Teknologi Informasi
Mengenal Istilah Hacker Versus Cracker

Mengenal Istilah Hacker Versus Cracker

Oleh | Jum'at, 27 Mei 2011 22:39 WIB | 6.741 Views | Comments 2011-05-27 22:39:44

Penggunaaan computer hampir disemua aspek kehidupan menimbulkan kehidupan social baru sebagai implikasi dari sebuah keterbukaan apalagi setelah internet muncul dan menjadi bagian dalam masyarakat modern. Salah satu implikasi yang timbul dari perkembangan teknologin computer adalah munculnya hacker dan cracker. Banyak orang yang tidak tahu perbedaan mendasar antara hacker dan cracker sehingga menyebut kegiatan yang tidak lajim dalam dunia computer dan cenderung negative adalah ulah hacker.

Hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka beroperasi dengan sejumlah komputer mainframe. Kata hacker pertama kali muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik dari yang telah dirancang bersama. Kemudian pada tahun 1983, analogi hacker semakin berkembang untuk menyebut seseorang yang memiliki obsesi untuk memahami dan menguasai sistem komputer. Pasalnya, pada tahun tersebut untuk pertama kalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer The 414s yang berbasis di Milwaukee AS. 414 merupakan kode area lokal mereka. Kelompok yang kemudian disebut hacker tersebut dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 buah komputer, dari komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos. Salah seorang dari antara pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena testimonialnya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapatkan hukuman masa percobaan.

Kemudian pada perkembangan selanjutnya muncul kelompok lain yang menyebut-nyebut diri hacker, padahal bukan. Pekerjaan kelompok ini adalah selain membobol sebuah system tapi juga merusaknya, menghapusnya bahkan mencurinya, kemudian kelompok ini disebut dengan istilah cracker. Munculnya gejala social baru inilah sehingga Kepolisian Republik Indonesia khususnya membentuk sebuah satuan khusus yaitu unit CyberCrime yang bertugas menangani kejahatan cyber.

Perbedaan Hacker dan Cracker

Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet.

Hacker disini artinya, mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer game. Para hacker biasanya melakukan penyusupan-penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. Rata - rata perusahaan yang bergerak di dunia jaringan global (internet) juga memiliki hacker. Tugasnya yaitu untuk menjaga jaringan dari kemungkinan perusakan pihak luar "cracker".

Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem.

Beberapa Kasus Hacking

Kita sering menjumpai kasus-kasus hacking diluar negeri dengan begitu hebatnya, mulai dari pencurian data hingga pengrusakan pada perangkat seperti Game Console hingga handphone. Di Indonesia sendiri kasus hacking sudah cukup banyak, masih terlintas di ingatan kita ketika Deni Firmansyah, seorang konsultan Teknologi Informasi di Jakarta berhasil membobol situs milik Komilisi Pemilihan Umum yang saat itu sedang melakukan tabulasi nasional secara online. Deni berhasil mengganti nama-nama partai peserta pemilu dengan nama unik seperti Partai Jambu, Partai Kolor Ijo dan yang lainnya dengan menggunakan SQL Injection.

Kasus pembobolan situs Kepolisian Republik Indonesia beberapa waktu yang lalu juga bahkan masih hangat diingatan kita, seseorang berhasil mendeface atau mempermak beberapa halaman di situs utama POLRI dengan pesan yang mengatas namakan agama tertentu. Hal tersebut tidak hanya dilakukan kepada POLRI saja melainkan kepada situs LEMHAMNAS dan juga Pertamina.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Teknologi Informasi Lainnya
Internet Effect, Mendulang Popularitas Melaui Internet
Sabtu, 30 April 2011 06:54 WIB
Internet Effect, Mendulang Popularitas Melaui Internet
Menjadi terkenal bagi sebagian orang memang teramat sulit, bahkan ada yang berjuang bertahun-tahun untuk sampai dikenal banyak orang, namun akhir-akhir ini banyak pemberitaan yang memberikan gambaran ada pula yang begitu mudah dikenal orang, tidak hanya dalam satu kota namun bisa seluruh Indonesia.
Berinteraksi dengan Televisi Lewat IPTV
Kamis, 14 April 2011 09:16 WIB
Berinteraksi dengan Televisi Lewat IPTV
Televisi sejak kelahirannya sudah menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan oleh orang, bahkan diawal tahun 2000, banyak sekali stasiun televisi baik lokal maupun nasional bermunculan. Kesemua stasiun televisi itu umumnya dapat disaksikan melalui pesawat televisi dengan teknologi UHF, Satelit atapun kabel.
Menunggu Dibangunnya Infrastruktur BlackBerry di Indonesia
Minggu, 23 Januari 2011 07:58 WIB
Menunggu Dibangunnya Infrastruktur BlackBerry di Indonesia
PIN BB Kamu Berapa? Itulah kata-kata yang sangat melekat bagi komunitas pengguna BlackBerry di Indonesia yang menandakan aktifitas pertukaran nomor unik dari perangkat BlackBerry untuk bisa saling berkomunikasi menggunakan BlackBerry Mesengger. BlackBerry adalah perangkat selular yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, Menjelajah Internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya.
Prediksi Dunia Teknologi Informasi Tahun 2010
Rabu, 06 Januari 2010 06:04 WIB
Prediksi Dunia Teknologi Informasi Tahun 2010
Setiap tahun perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memeliki tren yang sangat bagus walaupun terkadang terkendala dengan adanya krisis ekonomi atau krisis lainnya yang secara langsung menghambat pertumbuhan teknologi informasi. Tahun 2009 menjadi tahun yang bersejarah bagi beberapa pelaku industry internet, kita ambil contoh saja seperti facebook yang meraup keuntungan besar dan dari data statistikpun menunjukan peningkatan signifikan hingga alexa.com, sebuah situs yang mencatat pertumbuhan dan statistic sebuah situs mencatatkan facebook diurutan kedua setelah google.com. Lalu apasaja prediksi yang akan terjadi seputar teknologi informasi di tahun 2010?
Info Lokasi Minimarket Berbasis Mobile Web dan SMS
Rabu, 28 Oktober 2009 16:07 WIB
Info Lokasi Minimarket Berbasis Mobile Web dan SMS
Kebutuhan akan informasi lokasi sebuah minimarket terkadang merupakan hal sepele, namun terkadang ketika kita dalam perjalan atupun sedang bepergian disuatu tempat, informasi itu akan sangat berguna sekali apalagi kita membutuhkan barang yang kita tahu hanya ada di sebuah minimarket. Informasi ini tentunya selain harus lengkap juga mudah dan cepat diakses oleh pengguna, oleh karena itu sebuah teknologi SMS dan Mobile web menjadi salah satu losusi untuk mengatasai permasalahan ini.
"E-mail" Terancam Jejaring Sosial
Kamis, 01 Oktober 2009 07:08 WIB
"E-mail" Terancam Jejaring Sosial
E-mail sudah bertahun-tahun menjadi salah satu jalan pengguna teknologi informasi untuk berkomunikasi dan berhubungan. Orang dipermudah untuk mengirimkan informasi berupa teks yang juga dapat disisipi data lain yang biasanya dikirimkan menggunakan fitur attachment. E-mail dapat diakses menggunakan webmail jika kita menggunakan browser untuk membuka e-mail kita atapun menggunakan POP/IMAP client semisal Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird, ataupun aplikasi-aplikasi mail client yang terpasang di perangkat berjalan seperti notebook dan smartphone.