalingSapaTV.