Bisnis dan Wirausaha
​CV dan Surat Lamaran Kerja, Salah Satu Kunci Untuk Diterima Kerja

​CV dan Surat Lamaran Kerja, Salah Satu Kunci Untuk Diterima Kerja

Oleh | Sabtu, 05 September 2020 08:52 WIB | 876 Views | Comments 2020-09-05 08:52:53

Dimasa pendemi sekarang ini, tidak sedikit orang yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), bahkan ada yang baru lulus malah bingung cari kerja. Banyak yang mencoba melamar kesana-kesini, banyak dokumen yang harus disiapkan, salah satunya adalah surat lamaran kerja.

Curiculum Vitae atau kita mengenalnya dengan istilah CV salah satu menjadi kunci untuk bisa diterima kerja. Selain memang keahlian kita harus mumpuni, penampilan dan bentuk CV yang kita buat juga mempengaruhi, banyak yang menganggap ini sesuatu yang tidak penting. Padahal, prefensi CV yang dibuat sangat mencerminkan pribadi anda. Jika harus memilih, sebagai pemberi kerja misalkan, jika ada dua orang memiliki kualifikasi yang sama dan yang satu dokumen CV-nya bagus, maka saya akan memilih yang tampilan CVnya bagus. Oleh karena itu, anda bisa berkreasi untuk membuat CV sebagus mungkin. Ada bisa mencari Contoh CV Lamaran Kerja di internet, anda bisa menyusunnya dengan rapih, bagus dan benar-benar mencerminkan diri anda.
 
Selain Curiculum vitae, satu hal yang harus anda siapkan kembali sebagai kunci sukses melamar sebuah pekerjaan adalah surat lamarannya itu sendiri. Ingat, surat lamaran itu berbeda dengan CV. Biasanya surat lamaran adalah surat yang menjadi pembuka anda untuk melamar sebuah pekerjaan. Anda harus menggunakan Bahasa yang baik dan sopan dan selalu diawali dengan salam atau ucapan pembuka, jangan lupa untuk menyampaikan posisi mana yang anda lamar. Jika anda baru pertama kali membuat sebuah surat lamaran kerja, atau anda mau mencari inspirasi baru bagaimana sebuah surat lamaran kerja, anda bisa mencari Contoh Surat Lamaran Kerja di Internet.

Mudahnya dunia digital yang ada saat ini, anda bisa dengan mudah membuat surat lamaran dan CV dari contoh-contoh yang ada, tapi pastikan jangan sampai salah isi data yang menyebabkan kesalahan fatal, bagaimanapun, CV dan surat lamaran anda adalah hal pertama yang akan dilihat oleh HRD dimana anda melamar kerja.

Setelah semua dokumen siap, jangan lupa untuk mempersiapkan diri anda bila ada panggilan kerja, siapkan semua hal yang berhubungan dengan keterampilan anda sesuai dengan posisi yang dilamar, luaskan pengetahuan yang masih berhubungan dengan dunia anda, dan yang pasti setelah kita melamar sebuah pekerjaan, kita harus siapkan mental menghadapi interview, kita harus siapkan fisik pula jangan sampai lesu bahkan sakit. Tunjukan diri anda bahwa anda memang pantas untuk menduduki posisi yang anda lamar.

Jadi  banyak juga yang harus disiapkan dan menjadi kunci suksesnya melamar kerja. Tapi, jangan patah semangat yah untuk anda yang saat ini sedang mencari lowongan kerja, melamar sebuah pekerjaan, menunggu interview dan menunggu keputusan. Semangaat.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet





Apa komentar anda tentang Tulisan ​CV dan Surat Lamaran Kerja, Salah Satu Kunci Untuk Diterima Kerja?

Bisnis dan Wirausaha Lainnya
Sulitnya Mencari Kerja Saat ini, Inikah Penyebabnya?
Minggu, 28 Juni 2020 19:43 WIB
Sulitnya Mencari Kerja Saat ini, Inikah Penyebabnya?
​Kenapa jaman bapak kita walaupun sulit tapi terasa tidak sesulit sekarang untuk mencari sesuap nasi? atau bahkan kakek nenek kita dulu yang masih bebas berkebun di tanah-tanah yang kosong untuk sekedar membuat dapur terus "ngebul"?
Akankah Ada Unicorn yang Tumbang 5 Tahun Mendatang?
Sabtu, 12 Oktober 2019 06:15 WIB
Akankah Ada Unicorn yang Tumbang 5 Tahun Mendatang?
Saya menemukan tulisan yang menarik di Facebook yang ditulis oleh Erick Wahyudi, Analis Ekonomi. Sayang jika tidak saya catat dan save di blog saya. Nasab tulisan ini dishare oleh Mas Aditya Nugroho hingga sampai ke Erick Wahyudi tentang bagaimana sudut pandang terhadap prilaku investor akhir-akhir ini.
Mewawancara Calon Programmer, Berikut Contoh-Contoh Pertanyaannya
Jum'at, 14 Desember 2018 06:24 WIB
Mewawancara Calon Programmer, Berikut Contoh-Contoh Pertanyaannya
Menurut saya, mewawancara calon programmer gampang-gampang susah. Hal ini disebabkan karena programming adalah pekerjaan yang kompleks dan membutuhkan pemilikiran yang tajam. Untuk mewawancara calon Programmer, menurut saya seharusnya tidak menanyakan hal yang terlalu teknis.
Berbagai Jenis Bisnis Memanfaatkan Instagram Untuk Mendapatkan Uang
Senin, 25 Juni 2018 10:04 WIB
Berbagai Jenis Bisnis Memanfaatkan Instagram Untuk Mendapatkan Uang
Tidak harus membayar hosting yang semakin lama semakin membengkak, bahkan tidak harus membeli sebuah domain yang harus diperpanjang setiap tahun untuk membuat portal berita atau portal lainnya, mereka hanya bermodal membuat akun Instagram. Apa saja bisnis yang memanfaatkan Instagram?
Anda Merasa Jago Komputer dan IT? Anda Akan Kalah Oleh Orang Ini
Senin, 15 Januari 2018 22:48 WIB
Anda Merasa Jago Komputer dan IT? Anda Akan Kalah Oleh Orang Ini
Anda merasa jago programming, security atau hal-hal lain yang berhubungan dengan IT? dan anda merasa bahwa kemampuan anda adalah yang bisa mempengaruhi banyak orang? sepertinya pikiran kita yang selama ini salah, orang IT bukanlah orang yang se-powerfull kita bayangkan, jika dilihat dari tinggi rendahnya jabatan, maka anda akan kalah oleh orang ini.
Dokter Yudhis The Graph, Mereka yang Kaya dari Facebook
Rabu, 10 Januari 2018 17:55 WIB
Dokter Yudhis The Graph, Mereka yang Kaya dari Facebook
Sebenarnya saya kurang suka menggunakan kata kaya dalam tulisan ini, tetapi karena sebagian dari kita menyukai kata Kaya untuk memotifasi diri akhirnya saya pilih kata Kaya dari Facebook. Kata kaya memang identik sekali dengan uang, namun menurut saya yang terpenting bukan uangnya tetapi manfaatnya, seperti yang kaya dari facebook, Dokter Yudhis.