Bisnis dan Wirausaha
​CV dan Surat Lamaran Kerja, Salah Satu Kunci Untuk Diterima Kerja

​CV dan Surat Lamaran Kerja, Salah Satu Kunci Untuk Diterima Kerja

Oleh | Sabtu, 05 September 2020 08:52 WIB | 2.698 Views 2020-09-05 08:52:53

Dimasa pendemi sekarang ini, tidak sedikit orang yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), bahkan ada yang baru lulus malah bingung cari kerja. Banyak yang mencoba melamar kesana-kesini, banyak dokumen yang harus disiapkan, salah satunya adalah surat lamaran kerja.

Curiculum Vitae atau kita mengenalnya dengan istilah CV salah satu menjadi kunci untuk bisa diterima kerja. Selain memang keahlian kita harus mumpuni, penampilan dan bentuk CV yang kita buat juga mempengaruhi, banyak yang menganggap ini sesuatu yang tidak penting. Padahal, prefensi CV yang dibuat sangat mencerminkan pribadi anda. Jika harus memilih, sebagai pemberi kerja misalkan, jika ada dua orang memiliki kualifikasi yang sama dan yang satu dokumen CV-nya bagus, maka saya akan memilih yang tampilan CVnya bagus. Oleh karena itu, anda bisa berkreasi untuk membuat CV sebagus mungkin. Ada bisa mencari Contoh CV Lamaran Kerja di internet, anda bisa menyusunnya dengan rapih, bagus dan benar-benar mencerminkan diri anda.
 
Selain Curiculum vitae, satu hal yang harus anda siapkan kembali sebagai kunci sukses melamar sebuah pekerjaan adalah surat lamarannya itu sendiri. Ingat, surat lamaran itu berbeda dengan CV. Biasanya surat lamaran adalah surat yang menjadi pembuka anda untuk melamar sebuah pekerjaan. Anda harus menggunakan Bahasa yang baik dan sopan dan selalu diawali dengan salam atau ucapan pembuka, jangan lupa untuk menyampaikan posisi mana yang anda lamar. Jika anda baru pertama kali membuat sebuah surat lamaran kerja, atau anda mau mencari inspirasi baru bagaimana sebuah surat lamaran kerja, anda bisa mencari Contoh Surat Lamaran Kerja di Internet.

Mudahnya dunia digital yang ada saat ini, anda bisa dengan mudah membuat surat lamaran dan CV dari contoh-contoh yang ada, tapi pastikan jangan sampai salah isi data yang menyebabkan kesalahan fatal, bagaimanapun, CV dan surat lamaran anda adalah hal pertama yang akan dilihat oleh HRD dimana anda melamar kerja.

Setelah semua dokumen siap, jangan lupa untuk mempersiapkan diri anda bila ada panggilan kerja, siapkan semua hal yang berhubungan dengan keterampilan anda sesuai dengan posisi yang dilamar, luaskan pengetahuan yang masih berhubungan dengan dunia anda, dan yang pasti setelah kita melamar sebuah pekerjaan, kita harus siapkan mental menghadapi interview, kita harus siapkan fisik pula jangan sampai lesu bahkan sakit. Tunjukan diri anda bahwa anda memang pantas untuk menduduki posisi yang anda lamar.

Jadi  banyak juga yang harus disiapkan dan menjadi kunci suksesnya melamar kerja. Tapi, jangan patah semangat yah untuk anda yang saat ini sedang mencari lowongan kerja, melamar sebuah pekerjaan, menunggu interview dan menunggu keputusan. Semangaat.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Bisnis dan Wirausaha Lainnya
DELEGASI, Kunci Bisnis Berkembang dan Membesar
Kamis, 28 Maret 2024 05:48 WIB
DELEGASI, Kunci Bisnis Berkembang dan Membesar
Kadang, Tidak Terlalu Canggih Dalam Bisnis itu Perlu
Sabtu, 04 Desember 2021 10:15 WIB
Kadang, Tidak Terlalu Canggih Dalam Bisnis itu Perlu
Menggeser Brand Image, Gampang-Gampang Susah
Minggu, 19 September 2021 18:02 WIB
Menggeser Brand Image, Gampang-Gampang Susah