Bisnis dan Wirausaha
7 Langkah Sederhana dalam Online Reputation Management

7 Langkah Sederhana dalam Online Reputation Management

Oleh | Sabtu, 06 Maret 2021 07:54 WIB | 2.386 Views 2021-03-06 07:54:16

Citra yang baik, image yang baik berasal dari nama yang baik dan nama yang baik bersumber dari reputasi yang baik pula. Dalam dunia digital ada satu bagian penting yang tidak bisa dipisahkan yaitu Online Reputation Management, apa itu?

Online Reputation Management atau sering disingkat ORM adalah sebuah strategi atau manajemen reputasi di dunia online atau secara lebih sederhana adalah menjaga reputasi sebuah entitas baik perseorangan maupun kelompok, baik bisnis maupun non-profit dengan cara menjaga berita dan informasi baik yang berhubungan dengan entitas dan sebisa mungkin menghilangkan berita tidak baik yang menyangkut entitas dimaksud.

ORM sebenarnya bisa dilakukan oleh pribadi masing-masing, tentu akan lebih baik bila secara strategi dijalankan dengan konsisten dan berkesinambungan, apalagi mendapatkan banyak arahan dari orang-orang yang kompeten dibidang ORM. ORM menjadi sangat penting baik secara personal maupun bisnis untuk pengembangan bisnis dan juga karir. Banyak yang gagal mencapai satu tujuan bisnis maupun cita-cita pribadi gara-gara lupa menjaga nama baik di dunia digital atau bisa disebut gagal melakukan ORM.

Beberapa hal sederhana yang bisa anda lakukan dalam ORM ini antara lain:

  1. Selalu mengecek nama anda di Google.
    Ketiklah nama anda, jika nama anda unik tentu akan cepat muncul di Google, apalagi anda sering melakukan aktifitas digital, anda seorang publik figur atau anda seorang pemilik bisnis. Jangan malas untuk melihat halaman tiap halaman di google, bisa jadi ada berita negatif tentang anda di Page 8, yang bisa jadi naik ke halaman awal tanpa kita sadari. Lakukan segera langkah-langkah stategis untuk menghilangkan berita itu.
     
  2. Selalu mengecek nama anda di sosial media.
    Selain di Search Enggine, lakukan hal yang sama di sosial media, anda bisa menggunakan fasilitas search di Facebook atau di Twitter, apakah anda pernah menulis kata-kata kasar? atau justru nama anda di catut distatus orang? lakukan hal yang sama untuk take down status yang bersangkutan.
     
  3. Hindari perkataan buruk di sosial media
    Memerika berbagai status tentang anda di Sosial media memang penting, tapi tidak kalah pentingnya adalah untuk selalu mengontrol diri tidak menulis kata-kata buruk di sosial media. Banyak yang melamar kerja gagal karena SDM tempat melamar melakukan pengecekan profil anda disosial media. 
     
  4. Hindari perkataan buruk yang memungkinkan tersorot media
    Saat anda luring, atau diluar jaringan digital. Perkataan anda juga tetap harus dijaga, bisa jadi ada wartawan yang merekam pembicaraan anda dan menguploadnya ke Youtube, Tiktok, Instagram, Twitter, Facebook dan membuat anda pusing tujuh keliling karena tidak menyadari perkataan anda kasar dan tertangkap kamera netizen. 
     
  5. Hindari mengekspos emosi, kebencian dan hal buruk di sosial media.
    Saat anda emosi, jauhi sejenak sosial media, mungkin anda emosi yang sangat terhadap seseorang dan diposting di Instastory atau WA Status, padahal hanya beberapa detik saja, anda pikir tidak akan ada apa-apa, tetapi ingat, anda upload hanya 10 detik saja kemudian dihapus sangat mungkin ada yang mengcapture ditempat lain, apalagi anda memiliki pengagum rahasia :).
     
  6. Lakukan banyak hal baik di Dunia Digital
    Melakukan hal yang baik adalah cara yang paling efektif selain langkah-langkah preventif diatas, dengan banyak melakukan hal yang baik maka akan semakin banyak orang yang mengabarkan kebaikan anda di digital, ini menambah reputasi anda, walaupun, walaupun nih yah walaupun...mengabarkan berita buruk tentang anda itu akan lebih baik untuk netizen. Orang bilang, Bad news is Good News. (sedih)
     
  7. Konsisten melakukan evaluasi dan memperbaiki strategi.
    Selalu konsisten kelangkah-langkah yang memang harus dilakukan, buatlah strategi yang jitu untuk selalu dapat menjaga reputasi anda di online itu tetap baik.
ORM memang sebuah langkah yang baik untuk lebih membuat citra yang baik di dunia digital, tetapi langkah terbaik untuk suksesnya sebuah ORM adalah pribadi yang baik, Bisnis yang baik, Lembaga yang baik. Walaupun ada saja nantinya yang tidak suka terhadap entitas itu, tetapi informasi yang baik akan lebih banyak bertebaran mengalahkan informasi-informasi yang buruk. Semoga bermanfaat.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Bisnis dan Wirausaha Lainnya
DELEGASI, Kunci Bisnis Berkembang dan Membesar
Kamis, 28 Maret 2024 05:48 WIB
DELEGASI, Kunci Bisnis Berkembang dan Membesar
Kadang, Tidak Terlalu Canggih Dalam Bisnis itu Perlu
Sabtu, 04 Desember 2021 10:15 WIB
Kadang, Tidak Terlalu Canggih Dalam Bisnis itu Perlu
Menggeser Brand Image, Gampang-Gampang Susah
Minggu, 19 September 2021 18:02 WIB
Menggeser Brand Image, Gampang-Gampang Susah