Teknologi Informasi
Prediksi Dunia Teknologi Informasi Tahun 2010

Prediksi Dunia Teknologi Informasi Tahun 2010

Rabu, 06 Januari 2010 06:04 WIB | 10.165 Views 2010-01-06 06:04:39

Setiap tahun perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memeliki tren yang sangat bagus walaupun terkadang terkendala dengan adanya krisis ekonomi atau krisis lainnya yang secara langsung menghambat pertumbuhan teknologi informasi. Tahun 2009 menjadi tahun yang bersejarah bagi beberapa pelaku industry internet, kita ambil contoh saja seperti facebook yang meraup keuntungan besar dan dari data statistikpun menunjukan peningkatan signifikan hingga alexa.com, sebuah situs yang mencatat pertumbuhan dan statistic sebuah situs mencatatkan facebook diurutan kedua setelah google.com. Lalu apasaja prediksi yang akan terjadi seputar teknologi informasi di tahun 2010?

Media Internet

Pengembangan aplikasi Internet makin meningkat. Alasan utamanya adalah karena dipandang lebih memberikan kemudahan dan keluwesan bagi jenis organisasi manapun. Kemudahan aplikasi berbasis Internet seperti e-Office menggunakan Google Documents, bahkan Social Networking Sites seperti Facebook akan semakin membuka peluang aplikasi-aplikasi lain seperti di lingkungan bisnis. Banyak aplikasi-aplikasi yang dimigrasikan ke basis web untuk memudahkan pengoprasiannya. Selain itu, pertumbuhan content yang innovative akan menghiasi situs-situs baru yang bermunculan, ini disebabkan karena banyak orang kreatif yang melirik media internet sebagai salah satu alternative media.

Pertumbuhan juga akan terlihat tidak hanya dari sisi aplikasi saja, pengguna internet Indonesia diprediksi akan naik 25% seiring dengan prediksi pertumbuhan pasar IT yang juga naik 25%. Pertumbuhan ini didorong oleh semakin murahnya harga perangkat keras pendukung seperti Personal Computer, Laptop hingga modem untuk koneksi ke Internet. Banyaknya pilihan operator yang menyajikan beragam harga dan jenis layanan internet juga akan memacu pertumbuhan pengguna internet di Indonesia ditambah lagi semakin meluasnya distribusi infrastruktur internet hingga ke Indonesia bagian timur.

Mobile


Mengulang sukses ditahun 2009, perangkat mobile yang mengedepankan fitur social network akan tetap menghiasi perkembangan ditahun 2010. Persaingan antar vendor yang besar dengan vendor-vendor dari asia menyebabkan fasilitas dari tiap perangkat mobile semakin meningkat dan bervariatif, selain itu harganyapun diprediksi akan semakin murah karena ketatnya persaingan. Handphone-handphone ini diprediksi akan terus mengadopsi content yang terus tumbuh di internet dan juga mengadobsi teknologi terbaru dari sisi koneksi internetnya. Handphone berjenis touchscreen dan QWERTY Keypad akan menghiasi pasar handphone di Indonesia.

Pemain besar seperti Yahoo, Google dan Microsoft sudah masuk ke Indonesia dengan serius, khususnya Yahoo. Trend telekomunikasi masuk ke dalam feature phone, transisi dari antara telepon genggam biasa dan smartphone. Blackberry adalah contoh smart phone.

Sisi aplikasi mobile juga diprediksi semakin inovatif, layanan SMS Premium berlangganan diprediksi akan mengalami penurunan karena tinggat kejenuhan yang memuncak ditahun 2010, namun inovasi baru akan muncul yang berfokus pada bagaimana aplikasi bisa menghubungkan satu pengguna dengan pengguna lain. Mobile advertising akan mengalami banyak eksperimen dan model. Inovasi ini ada yang akan bertahan dan banyak pula yang tidak. Location based service akan mulai diperkenalkan, seperti kita akan mendapatkan penawaran khusus jika berada di lokasi tertentu.

Digital Content dan Game


Konten digital akan dibundle dengan biaya berlangganan pita koneksi, yang disebut sebagai Freemium. Seperti gratis tapi bayar. Modelnya serupa berlangganan cable TV . Konten yang ditawarkan adalah musik, games dan banyak lagi. Pengiklan akan masuk ke menawarkan konten premium secara gratis bila kita membeli produk, misalnya membeli barang sebagai tiket untuk nonton, atau mendapatkan musik dan games. Pembayaran micropayment via online akan menjadi mudah dan terpercaya. Semua pemain besar akan masuk ke sini dan mulai bersaing. Perlu waktu 2-3 tahun sehingga terjadi standar industri dan baru pemain besar akan mulai bekerja sama dan terjadi kompatibilitas.

Game Online akan terus menghiasi pertumbuhan game di tanah air, diprediksi akan banyak game-game local yang bermunculan yang membawa citra dan rasa local juga, namun dominasi game online masih dipegang oleh game-game asal korea. Selain game online, game berbasis mobile juga diprediksi semakin meningkat seiring dengan meningkatnya perangkat mobile yang ada di Indonesia.

Industri IT

Vendor dan operator pesar diprediksi akan mulai menjalankan bisnis yang dapat menyatukan antara Infrastruktur, media dan content. Ditandai dengan Telkom yang tidak hanya focus pada layanan infrastruktur saja tetapi mulai merambah ke bisnis digital content yang dihadirkan melalui IPTV hingga fokusnya pada layanan portal seperti online shopping. Krisis ditahun tahun sebelumnya menjadikan industri IT akan lebih efiesien menggunakan financial namun akan lebih innovative.

