Bisnis dan Wirausaha
Promosi Lewat Asap

Promosi Lewat Asap

Oleh | Kamis, 25 Februari 2021 20:19 WIB | 609 Views 2021-02-25 20:19:09

Pernah melihat rumah makan yang dengan sengaja membakar ayam atau ikannya didepan? Sebagian menganggap bahwa itu membuat pengunjung tidak nyaman, tapi tidak sedikit juga yang menganggap bahwa asap pembakaran itu penting secara bisnis, bahkan ada pelanggan justru yang suka.

Asap memang kadang membuat mata perih, tetapi asap ini pula yang membawa semerbak harum sebuah masakan. Terkadang asap juga menjadi "alat promosi", kok bisa? Ya, tidak sedikit orang yang lewat dihari-hari berikutnya datang karena mencium harumnya pembakaran ikan atau ayam, semerbak harum hingga membayangkan ikan atau ayam yang telah makan dibakar.

Penjual sate madura, sangat jarang yang membakarnya didapur, selain memang butuh sirkulasi udara yang baik didapur, membakar sate didepan juga membuat nuansa tersendiri, lebih greget dan juga memang berasa sedang makan sate.

Berdagang dengan pembakaran diluar yang menghadirkan asap sebenarnya hanya contoh saja dari sebuah strategi yang menunjukan "dapur" sebagai nilai tambah atau justru penarik utama. Kita bisa liat belakangan banyak sekali Kedai Kopi yang menyajikan kopi justru harus benar-benar terlihat oleh calon penikmat kopi, mulai dari mengeringkan, digiling hingga dituangkannya air oleh barista. Bukankah proses ini bisa dilakukan didapur? Pelanggan cukup memesan, kopi datang kemudian, tak tau prosesnya seperti apa.

Beberapa iklan di televisi juga melakukan hal yang sama, kita bisa melihat bagaimana sebuah obat tolak angin diperlihatkan bagaimana pengemesannya. Bagaimana jeruk dipetik hingga diolah menjadi sebuah minuman dan banyak lagi. Dapurnya ditampilkan, walaupun saya meyakini ada bagian penting yang tidak perlihatkan, bisa jadi sangat rahasia.

Tetapi, itulah bisnis. Terkadang kita harus memperlihatkan dapur, jika memang membuka isi dapur justru membuat bisnis semakin moncer, terkadang pula kita menutup dapur rapat-rapat yang justru orang semakin penasaran dengan apa yang terjadi dibelakang layar hingga produk dan layanan disajikan dengan nikmat, enak dan memuaskan.

Tidak selamanya asap membuat mata perih dan membuat pelanggan pergi, tapi ternyata asap kadang menjadi senjata yang bisa dimanfaatkan.

Hayo, siapa yang suka beli ikan bakar dan nungguin proses pembakarannya sambil menikmati harum khas asapnya? 

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet





Apa komentar anda tentang Tulisan Promosi Lewat Asap?

Bisnis dan Wirausaha Lainnya
Masih Pentingkah Beriklan di Videotron di Era Digital Marketing?
Jum'at, 19 Februari 2021 06:32 WIB
Masih Pentingkah Beriklan di Videotron di Era Digital Marketing?
​Ah Mas, buat apa iklan di pinggir jalan dengan video yang hanya sekian detik, mendingan iklan di Youtube, Facebook atau Instagram, ucap seorang teman.
Mahalnya Digital Marketing
Minggu, 14 Februari 2021 10:33 WIB
Mahalnya Digital Marketing
​Mas Adi, digital marketing itu murah, tidak perlu bayar, saya bisa melakukannya sendiri secara organik, optimasi website, optimasi sosial media dan hal-hal lain yang bisa meningkatkan upaya saya dalam proses marketing digital. Saya tanya balik? anda melakukannya sendiri seharian?
​CV dan Surat Lamaran Kerja, Salah Satu Kunci Untuk Diterima Kerja
Sabtu, 05 September 2020 08:52 WIB
​CV dan Surat Lamaran Kerja, Salah Satu Kunci Untuk Diterima Kerja
Dimasa pendemi sekarang ini, tidak sedikit orang yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), bahkan ada yang baru lulus malah bingung cari kerja. Banyak yang mencoba melamar kesana-kesini, banyak dokumen yang harus disiapkan, salah satunya adalah surat lamaran kerja.
Sulitnya Mencari Kerja Saat ini, Inikah Penyebabnya?
Minggu, 28 Juni 2020 19:43 WIB
Sulitnya Mencari Kerja Saat ini, Inikah Penyebabnya?
​Kenapa jaman bapak kita walaupun sulit tapi terasa tidak sesulit sekarang untuk mencari sesuap nasi? atau bahkan kakek nenek kita dulu yang masih bebas berkebun di tanah-tanah yang kosong untuk sekedar membuat dapur terus "ngebul"?
Akankah Ada Unicorn yang Tumbang 5 Tahun Mendatang?
Sabtu, 12 Oktober 2019 06:15 WIB
Akankah Ada Unicorn yang Tumbang 5 Tahun Mendatang?
Saya menemukan tulisan yang menarik di Facebook yang ditulis oleh Erick Wahyudi, Analis Ekonomi. Sayang jika tidak saya catat dan save di blog saya. Nasab tulisan ini dishare oleh Mas Aditya Nugroho hingga sampai ke Erick Wahyudi tentang bagaimana sudut pandang terhadap prilaku investor akhir-akhir ini.
Mewawancara Calon Programmer, Berikut Contoh-Contoh Pertanyaannya
Jum'at, 14 Desember 2018 06:24 WIB
Mewawancara Calon Programmer, Berikut Contoh-Contoh Pertanyaannya
Menurut saya, mewawancara calon programmer gampang-gampang susah. Hal ini disebabkan karena programming adalah pekerjaan yang kompleks dan membutuhkan pemilikiran yang tajam. Untuk mewawancara calon Programmer, menurut saya seharusnya tidak menanyakan hal yang terlalu teknis.