Edukasi
Suap Ingin Lolos Jadi Mahasiswa, Ibarat Mencuri Benih

Suap Ingin Lolos Jadi Mahasiswa, Ibarat Mencuri Benih

Oleh | Senin, 22 Agustus 2022 16:17 WIB | 546 Views 2022-08-22 16:17:48

Pagi buta, kala itu Bapak pergi ke sawah untuk melanjutkan mencabut benih, betapa kagetnya bahwa beberapa ikatan benih yang sore kemarin didapat telah hilang, seseorang mencurinya. 😢

Dalam kesedihannya ia sempat menyampaikan sesuatu tentang mencuri benih.

"Ang, mencuri benih itu dosanya terus tumbuh, saat benih itu tumbuh dan menghasilkan padi baru, dalam padi baru itu ada benih hasil curian, setelah jadi padi kemudian ia semai jadi benih maka akan tumbuh lagi dan terus membesar" Ujar Bapak kala itu.

"Sama seperti seseorang yang ingin jadi Pejabat, terus ia menyuap, maka gajih yang didapatnya akan terus ada dosa suap didalamnya" Tambahnya.

Saya jadi ingat adik-adik mahasiswa yang menjadi bagian dari kasus suap Universitas Lampung, sedih rasanya sebagai orang yang sangat senang dengan dunia pendidikan. Selain ada PR besar bagaimana membuat pendidikan semakin berkualitas, PR tentang pentingnya nilai-nilai kebaikan juga masih sangat begitu berat.

Sayangnya orang tua karena ingin anaknya lolos menjadi salah kaprah karena dibarengi dengan kegiatan suap, ini semata-mata sebetulnya bukan salah orang tua, tetapi sistem atau orang di Universitas yang memberikan kesempatan untuk melakukan suap.

Menuntut ilmu, kuliah, belajar adalah sebuah kebaikan yang begitu besar ganjarannya, sayang sekali jika dimulai dengan suap.

Begitupun menjadi Pegawai, jadi ASN, jadi Tentara, Jadi Polisi, Jadi apapun, jika suap mengawali, maka apa yang ia dapatkan kemudian yakinlah jika dosa suapnya akan terus mengalir.

Semoga Allah melindungi kita semua.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet



Mungkin anda tertarik menonton video tentang Websitenya Nyebelin Banget Punya Has Creative

Apa komentar anda tentang Tulisan Suap Ingin Lolos Jadi Mahasiswa, Ibarat Mencuri Benih?

Edukasi Lainnya
7 Alasan Kenapa Harus Ikut Tryout Sebelum Mengikuti CPNS ataupun SBMPTN
Rabu, 07 Juli 2021 18:56 WIB
7 Alasan Kenapa Harus Ikut Tryout Sebelum Mengikuti CPNS ataupun SBMPTN
Halo teman-teman semua, sebentar lagi akan ada rekrutmen CPNS lagi, atau yang ingin coba lagi SBMPTN tahun depan karena tahun ini belum kesampaian, ada baiknya kalian ikut yang namanya Tryout. Emang penting? menurut saya sangat penting, yuk simak 7 alasan kenapa Tryout itu penting.
Tiada Kecerdasan Tanpa Ambisi
Minggu, 21 Februari 2021 10:28 WIB
Tiada Kecerdasan Tanpa Ambisi
Sejak tahun 2003 hingga tahun 2007 menjadi bagian dari Daarut Tauhiid Bandung, ada satu hal yang selalu saya ingat, adalah bahwa tidak ada suatu hasil tanpa sebab tertentu, dan yang paling melekat adalah "Tiada Prestasi Tanpa Disiplin". Artinya, sangatlah mustahil jika prestasi dapat diraih tanpa disiplin, ada sebab dan akibat.
SD yang Hilang
Jum'at, 19 Februari 2021 06:35 WIB
SD yang Hilang
Namanya SDN 5 Babakan, seperti biasanya, disebagian wilayah, nama desa melekat pada nama SD. Ini menandakan bahwa SD saya terletak di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran. Letaknya sekitar 2 KM sebelum pintu masuk Pantai Pangandara
Cara Mudah Mendapatkan Judul Skripsi dan Tugas Akhir
Senin, 02 Maret 2020 08:02 WIB
Cara Mudah Mendapatkan Judul Skripsi dan Tugas Akhir
Tahun akhir bagi mahasiswa sarjana adalah masa-masa yang paling sulit, bagaimana tidak, selain rasa malas yang mulai bertambah, ada tugas besar yang menanti yaitu menyusun skripsi, lalu bagaimana caranya supaya mudah mendapatkan judul skripsi? berikut tipsnya dari saya.