Sumber daya manusia yang berfokus pada teknologi informasi yang semakin banyak jumlah dan kualitasnya akan memacu membesarnya industry-industri kecil, penyerapan SDM IT dari kalangan sekolah menengah kejuruan diprediksi semakin meningkat, hal ini dikarenakan meningkatnya kualitas lulusan SMK IT dan efesiensi yang ada di perusahaan.

 

 


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#0


Mungkin anda tertarik menonton video tentang Tarik Uang via LinkAja di ATM Tidak Keluar? Ini Solusi Ampuhnya - Tips Teknologi

Apa komentar anda tentang Tulisan Prediksi Dunia Teknologi Informasi Tahun 2010?

Teknologi Informasi Lainnya
Info Lokasi Minimarket Berbasis Mobile Web dan SMS
Rabu, 28 Oktober 2009 16:07 WIB
Info Lokasi Minimarket Berbasis Mobile Web dan SMS
Kebutuhan akan informasi lokasi sebuah minimarket terkadang merupakan hal sepele, namun terkadang ketika kita dalam perjalan atupun sedang bepergian disuatu tempat, informasi itu akan sangat berguna sekali apalagi kita membutuhkan barang yang kita tahu hanya ada di sebuah minimarket. Informasi ini tentunya selain harus lengkap juga mudah dan cepat diakses oleh pengguna, oleh karena itu sebuah teknologi SMS dan Mobile web menjadi salah satu losusi untuk mengatasai permasalahan ini.
"E-mail" Terancam Jejaring Sosial
Kamis, 01 Oktober 2009 07:08 WIB
"E-mail" Terancam Jejaring Sosial
E-mail sudah bertahun-tahun menjadi salah satu jalan pengguna teknologi informasi untuk berkomunikasi dan berhubungan. Orang dipermudah untuk mengirimkan informasi berupa teks yang juga dapat disisipi data lain yang biasanya dikirimkan menggunakan fitur attachment. E-mail dapat diakses menggunakan webmail jika kita menggunakan browser untuk membuka e-mail kita atapun menggunakan POP/IMAP client semisal Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird, ataupun aplikasi-aplikasi mail client yang terpasang di perangkat berjalan seperti notebook dan smartphone.
Facebook, Besar karena Me Too
Sabtu, 05 September 2009 09:32 WIB
Facebook, Besar karena Me Too
Beberapa waktu lalu saya sempat diskusi dengan beberapa teman yang membahas bagaimana sebuah tren teknologi informasi cenderung me too atau menjiplak dari teknologi serupa yang pernah ada, salah satu yang kami bahas adalah kehadiran facebook yang menjadi fenomenal dan sejarah baru di dunia internet, dimana facebook telah membantu para non pengguna internet menjadi pengguna internet aktif. Pertumbuhan internet Indonesai salah satunya mencatat bahwa pertumbuhannya didongkrak dengan adanya facebook. Lalu apakah me too diperbolehkan?
Seberapa Pentingkah Ranking Alexa?
Selasa, 30 Desember 2008 07:13 WIB
Seberapa Pentingkah Ranking Alexa?
Alexa.com merupakan salah satu dari website yang menyediakan layanan statistik dan ranking sebuah website di dunia. Alexa juga merupakan situs yang paling populer dikalangan website penyedia ranking. Semakin tinggi ranking sebuah website di alexa.com diklaim sebagaian orang merupakan indikasi kesuksesan sebuah website. Bahkan banyak cara-cara yang menurut saya tidak fair untuk meningkatkan sebuah ranking untuk sebuah website, tapi gak apa yang penting menurut saya adalah goal atau tujuan dari dibangunnnya web itu sendiri.
Ponsel Anda adalah Media Massa Ketujuh
Selasa, 05 Agustus 2008 08:23 WIB
Ponsel Anda adalah Media Massa Ketujuh
Ponsel yang saat ini ada di saku Anda adalah media massa ketujuh. Kok bisa ? yang beneran Pengen tahu lebih lanjut ? Begini, saat ini apakah ada rekan, saudara, sanak keluarga atau Anda sendiri berlanggangan sms premium, entah sms religi, sms berita terbaru dari surat kabar tertentu, sms dari artis idola Anda atau sms alert yang lain. Setiap periode tertentu Anda akan mendapat info atau konten terbaru dari provider. Ini adalah salah satu bukti bahwa ponsel Anda adalah media massa yang mampu menyampaikan informasi terkini dan serempak tidak hanya untuk Anda tetapi juga mungkin ribuan atau ratusan ribu orang yang juga berlangganan layanan sms premium seperti Anda.
Mengenal dan Melihat Pertumbuhan Virtual Office Collaboration
Kamis, 17 Juli 2008 04:43 WIB
Mengenal dan Melihat Pertumbuhan Virtual Office Collaboration
Hadirnya teknologi informasi telah merubah kebiasaan hampir semua orang yang pernah menggunakannya atau orang-orang disekitarnya. Teknologi seolah-olah sangat menget ahui apa yang sedang dibutuhkan saat ini. Teknologi Selular hadir untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam berkomunikasi, teknologi internet hadir untuk memenuhi kebutuhan data dan informasi, dan banyak lagi teknologi yang disajikan tidak terkecuali hadirnya virtual office untuk mengakomodasi kebutuhan manusia yang mempunyai mobilitas tinggi.