Sudut Pandang
Inilah Daftar Media Yang Kecenderungan Mendukung Capres

Inilah Daftar Media Yang Kecenderungan Mendukung Capres

Oleh | Jum'at, 06 Juni 2014 16:44 WIB | 10.948 Views | Comments 2014-06-06 16:44:52

Peran media dalam demokrasi terkini sangatlah penting, media juga menjadi corong kandidat dalam sebuah pemilihan walaupun sebetulnya adalah hal yang salah karena media seharusnya berimbang apalagi media mainstream seperti televisi dan koran. Dalam tulisan ini saya coba mengelompokan media menjadi 3 group yaitu Media yang kecenderungan mendukung Prabowo Hatta, Media Yang kecenderungan mendukung Jokowi-JK dan Media yang kecenderungan Netral, namun yang netral tidak akan saya sebutkan :).

Media Berkecenderungan Mendukung Prabowo - Hatta

  1. TVOne, Anteve (Dimiliki oleh Group Bakrie yang merupakan petinggi golkar mitra koalisi)
  2. MNCTV, RCTI, GlobalTV dan MNC Media (Dimiliki oleh Hary Tanoe yang menyatakan dukungan ke Prabowo setelah pecah dengan Wiranto)
  3. Viva Group seperti Vivanews dan Media Online yang satu group ( Dimiliki oleh Bakrie Group)
  4. Inilah.com (Saya melihat lebih banyak memberitakan prabowo dan cenderung memberitakan sisi negatif jokowi)
  5. Okezone.com, Koran Sindo, SindoTrijaya atau Trijaya Network (satu group dengan MNC)
Media Berkecenderungan Mendukung Jokowi - JK
  1. MetroTV (dimiliki Oleh Surya Paloh sebagai mitra koalisi)
  2. Media Indonesia Group (Satu group dengan MetroTV)
  3. Televisi Jawa Post Group ( Milik Dahlan Iskan, merupakan TV Lokal yang tersebar diseluruh nusantara dengan JTV Surabaya yang cukup leading)
  4. Koran Jawa Post Group (Koran lokal yang hampir ada disetiap kota besar di Indonesia milik dahlan Iskan, biasanya diawali dengan nama Radar untuk lengkapnya bisa dilihat di http://www.jpnn.com/jpnn_network.php
  5. Majalah Tempo ( Saya melihatnya ada Goenawan Muhammad yang mendukung Jokowi)
  6. Tribun Network ( Ini pendapat saya karena melihat gencarnya berita positif tentang Jokowi dan berkecenderungan memojokan Prabowo)

Sebenarnya semua media menyampaikan seluruh informasi tentang keseluruhan capres, hanya saja porsinya kadang tidak berimbang dan ada juga yang memojokan capres lainnya dengan mencari titik lemah. Pengelompokan ini hanya pendapat pribadi saya saja, jika ada yang mau koreksi atau menambahkan silahkan berkomentar.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Sudut Pandang Lainnya
Prediksi Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013
Rabu, 20 Februari 2013 20:40 WIB
Prediksi Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013
Siapa saja boleh membuat Prediksi menurut pemikiran masing-masing dan termasuk untuk prediksi Pemilihan Gubernur Jawa barat tahun ini.Jika melihat dari keseluruhan pasangan ada beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing, saya cerita satu persatu dulu deh.
Sekotak Sawah Untuk Semeter Tanah
Kamis, 26 April 2012 17:01 WIB
Sekotak Sawah Untuk Semeter Tanah
Harga yang paling murah adalah 5 Milyar, itulah yang ada dibenak saya ketika melewati beberapa jalan di Pantai Indah kapuk hari ini, mantap benar. Dibeberapa iklan yang terpampang disepanjang jalan itu cukup menyita perhatian saya, yaitu harga tanah yang mencapai 20juta permeter persegi
Orang Indonesia Terbanyak Kelima Pencari Kata Sex di Internet
Rabu, 01 September 2010 05:21 WIB
Orang Indonesia Terbanyak Kelima Pencari Kata Sex di Internet
Indonesia memang negara unik, semua sepertinya ada di negara kepulauan terluas di dunia ini, mau cari orang termiskin ada, mau cari orang yang kaya ada, mau cari mobil mewah banyak, yang gak punya rumahpun banyak. Begitu pula dengan kehidupan internetnya, kalau kita mencari situs yang bernuansa religi banyak sekali ditemui tapi sebaliknya mencari yang berbau pornografipun sepertinya tidak sedikit. Satu hal yang mencengangkan lagi ternyata indonesia tercatat oleh Google Trends sebagai pencari kata sex terbanyak kelima didunia, menyedihkan.
Orang Jawa Cenderung Lebih Pede Ketimbang Orang Sunda
Sabtu, 28 November 2009 21:08 WIB
Orang Jawa Cenderung Lebih Pede Ketimbang Orang Sunda
Lahir dilingkungan jawa campur sunda membuat saya merasa nyaman, bagaimana tidak, saya bisa berbicara dengan fasih dua bahasa yang paling popular ditanah jawa ini yaitu bahasa jawa dan sunda. Saya tidak kesulitan berkomunikasi dengan orang sunda begitupun ketika berkomunikasi dengan orang jawa walaupun terkadang lawan bicara aneh ada kata-kata yang bercampur satu sama lain. Kali ini saya akan coba mencermati tingkat kepercayaan diri antara orang sunda dan jawa khususnya dalam berbicara ditempat-tempat umum.
Saatnya Marah dan Saatnya Bertengkar
Selasa, 01 September 2009 09:09 WIB
Saatnya Marah dan Saatnya Bertengkar
Marah memang sesuatu yang tidak diperbolehkan oleh siapapun kecuali untuk urusan-urusan tertentu, apalagi sampai berkelahi, namun sepertinya nasehat itu tidak menjadi sebuah landasan oleh beberapa program televisi yang notabene memberikan hiburan untuk masyarakat. Marah seringkali seolah-olah menjadi tontonan yang menarik apalagi kalau sampai berkelahi. Seolah-olah acara itu tidak akan menarik jika klimaksnya tidak dibarengi dengan marah dan sepertinya penontonpun sangat terhibur akan hal itu.
Mengadu Saja Sama Media Massa
Jum'at, 24 April 2009 07:23 WIB
Mengadu Saja Sama Media Massa
Banyak cara orang untuk menyelesaikan permasalahannya masing-masing yang melanda hidupnya, mulai dari minta pertolongan Allah SWT sampai yang minta pertolongan pada batu petir milik ponari, selain cara yang berbeda jalan atau tools yang digunakanpun bermacam-macam ambil contoh anggaplah bunuh diri bagi sebagian orang merupakan solusi permasalahan, dengan cara bunuh diri saja toolsnya sudah banyak, ada yang minum racun serangga, berjalan di rel kereta api hingga naik BTS operator.