Teknologi Informasi
Inilah Peta Kabel Internet Bawah Laut di Dunia, Waw

Inilah Peta Kabel Internet Bawah Laut di Dunia, Waw

Oleh | Kamis, 06 Februari 2014 18:07 WIB | 32.316 Views 2014-02-06 18:07:03

Banyak yang tidak tau kalau satu negara atau satu pulau diseluruh dunia terhubung melalui internet dengan perantara kabel, bagaimana caranya kabel bisa menghubungkan antar benua? apa mungkin membuat tiang seperti yang dilakukan PLN? tentu tidak. Kabel yang digunakan adalah kabel serat optik ( Fiber Optic) yang dimana ketika berada didaratan akan ditanam dibawah tanah, itu tuh yang suka ngerusak pinggir jalan akibat galian kabel FO. sedangkan untuk dibawah laut tetap akang menggunakan kabel jenis ini.

Serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

Fiber Optik Maintenance

Saat ini sudah mencapai kabel generasi keenam dimana bisa menghantarkan data dalam waktu 5GB perdetik atau sekitar mengirim 7 film berformat VCD dalam satu detik. dan jumlahnyapun sudah ribuan kilometer, termasuk di Indonesia. Beberapa pulau di Indonesia sudah terhubung dengan backbone fiberoptik, kita kenal dengan istilah Palapa Ring, ya tinggal Indonesia bagian timur yang belum terhubung.

Serat kaca yang ada didalam kabel ini dibungkus oleh beberapa bahan lain sehingga kuat dan tahan lama, namun demikian terkadang jangkar kapal dapat juga memutuskan kabel ini atau bencana gempa seperti yang terjadi di jepang beberabapa waktu yang lalu akibat pergeseran vertikal pada kerak bumi.

Lalu bagaimana cara memasang kabel yang sebegitu panjang? namanya juga manusia yang diberi kemampuan berfikir, ada saja jalannya. Kabel yang begitu panjang akan dipasang dan disimpan dalam sebuah kapal besar dan digulung dengan rapih sehingga mudah dilepas. Titik awal kabel itu berada didaratan dan kemudian perlahan akan diturunkan kedasar laut dengan menggunakan alat yang dikendalikan secara robotik. Coba lihat video dibawah ini.



Beberapa kota di Dunia menjadi titik-titik temu dari jalur-jalur fiber optik ini, yang paling ketara di Asia tenggara adalah Singapur, maka jangan salah jika internet rumahan dinegara ini tertinggi ketimbang negara kita yang terasa masih sangat lambat. Lalu kabel sepanjang itu akan dibentangkan dibawah laut dan tetap menggunakan repeater yang digunakan sebagai penguat.

Coba lihat peta dibawah ini, betapa panjangnya kabel yang terhubung sehingga kita bisa melakukan video call dengan teman kita yang ada di luar negeri atau mengirimkan data berjuta-juta jumlahnya.


Anda juga dapat melihat peta interaktif untuk melihat lebih detail peta dari kabel fiber optik yang tertanam di dasar laut ini disini. Lalu bagaimana peran satelit? untuk case internet biasanya satelit digunakan sebagai backup backbone jika suatu saat fiberoptik terputus atau untuk mengjangkau daerah-daerah yang belum terpasang fiberoptik.

Di Indonesia sendiri internet menggunakan Fiberoptik masih sangat jarang, sekarang ini masih hanya digunakan untuk menghubungkan titik-titik tertentu di satu kabupaten, jika dikota besar seperti di Jakarta atau di Bandung sudah ada beberapa operator yang sudah menggunakan jaringan fiberoptik untuk menyampaikan bandwith ke end user (pengguna akhir) dan hal itu sudah dilakukan di negera tetangga Singapur, jadi melihat orang bergoyang di youtube tidak menjadi goyang patah-patah akibat buffering.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet




Berikan Komentar
comments powered by Disqus

Teknologi Informasi Lainnya
Tips Aman Berbelanja di Internet
Minggu, 02 Februari 2014 22:21 WIB
Tips Aman Berbelanja di Internet
Saat ini situs jual beli online begitu sangat banyak bak jamur terkena musim penghujan, tumbuh dimana-mana dengan berbagai jenis barang yang disajikan, tak hanya website, sosial media dan forum juga menjadi lapak untuk mereka yang berjualan online.
Facebook Harus Belajar Dari Kegagalan Friendster
Selasa, 28 Agustus 2012 07:53 WIB
Facebook Harus Belajar Dari Kegagalan Friendster
Banyak complain dan pertanyaan yang mengarah makin membabi butanya facebook dalam menambah fitur membuat saya bertanya, apakah nasibnya akan seperti Frienster dahulu kala, bisa jadi iya bisa jadi tidak.
Awasi Rumah dari Manapun dengan Home Monitoring
Jum'at, 03 Agustus 2012 06:45 WIB
Awasi Rumah dari Manapun dengan Home Monitoring
Aktifitas mobile yang kita lakukan sehari-hari membuat pengawasan terhadap rumah maupun tempat tinggal kita tidak maksimal, bahkan dibeberapa kesempatan kita mendapatkan efek buruk dari minimnya pengawasan kita terharap rumah kesayangan kita seperti kejadian pencurian, kebakaran hingga hal-hal negative yang tidak kita inginkan.
Tips Gampang Ngehack Facebook Teman, Tapi Ingat Juga Akibatnya
Minggu, 24 Juni 2012 06:45 WIB
Tips Gampang Ngehack Facebook Teman, Tapi Ingat Juga Akibatnya
Pertanyaan itu sepertinya ada setiap bulannya..haha..ya pertanyaan tentang bagaimana cara menghack akun teman kita seringkali saya dapatkan? jawabannnya tentu saya jawab gak mudah jika mengandalkan kemampuan hacking kita
SalamWorld.com Bakal Menggantikan Facebook untuk Muslim?
Minggu, 18 Desember 2011 05:57 WIB
SalamWorld.com Bakal Menggantikan Facebook untuk Muslim?
Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan informasi dari salah satu teman saya pemilik SalingSapa.com bahwa akan ada semacam pertemuan para penggagas SalamWorld.com dengan Majelis Ulama Indonesia di Jakarta, bahkan acanya dibuat live oleh SalingSapaTV.
Tips Mempromosikan Hasil Creative Teknologi Informasi
Sabtu, 15 Oktober 2011 22:31 WIB
Tips Mempromosikan Hasil Creative Teknologi Informasi
Tidak sedikit diantara kita yang bingung ketika sudah mempunyai suatu produk dalam bidang teknologi informasi, bahkan hanya menjadi pemenuh hardisk dikomputer kita. Berikut adalah beberapa tips sederhana, semoga bermanfaat.