Bisnis dan Wirausaha
Mahalnya Digital Marketing

Mahalnya Digital Marketing

Oleh | Minggu, 14 Februari 2021 10:33 WIB | 282 Views | Comments 2021-02-14 10:33:05

Mas Adi, digital marketing itu murah, tidak perlu bayar, saya bisa melakukannya sendiri secara organik, optimasi website, optimasi sosial media dan hal-hal lain yang bisa meningkatkan upaya saya dalam proses marketing digital. Saya tanya balik? anda melakukannya sendiri seharian? Ya, jawabnya. Saya bilang, tenaga anda, waktu anda. pikiran anda itu mahal. Maka digital marketing yang anda lakukan Mahal.

Banyak yang menganggap digital marketing itu mudah dan murah. Digital marketing butuh proses yang tidak sederhana seperti memulai memilih fokus, memilih target, memilih stategi hingga mengeksekusi. Nyatanya, untuk belajarnya saja kita membutuhkan waktu yang banyak yang begitu berharga, apalagi untuk anda yang rela membayar jutaan rupiah untuk pelatihan.
Sedemikian mahalnya digital marketing tentu harus kembali dalam bentuk revenue, baik itu yang jualan barang fisik, barang digital hingga services.

Digital marketing juga tidak hanya bicara tentang "Organik", Digital marketing juga bicara juga "Paid". Paid berarti harus ada budget yang dianggarkan.

Digital marketing juga bukan langkah yang instant, semuanya butuh proses, percobaan satu strategi ke strategi lain mutlak harus dilakukan. Percobaan itu bisa mencoba berbagai target usia, tempat, interes, konten hingga budget yang dikeluarkan.

Seorang teman yang jualan buku beriklan 2jt perhari, Return yang didapatkan tentu tidak hari itu juga, butuh 2jt x 7 hari untuk benar-benar melihat apakah return yang didapatkan menghasilkan profit? atau justru lebih besar pasak daripada tiang?

Digital marketing memang mahal, tapi anda harus memulainya sekarang bila belum. Pilih organik atau paid? dua-duanya penting, coba dulu dari yang paling murah. Semakin banyak mencoba, anda semakin memahami pola. Jangan lupa untuk terus belajar.

Ingat, Machine aja Learning, masa kamu diam saja 🙁
Adi Sumaryadi

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet





Apa komentar anda tentang Tulisan Mahalnya Digital Marketing?

Bisnis dan Wirausaha Lainnya
​CV dan Surat Lamaran Kerja, Salah Satu Kunci Untuk Diterima Kerja
Sabtu, 05 September 2020 08:52 WIB
​CV dan Surat Lamaran Kerja, Salah Satu Kunci Untuk Diterima Kerja
Dimasa pendemi sekarang ini, tidak sedikit orang yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), bahkan ada yang baru lulus malah bingung cari kerja. Banyak yang mencoba melamar kesana-kesini, banyak dokumen yang harus disiapkan, salah satunya adalah surat lamaran kerja.
Sulitnya Mencari Kerja Saat ini, Inikah Penyebabnya?
Minggu, 28 Juni 2020 19:43 WIB
Sulitnya Mencari Kerja Saat ini, Inikah Penyebabnya?
​Kenapa jaman bapak kita walaupun sulit tapi terasa tidak sesulit sekarang untuk mencari sesuap nasi? atau bahkan kakek nenek kita dulu yang masih bebas berkebun di tanah-tanah yang kosong untuk sekedar membuat dapur terus "ngebul"?
Akankah Ada Unicorn yang Tumbang 5 Tahun Mendatang?
Sabtu, 12 Oktober 2019 06:15 WIB
Akankah Ada Unicorn yang Tumbang 5 Tahun Mendatang?
Saya menemukan tulisan yang menarik di Facebook yang ditulis oleh Erick Wahyudi, Analis Ekonomi. Sayang jika tidak saya catat dan save di blog saya. Nasab tulisan ini dishare oleh Mas Aditya Nugroho hingga sampai ke Erick Wahyudi tentang bagaimana sudut pandang terhadap prilaku investor akhir-akhir ini.
Mewawancara Calon Programmer, Berikut Contoh-Contoh Pertanyaannya
Jum'at, 14 Desember 2018 06:24 WIB
Mewawancara Calon Programmer, Berikut Contoh-Contoh Pertanyaannya
Menurut saya, mewawancara calon programmer gampang-gampang susah. Hal ini disebabkan karena programming adalah pekerjaan yang kompleks dan membutuhkan pemilikiran yang tajam. Untuk mewawancara calon Programmer, menurut saya seharusnya tidak menanyakan hal yang terlalu teknis.
Berbagai Jenis Bisnis Memanfaatkan Instagram Untuk Mendapatkan Uang
Senin, 25 Juni 2018 10:04 WIB
Berbagai Jenis Bisnis Memanfaatkan Instagram Untuk Mendapatkan Uang
Tidak harus membayar hosting yang semakin lama semakin membengkak, bahkan tidak harus membeli sebuah domain yang harus diperpanjang setiap tahun untuk membuat portal berita atau portal lainnya, mereka hanya bermodal membuat akun Instagram. Apa saja bisnis yang memanfaatkan Instagram?
Anda Merasa Jago Komputer dan IT? Anda Akan Kalah Oleh Orang Ini
Senin, 15 Januari 2018 22:48 WIB
Anda Merasa Jago Komputer dan IT? Anda Akan Kalah Oleh Orang Ini
Anda merasa jago programming, security atau hal-hal lain yang berhubungan dengan IT? dan anda merasa bahwa kemampuan anda adalah yang bisa mempengaruhi banyak orang? sepertinya pikiran kita yang selama ini salah, orang IT bukanlah orang yang se-powerfull kita bayangkan, jika dilihat dari tinggi rendahnya jabatan, maka anda akan kalah oleh orang ini.