Teknologi Informasi
Awasi Rumah dari Manapun dengan Home Monitoring

Awasi Rumah dari Manapun dengan Home Monitoring

Jum'at, 03 Agustus 2012 06:45 WIB | 7.036 Views 2012-08-03 06:45:00

Aktifitas mobile yang kita lakukan sehari-hari membuat pengawasan terhadap rumah maupun tempat tinggal kita tidak maksimal, bahkan dibeberapa kesempatan kita mendapatkan efek buruk dari minimnya pengawasan kita terharap rumah kesayangan kita seperti kejadian pencurian, kebakaran hingga hal-hal negative yang tidak kita inginkan. Home Monitoring, adalah salahsatu solusi yang bisa kita terapkan dan implementasikan, teknologi ini merupakan alternative lain dari penggunaan CCTV sebagai alat pengontrol rumah kita, selain biayanya cukup murah dibandingkan dengan CCTV, home monitoring memungkinkan untuk kita melihat secara langsung dan realtime kondisi rumah kita dari gadget ataupun perangkat yang terhubung dengan jaringan internet.


Beberapa waktu kebelakang, salahsatu operator di Indonesia sudah mulai menjual secara masal produk yang terhitung masih baru di Indonesia ini. Secara teknis mungkin tidak terlalu berbeda dengan CCTV dimana dirumah kita akan ditempatkan beberapa kamera yang terhubung dengan jaringan internet, disinilah perbedaan CCTV dengan home monitoring, jika CCTV terhubung dengan perangkat lain didalam rumah kita untuk menyimpan hasil rekaman (storage) yang selanjutkan bisa kita buka di waktu-waktu yang lain sedangkan camera yang ada di home monitoring akan langsung terhubung dengan jaringan internet dan untuk storagenya akan disimpan di server operator sebagai penyedia layanan. Jenis kameranyapun berbeda, home monitoring lebih cenderung menggunakan IP Camera, dimana disetiap kamera memungkinkan untuk dikonfigurasikan sebuah IP Address yang nantinya akan digunakan untuk konektifitas saat pengiriman gambar ke server.

Adanya kebutuhan internet membuat home monitoring ada biaya bulanan, yang ada saat ini biasanya menggunakan jaringan internet ADSL yang lebih mudah implementasinya, selain itu jaringan ini lebih stabil karena menggunakan kabel dengan biaya yang lebih murah pula.

Disisi operator, ada server yang akan menyimpan data hasil rekaman di rumah kita, tentu kapasistasnya tergantung paket yang kita pilih, namun demikian server ini berfungsi sebagai media server yang memungkinkan untuk kita melihat secara langsung seperti kita melihat video di internet, secara sederhana bisa kita sebut streaming, jadi kita bisa melihat keadaan rumah menggunakan laptop ataupun gadget yang mendukung video streaming, asal terhubung dengan jaringan internet pula.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#






Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Teknologi Informasi Lainnya