Bisnis dan Wirausaha
Pentingnya Warna untuk Brand Sebuah Bisnis

Pentingnya Warna untuk Brand Sebuah Bisnis

Oleh | Kamis, 01 April 2021 06:52 WIB | 452 Views | Comments 2021-04-01 06:52:52

Jika anda di Bandung, untuk mengenali angkot adalah warna, selain dari nomor jurusan. Misalnya Margahayu-ledeng dengan warna biru, Caheum-ledeng dengan warna hijau bergaris hitam, Caheum Ciroyom Hijau bergaris merah, Angkot Ciwastra berwarna coklat. Pemilihan warna angkot ini bukan tidak ada maksud, tentu maksud utamanya adalah supaya mudah dikenali, mudah diliat dan tertanam diingatan penumpang angkot.

Pun begitu dalam branding didalam sebuah bisnis ataupun sebuah brand. Apa yang anda ingat tentang facebook? Biru bukan? apa yang and ingat tentang Shopee? Orange bukan? apa yang anda ingat tentang Tokopedia? hijau bukan?

Warna menjadi sangat penting supaya publik tau warna apa yang dominan dengan bisnis kita, boleh pakai beberapa warna, tetapi harus konsisten dengan warna itu, hingga titik dimana tanpa melihat tulisan, cukup dengan warna, orang sudah tau produk atau brand kita. Perusahaan-perusahaan besar juga sama, mereka sangat konsisten dengan "warna".

Warna memang pilihannya sedikit, walaupun dalam tabel warna saat ini jadi sangat banyak, tapi itu sangat mirip, bisa dibilang kita hanya punya 16 warna seperti warna spidol yang biasa kita beli, tetapi dibidang bisnis anda, bisa jadi warna itu tidak terpakai semua, atau didaerah anda tidak terpakai semua. Yang pasti, anda harus punya warna utama yang melekat pada brand anda.

Apa partai anda? juga akan berbicara warna, Partai politik juga butuh warna untuk branding partainya, dan itu konsisten sejak dulu, tidak gampang galau merubah warna misalnya Golkar menjadi orange, atau PDIP menjadi hijau. Karena konsistensi penggunaan warna adalah salah satu kunci menanamkan brand kita di khalayak.

Sudah punya warna? segeralah pilih warna jangan sampai orang lain mewarnai dirimu sesukanya :) 

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet





Apa komentar anda tentang Tulisan Pentingnya Warna untuk Brand Sebuah Bisnis?

Bisnis dan Wirausaha Lainnya
7 Langkah Sederhana dalam Online Reputation Management
Sabtu, 06 Maret 2021 07:54 WIB
7 Langkah Sederhana dalam Online Reputation Management
Citra yang baik, image yang baik berasal dari nama yang baik dan nama yang baik bersumber dari reputasi yang baik pula. Dalam dunia digital ada satu bagian penting yang tidak bisa dipisahkan yaitu Online Reputation Management, apa itu?
Promosi Lewat Asap
Kamis, 25 Februari 2021 20:19 WIB
Promosi Lewat Asap
​Pernah melihat rumah makan yang dengan sengaja membakar ayam atau ikannya didepan? Sebagian menganggap bahwa itu membuat pengunjung tidak nyaman, tapi tidak sedikit juga yang menganggap bahwa asap pembakaran itu penting secara bisnis, bahkan ada pelanggan justru yang suka.
Masih Pentingkah Beriklan di Videotron di Era Digital Marketing?
Jum'at, 19 Februari 2021 06:32 WIB
Masih Pentingkah Beriklan di Videotron di Era Digital Marketing?
​Ah Mas, buat apa iklan di pinggir jalan dengan video yang hanya sekian detik, mendingan iklan di Youtube, Facebook atau Instagram, ucap seorang teman.
Mahalnya Digital Marketing
Minggu, 14 Februari 2021 10:33 WIB
Mahalnya Digital Marketing
​Mas Adi, digital marketing itu murah, tidak perlu bayar, saya bisa melakukannya sendiri secara organik, optimasi website, optimasi sosial media dan hal-hal lain yang bisa meningkatkan upaya saya dalam proses marketing digital. Saya tanya balik? anda melakukannya sendiri seharian?
​CV dan Surat Lamaran Kerja, Salah Satu Kunci Untuk Diterima Kerja
Sabtu, 05 September 2020 08:52 WIB
​CV dan Surat Lamaran Kerja, Salah Satu Kunci Untuk Diterima Kerja
Dimasa pendemi sekarang ini, tidak sedikit orang yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), bahkan ada yang baru lulus malah bingung cari kerja. Banyak yang mencoba melamar kesana-kesini, banyak dokumen yang harus disiapkan, salah satunya adalah surat lamaran kerja.
Sulitnya Mencari Kerja Saat ini, Inikah Penyebabnya?
Minggu, 28 Juni 2020 19:43 WIB
Sulitnya Mencari Kerja Saat ini, Inikah Penyebabnya?
​Kenapa jaman bapak kita walaupun sulit tapi terasa tidak sesulit sekarang untuk mencari sesuap nasi? atau bahkan kakek nenek kita dulu yang masih bebas berkebun di tanah-tanah yang kosong untuk sekedar membuat dapur terus "ngebul"?