Motivasi dan Inspriasi
Menentukan Setting Terbaik dalam Hidup

Menentukan Setting Terbaik dalam Hidup

Oleh | Selasa, 31 Agustus 2021 08:09 WIB | 1.753 Views 2021-08-31 08:09:15

Jika anda seorang sistem administrator, orang yang menjaga dan mengkonfigurasikan sebuah sistem, pastinya paham betul yang dimaksud sebagai "seting terbaik", atau teman-teman yang sering melakukan "setting" apapun dalam pekerjaannya, apakah setting kamera, mesin, bahkan hal seperi sepele, seting pancingan.

Seting terbaik adalah konfigurasi yang sesuai dengan kemampuan sistem itu sendiri. Misalnya, jika sebuah server memiliki RAM 16GB, maka jika diimplementasikan dalam aplikasi yang berjalan didalamnya harus sesuai dengan kemampuan 16GB itu, jangan kurang dan jangan terlalu lebih. Jika kurang, maka kemampuan yang seharusnya didapatkan dengan kapasistas itu tidak sepenuhnya didapat, bahkan banyak resources yang idle atau tidak terpakai, sayangkan? sebaliknya bila aplikasi diseting lebih dari kemampuan 16GB itu, maka aplikasi akan stuck, hang dan bahkan ada beberapa kasus yang membuat hardware failure.

Begitu pula dalam hidup, andalah yang paling bisa menentukan "kapasitas" diri anda, maka gaya hidup anda, cara bekerja anda dan apapun harus disesuaikan, jangan terlalu rendah jangan terlalu tinggi. Tapi mas, saya kan ingin majuuu lebih kencang biar cepat sukses? Caranya bukan menseting diri anda untuk bekerja diluar kapasitas, tetapi kapasitasnya dulu yang harus dinaikan. Menaikan kapasitas bisa dilakukan dengan terus meningkatkan skill dengan belajar, berlatih. Meningkatkan kapasitas juga bisa dengan meningkatkan kesehatan, meningkatkan kebugaran.

Nah, ibarat sistem juga, bila kapasitas sudah mentok sementok-mentoknya, solusinya bukan mengganti "otak/diri" anda tentunya, tetapi membuat "fisik" baru yang ada disampingnya, dalam dunia IT bisa disebut sebagai mirror, replikasi atau juga cluster. Maka perbanyaklah fisik-fisik yang bisa memiliki kapasitas yang sama, bekerja bersama, pada sistem yang sama. Alhasil, sistem bisa scaleup dan menghasilkan output yang lebih besar, ini yang disebut sebagai menemukan sebanyak mungkin partner atau tim yang tepat.

Selamat mengkonfigurasi hidup, karena konfigurasi dan seting yang baik akan menghasilkan performa terbaik.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Motivasi dan Inspriasi Lainnya
Belajar Konsisten Dari Media Infobdg di Bandung
Kamis, 21 Juli 2022 12:16 WIB
Belajar Konsisten Dari Media Infobdg di Bandung