Sudut Pandang
Dunia IT dan Lulusan Teknik Informatika

Dunia IT dan Lulusan Teknik Informatika

Oleh | Minggu, 08 April 2007 23:31 WIB | 5.842 Views 2007-04-08 23:31:29

Sebelum kita berangkat membicarakan siapa yang sebenernya berhak berkecimpung di Dunia IT, kita akan berjalan jalan ke beberapa perusahaan besar di negeri ini dan mencoba menyimpulkan apakah perusahaan itu perusaahaan IT apa bukan ?

 

  1. PT. Indosat yang berkecimpung di dunia telekomunikasi satelit dengan puluhan produk unggulan mulai dari hotspot im2 hingga voucer isi ulang mentari yang memakai icon group padi untuk menggaet customernya, apakah PT Indosat masuk perusaan IT ? jawabnya adalah tepat sekali.
  2. PT. Telekomunikasi Selular, anak PT Telkom yang berkantor pusat di Gatsu Jakarta juga memiliki core bisnis yang serupa dengan indosat, exelcomindo, Bakrie Telecom dan yang lainnya semuanya perusahaan IT.
  3. Perusahaan yang bergerak dalam bidang Conten Provider dan Conten Agregator juga sebenernya bisa disebut sebagai perusahaan IT, hanya saja perusahaan jenis ini tidak terlalu didominasi oleh orang IT, melainkan orang conten.
  4. Perusahaan Hosting dan layanan IT yang tumbuh bagai jamur seperti IDC Indonesia, Bolehnet, Masterwebnet, Dhecyber, Techscape dan yang lainnya.

 

Masih banyak lagi perusahaan-perusahaan IT yang besar seperti Metrodata, Alcatel, Microsoft dan yang lainnya yang memusatkan bisnisnya di Negara bekas jajahan Belanda selama 350 tahun silam.

 

Sekarang kembali kepada inti permasalahan, apakah perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang IT seperti diatas dihuni oleh anak lulusan Teknik Informatika?

 

Jawabannya adalah Salah besar jika perusahaan seperti diatas dihuni oleh lulusan Teknik Informatika.

 

Sekarang ini ternyata rata-rata banyak orang-orang yang dapat disebut sebagai ?orang IT? itu bukan lulusan teknik informatika, system informasi atau manajemennya. Mungkin dikarenakan ketiga jurusan itu muncul baru diindonesia sehingga lulusannya masih sedikit. Tapi yang saya temui dan saya liat banyak ahli ahli IT yang bukan dari Teknik Informatika. Anggap sajalah Budi Raharjo yang bergutek di Micro Elektronika ITB, Onno W Purbo, Michael ternyata mereka bukalah orang Teknik Informatika asli, tetapi non informatika yang belajar banyak tentang Dunia IT, Melakukan eksperimen dan share pengetahuan. Terlepas dari cita-cita mendapatkan banyak uang, gelar, dan ketenaran mereka adalah orang-orang IT yang sebenernya.

 

Intinya, Orang IT bukan harus dari Teknik Informatika karena tidak sedikit anak Teknik Informatika yang justru berkecimpung di dunia finance, entertain bahkan dunia olahraga. Apapun anda, dan lulusan apapun anda bisa menjadi seorang IT dan akhli IT asalkan mau dan punya hasrat untuk terus belajar menjadi orang IT yang profesioanal.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#






Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Sudut Pandang Lainnya