Teknologi Informasi
"E-mail" Terancam Jejaring Sosial

"E-mail" Terancam Jejaring Sosial

Kamis, 01 Oktober 2009 07:08 WIB | 4.537 Views | Comments 2009-10-01 07:08:24

E-mail sudah bertahun-tahun menjadi salah satu jalan pengguna teknologi informasi untuk berkomunikasi dan berhubungan. Orang dipermudah untuk mengirimkan informasi berupa teks yang juga dapat disisipi data lain yang biasanya dikirimkan menggunakan fitur attachment. E-mail dapat diakses menggunakan webmail jika kita menggunakan browser untuk membuka e-mail kita atapun menggunakan POP/IMAP client semisal Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird, ataupun aplikasi-aplikasi mail client yang terpasang di perangkat berjalan seperti notebook dan smartphone.

Beberapa tahun ke belakang, penggunaan push e-mail mulai marak, dimotori oleh perangkat keras Blackberry. Hal itu menjadikan push e-mail menjadi barang yang menarik untuk digunakan karena kita dapat membuka e-mail layaknya kita membuka SMS di handphone kita, selalu ada notifikasi baik berupa bunyi ataupun getar ketika ada e-mail masuk. Namun, seiring dengan tren dan perkembangan teknologi, kabarnya e-mail mulai ditinggalkan orang yang mulai beralih pada aplikasi social network (jejaring sosial) dan instant messaging.

Statistik Nielsen

Statistik baru yang dikeluarkan oleh Nielsen, sebuah perusahaan ternama yang bergerak dalam bidang survei dan rating akhir 2008 lalu menyebutkan, situs jejaring sosial sudah menyalip penggunaan e-mail hampir di seluruh dunia. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan, 66,8 persen dari pengguna internet sudah menggunakan jejaring sosial dan sekitar 65 persen pengguna internet menggunakan e-mail.

Penelitian lebih jauh juga mengungkapkan bahwa banyak tren baru yang hadir dalam dunia jejaring sosial. Pada tahun 2008, pengguna internet menghabiskan waktu 63 persen lebih banyak untuk membuka situs jejaring sosial seperti Facebook, My Space, atapun Friendster, lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Pertumbuhan pengguna Facebook yang mencapai 566% juga sangat berpengaruh pada perbandingan pengguna jejaring sosial dengan e-mail.

Fenomena ini sangat wajar terjadi karena memang jejaring sosial terasa lebih menarik ketimbang membuka e-mail. Orang lebih lama membuka Facebook daripada membuka e-mail, bahkan terkadang e-mail hanya dijadikan tempat mampir ratusan notifikasi yang berasal dari situs jejaring sosial. Hal yang mengagetkan juga dirilis oleh situs web statistik harian alexa.com yang menginformasikan bahwa Facebook sudah mengambil alih posisi Yahoo yang sebelumnya menduduki peringkat kedua dunia situs yang paling banyak diakses setelah Google.

Dukungan Vendor

Pertumbuhan pengguna Facebook yang siap mengalahkan e-mail sebagai media komunikasi para pengguna internet, tidak dapat dilepas dari vendor pembuat perangkat keras dan lunak yang ada saat ini. Pengembang aplikasi jejaring sosil dan layanan chatting tumbuh sangat cepat dibandingkan dengan vendor pembuat aplikasi mailclient. Kasus di Indonesia, masuknya Blackberry dan sejenisnya yang sudah terpasang Facebook Mobile, sangat mendongkrak pertumbuhan pengguna Facebook di samping juga memacu pertumbuhan pengguna internet Indonesia. Jarang sekali perangkat yang menyediakan aplikasi seperti Yahoo Mail ataupun Gmail terpasang secara default. Hal inilah yang menyebabkan pengguna internet baru di Indonesia lebih mengenal Facebook ketimbang e-mail.

Edukasi penggunaan internet juga sangat berpengaruh pada perbandingan jumlah pengguna jejaring sosial dengan e-mail. Pendidikan awal internet yang ada terkadang lebih mengutamakan informasi penggunaan jejaring sosial ketimbang penggunaan e-mail.

Fitur dan kemudahan penggunaan

Selain dari dukungan vendor, fitur dan kemudahan penggunaan kedua teknologi ini juga sangat berpengaruh. Terkadang saat orang sedang membuka Facebook, malas untuk membuka webmail untuk membuka e-mail, mereka lebih nyaman menggunakan send message ataupun chatting kepada teman yang akan diajak berkomunikasi. Apalagi apabila kita menggunakan Facebook Mobile atapun Facebook Chat, selalu ada notifikasi jika ada pesan masuk. Penggunakan webmail atapun POP client terkadang dirasa cukup memakan waktu hanya untuk mengirimkan suatu pesan melalui internet, walaupun terkadang ada orang yang menggunakan background process saat membuka e-mail menggunakan POP client untuk mengurangi langkah-langkah yang dilakukan.

Secara teknis, teknologi e-mail sebetulnya lebih aman ketimbang jejaring sosial. E-mail memiliki header dan informasi yang lengkap ketimbang pesan di situs jejaring sosial. Selain itu, e-mail juga memungkinkan fitur lain seperti forward, autoresponce, hingga push e-mail. Hanya saja, sepertinya orang lebih nyaman berlama-lama menggunakan situs jejaring sosial hingga berkomunikasi pun menggunakan fasilitas yang ada.

