Teknologi Informasi
Tips Aman Berbelanja di Internet

Tips Aman Berbelanja di Internet

Oleh | Minggu, 02 Februari 2014 22:21 WIB | 3.027 Views | Comments 2014-02-02 22:21:43

Saat ini situs jual beli online begitu sangat banyak bak jamur terkena musim penghujan, tumbuh dimana-mana dengan berbagai jenis barang yang disajikan, tak hanya website, sosial media dan forum juga menjadi lapak untuk mereka yang berjualan online.

Jika kita sebagai pembeli sudah barang tentu seperti layaknya membeli barang offline, ada beberapa hal yang harus diperhatikan apakah itu terhadap barangnya atau juga terhadap penjualnya. Perhatikan beberapa tips aman berbelanja di Internet berikut ini.

  1. Lakukan terlebih dahulu riset dan pengamatan terhadap situs yang menjadi tempat kita akan berbelanja. Periksa apakah penjual tersebut menyertakan kontak yang bisa dihubungi misalnya telepon, YM, alamat atau memiliki account di situs jejaring sosial seperti facebook. Kalau hal seperti ini tidak ada atau tidak bisa dihubungi maka situs tersebut tidak layak dijadikan tempat berbelanja.
     
  2. Jangan mudah memberikan data-data pribadi seperti nomor KTP, SIM, kartu ATM ataupun rekening pribadi kepada penjual. Bisanya informasi pribadi ini jarang digunakan dalam jual beli secara online.
     
  3. Cari dan baca informasi tentang kebijakan situs tersebut atau yang lebih dikenal dengan License and Agreement. Jangan sampai situs tersebut memiliki kebijakan boleh memberikan informasi pribadi ke pihak lain. Baca juga tentang  kebijakan pembelian dan pengembalian barang karena hal ini berguna apabila nanti barang yang kita terima tidak sesuai atau cacat.
     
  4. Periksalah harga yang tertera pada barang, kita patut curiga apabila barang yang sama memiliki harga yang jauh berbeda dengan yang ada di toko.
     
  5. Jangan menggunakan password yang sama ketika bertransaksi online karena sangat berisiko terhadap tindak kejahatan pencurian password.
     
  6. Bekali komputer dengan antivirus yang terupdate apalagi jika antivirus memiliki perlindungan spyware, anti phising dan firewall lebih bagus.
     
  7. Meminta dan menyimpan bukti transaksi yang bisanya kalo belanja online via email.
     
  8. Lebih bagus melakukan pembayaran dalam bertransaksi online jika kita memiliki accont paypal. Karena pembayaran via paypal akan lebi terjamin keamananya daripada menggunakan kartu kredit.
     
  9. Jika tidak memiliki account paypal dan terpaksa enggunakan kartu kredit, periksa apakah URL situs tersebut apakah memiliki tanda gembok atau secure. Biasanya URL situs yang seperti ini otomatis akan langsung berupah dari http menjadi https ketika akan melakukan transaksi.
     
  10. Jika anda memberi barang dari Forum seperti kaskus, perhatikan testimonial terhadap penjual, tidak ada salahnya untuk search-search digoogle nama user yang bersangkutan. Dikaskus tanda cendol (hijau) yang banyak menunjukan bahwa user adalah terpercaya dan sebaliknya juga bata (merah) berarti user bersangkutan sering bermasalah. Namun tetap harus hati-hati, jika memungkinkan untuk COD itu lebih baik.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Teknologi Informasi Lainnya
Facebook Harus Belajar Dari Kegagalan Friendster
Selasa, 28 Agustus 2012 07:53 WIB
Facebook Harus Belajar Dari Kegagalan Friendster
Banyak complain dan pertanyaan yang mengarah makin membabi butanya facebook dalam menambah fitur membuat saya bertanya, apakah nasibnya akan seperti Frienster dahulu kala, bisa jadi iya bisa jadi tidak.
Awasi Rumah dari Manapun dengan Home Monitoring
Jum'at, 03 Agustus 2012 06:45 WIB
Awasi Rumah dari Manapun dengan Home Monitoring
Aktifitas mobile yang kita lakukan sehari-hari membuat pengawasan terhadap rumah maupun tempat tinggal kita tidak maksimal, bahkan dibeberapa kesempatan kita mendapatkan efek buruk dari minimnya pengawasan kita terharap rumah kesayangan kita seperti kejadian pencurian, kebakaran hingga hal-hal negative yang tidak kita inginkan.
Tips Gampang Ngehack Facebook Teman, Tapi Ingat Juga Akibatnya
Minggu, 24 Juni 2012 06:45 WIB
Tips Gampang Ngehack Facebook Teman, Tapi Ingat Juga Akibatnya
Pertanyaan itu sepertinya ada setiap bulannya..haha..ya pertanyaan tentang bagaimana cara menghack akun teman kita seringkali saya dapatkan? jawabannnya tentu saya jawab gak mudah jika mengandalkan kemampuan hacking kita
SalamWorld.com Bakal Menggantikan Facebook untuk Muslim?
Minggu, 18 Desember 2011 05:57 WIB
SalamWorld.com Bakal Menggantikan Facebook untuk Muslim?
Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan informasi dari salah satu teman saya pemilik SalingSapa.com bahwa akan ada semacam pertemuan para penggagas SalamWorld.com dengan Majelis Ulama Indonesia di Jakarta, bahkan acanya dibuat live oleh SalingSapaTV.
Tips Mempromosikan Hasil Creative Teknologi Informasi
Sabtu, 15 Oktober 2011 22:31 WIB
Tips Mempromosikan Hasil Creative Teknologi Informasi
Tidak sedikit diantara kita yang bingung ketika sudah mempunyai suatu produk dalam bidang teknologi informasi, bahkan hanya menjadi pemenuh hardisk dikomputer kita. Berikut adalah beberapa tips sederhana, semoga bermanfaat.
Perang Cyber, Perang Masa Depan
Jum'at, 27 Mei 2011 22:42 WIB
Perang Cyber, Perang Masa Depan
Perang Dunia pertama dan kedua memang sudah berakhir, namun banyak orang memprediksikan bahwa perang akan terus berlanjut, hanya saja perang kali ini tidak mengharuskan seorang prajurit untuk membawa senjata dan juga mengendari tank-tank tempur dan juga pesawat penghancur melainkan sebuah perang yang memanfaatkan kecanggihan teknologi khususnya teknologi internet