Kondisi yang demikian sudah barang tentu dipelajari oleh Google, Yahoo, dan beberapa vendor e-mail lainnya. Mereka mengombinasikan e-mail dan jejaring sosial dalam situsnya, misalnya Yahoo Mail yang dilengkapi aplikasi chatting. Google-pun demikian. Bahkan pada situs web ini ditambahkan juga Google Connect.***

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#0






Teknologi Informasi Lainnya
Facebook, Besar karena Me Too
Sabtu, 05 September 2009 09:32 WIB
Facebook, Besar karena Me Too
Beberapa waktu lalu saya sempat diskusi dengan beberapa teman yang membahas bagaimana sebuah tren teknologi informasi cenderung me too atau menjiplak dari teknologi serupa yang pernah ada, salah satu yang kami bahas adalah kehadiran facebook yang menjadi fenomenal dan sejarah baru di dunia internet, dimana facebook telah membantu para non pengguna internet menjadi pengguna internet aktif. Pertumbuhan internet Indonesai salah satunya mencatat bahwa pertumbuhannya didongkrak dengan adanya facebook. Lalu apakah me too diperbolehkan?
Seberapa Pentingkah Ranking Alexa?
Selasa, 30 Desember 2008 07:13 WIB
Seberapa Pentingkah Ranking Alexa?
Alexa.com merupakan salah satu dari website yang menyediakan layanan statistik dan ranking sebuah website di dunia. Alexa juga merupakan situs yang paling populer dikalangan website penyedia ranking. Semakin tinggi ranking sebuah website di alexa.com diklaim sebagaian orang merupakan indikasi kesuksesan sebuah website. Bahkan banyak cara-cara yang menurut saya tidak fair untuk meningkatkan sebuah ranking untuk sebuah website, tapi gak apa yang penting menurut saya adalah goal atau tujuan dari dibangunnnya web itu sendiri.
Ponsel Anda adalah Media Massa Ketujuh
Selasa, 05 Agustus 2008 08:23 WIB
Ponsel Anda adalah Media Massa Ketujuh
Ponsel yang saat ini ada di saku Anda adalah media massa ketujuh. Kok bisa ? yang beneran Pengen tahu lebih lanjut ? Begini, saat ini apakah ada rekan, saudara, sanak keluarga atau Anda sendiri berlanggangan sms premium, entah sms religi, sms berita terbaru dari surat kabar tertentu, sms dari artis idola Anda atau sms alert yang lain. Setiap periode tertentu Anda akan mendapat info atau konten terbaru dari provider. Ini adalah salah satu bukti bahwa ponsel Anda adalah media massa yang mampu menyampaikan informasi terkini dan serempak tidak hanya untuk Anda tetapi juga mungkin ribuan atau ratusan ribu orang yang juga berlangganan layanan sms premium seperti Anda.
Mengenal dan Melihat Pertumbuhan Virtual Office Collaboration
Kamis, 17 Juli 2008 04:43 WIB
Mengenal dan Melihat Pertumbuhan Virtual Office Collaboration
Hadirnya teknologi informasi telah merubah kebiasaan hampir semua orang yang pernah menggunakannya atau orang-orang disekitarnya. Teknologi seolah-olah sangat menget ahui apa yang sedang dibutuhkan saat ini. Teknologi Selular hadir untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam berkomunikasi, teknologi internet hadir untuk memenuhi kebutuhan data dan informasi, dan banyak lagi teknologi yang disajikan tidak terkecuali hadirnya virtual office untuk mengakomodasi kebutuhan manusia yang mempunyai mobilitas tinggi.
Kelak Antar Operator Selular Tidak Akan Perang Tarif
Jum'at, 06 Juni 2008 07:34 WIB
Kelak Antar Operator Selular Tidak Akan Perang Tarif
Berbagai metode iklan yang dikeluarkan Operator selular saat ini sudah sangat beragam untuk menggaet pelanggan baru ataupun untuk mempertahankan konsistensi pelanggan yang ada agar tetap menggunakan layanan selular miliknya. Hal yang sama pada iklan saat ini adalah perang tarif dimana antar operator saling menurunkan harga dengan berbagai cara.
Pengaruh Digital Megazine Terhadap Bisnis Penerbitan
Jum'at, 01 Februari 2008 08:21 WIB
Pengaruh Digital Megazine Terhadap Bisnis Penerbitan
Perkembangan teknologi informasi semakin hari semakin berinovasi dan sangat mengagumkan. Kita masih ingat bahwa sebuah lagu atau film yang disimpan dalam pita analog sebesar piring atau papan hanya untuk pemutaran film berdurasi 2 jam, kita juga masih ingat bagaimana tumpukan kertas ujian dan catatan yang menumpuk yang masih manual atau ratusan bundel photo yang bingung menyimpan karena berjumlah ribuan bahkan ratusan. Kini semua itu mungkin menjadi sebuah hal unik kalau masih tetap dilakukan karena banyak teknologi yang mampu merubah semuanya menjadi lebih mudah dan efisien. Kita ambil contoh adalah Digital Megazine.