Bisnis dan Wirausaha
Sulitnya Mencari Kerja Saat ini, Inikah Penyebabnya?

Sulitnya Mencari Kerja Saat ini, Inikah Penyebabnya?

Oleh | Minggu, 28 Juni 2020 19:43 WIB | 303 Views | Comments 2020-06-28 19:43:02

Kenapa jaman bapak kita walaupun sulit tapi terasa tidak sesulit sekarang untuk mencari sesuap nasi? atau bahkan kakek nenek kita dulu yang masih bebas berkebun di tanah-tanah yang kosong untuk sekedar membuat dapur terus "ngebul"?

Disadari atau tidak, untuk hidup di muka bumi ini nyatanya semakin berat. Coba lihat gambar yang saya sisipkan pada postingan ini. Penduduk bumi terus bertambah setidaknya 500 juta hingga 1 Milyar manusia setiap sepuluh tahun, angka ini naik secara eksponensial sejak awal abad ke 20, atau awal tahun 1900-an.

Jika Bapak kita hidup membesarkan kita direntang tahun 1980 hingga 2000, maka Bapak kita bersaing dengan setidaknya 4-5 milyar orang. Apakah teman-teman tahu dengan berapa orang sekarang kita bersaing? Dengan 7 Milyar orang saat ini, angka ini saya abaikan manusia yang sedang dalam usia produktif, tetapi memang 7 milyar orang itu sama-sama butuh makan. Bisa dibayangkan bagaimana anak kita kelak? Bagaimana cucu kita kelak? dengan berapa orang mereka akan bersaing? bisakah mereka berkekupan ditengah persaingan yang begitu berat? atau untuk bertahan hiduppun susah?



Saya mendengar, China, salah-satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak saat ini, tidak lagi memikirkan pembangunan setahun dua tahun, mereka memikirkan 50-100 tahun kedepan. Maka jangan aneh, strategi China dalam "ekspansi" ke negara-negara lain dengan kekuatan ekonominya adalah supaya rakyat mereka punya tempat untuk hidup, punya pekerjaan untuk makan dan punya penghasilan untuk hidup lebih baik.

Persaingan semakin terasa berat dengan adanya Covid-19 di tahun ini. Berkaca dari cerita seorang teman yang membuka lowongan pekerjaan hanya untuk 1-2 posisi saja, yang melamar hingga ratusan, mereka berpendidikan cukup, punya rekam jejak yang bagus pula, tapi mereka harus kehilangan pekerjaan mereka di rentan Februari hingga April 2020. Bisa jadi karena Covid.

Saat ini semua orang bisa jadi bukan berlomba untuk kaya, tetapi berlomba untuk bisa bertahan hidup. Ladang-ladang dan kebun-kebun yang luas tak lagi tersedia karena berubah jadi perumahan, maklum saja, jumlah penduduk semakin meningkat. 

Kita, yang hidup di tahun ini selain harus bertarung dalam persaingan dengan 7 Milyar orang lebih secara bersamaan harus memikirkan bagaimana anak-anak kita kelak yang mungkin akan berkompetisi dengan 9 Milyar orang di tahun 2030. 

Pilihannya terbaik saat ini adalah bukan hanya untuk bertahan hidup, sudah seharusnya kita mengupgrade kemampuan kita. Banyak sekali kelas daring gratis yang tersedia, akses ke ilmu pengetahuan semakin mudah. Jangan bosan untuk belajar, jangan bosan untuk membangun relasi dan jangan bosan untuk terus produktif, bermanfaat dan berbagi.

Beruntunglah saat ini buat teman-teman yang masih bekerja, berikan yang terbaik, InsyaAllah feedbacknya akan kembali kepada kita. Bila teman-teman adalah Karyawan, lakukan yang terbaik untuk tempat anda bekerja, jika anda adalah wirausahawan lakukan terus usaha terbaiknya, bila anda ASN lakukan yang terbaiklah untuk negara dan lembaga teman-teman.

Siapa yang bisa bersaing dengan 7 Milyar orang hari ini, InsyaAllah di persaingan 9 Milyar orang pada sepuluh tahun mendatang kita akan lebih siap dan bahagia. InsyaAllah.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet





Apa komentar anda tentang Tulisan Sulitnya Mencari Kerja Saat ini, Inikah Penyebabnya??

Bisnis dan Wirausaha Lainnya
Akankah Ada Unicorn yang Tumbang 5 Tahun Mendatang?
Sabtu, 12 Oktober 2019 06:15 WIB
Akankah Ada Unicorn yang Tumbang 5 Tahun Mendatang?
Saya menemukan tulisan yang menarik di Facebook yang ditulis oleh Erick Wahyudi, Analis Ekonomi. Sayang jika tidak saya catat dan save di blog saya. Nasab tulisan ini dishare oleh Mas Aditya Nugroho hingga sampai ke Erick Wahyudi tentang bagaimana sudut pandang terhadap prilaku investor akhir-akhir ini.
Mewawancara Calon Programmer, Berikut Contoh-Contoh Pertanyaannya
Jum'at, 14 Desember 2018 06:24 WIB
Mewawancara Calon Programmer, Berikut Contoh-Contoh Pertanyaannya
Menurut saya, mewawancara calon programmer gampang-gampang susah. Hal ini disebabkan karena programming adalah pekerjaan yang kompleks dan membutuhkan pemilikiran yang tajam. Untuk mewawancara calon Programmer, menurut saya seharusnya tidak menanyakan hal yang terlalu teknis.
Berbagai Jenis Bisnis Memanfaatkan Instagram Untuk Mendapatkan Uang
Senin, 25 Juni 2018 10:04 WIB
Berbagai Jenis Bisnis Memanfaatkan Instagram Untuk Mendapatkan Uang
Tidak harus membayar hosting yang semakin lama semakin membengkak, bahkan tidak harus membeli sebuah domain yang harus diperpanjang setiap tahun untuk membuat portal berita atau portal lainnya, mereka hanya bermodal membuat akun Instagram. Apa saja bisnis yang memanfaatkan Instagram?
Anda Merasa Jago Komputer dan IT? Anda Akan Kalah Oleh Orang Ini
Senin, 15 Januari 2018 22:48 WIB
Anda Merasa Jago Komputer dan IT? Anda Akan Kalah Oleh Orang Ini
Anda merasa jago programming, security atau hal-hal lain yang berhubungan dengan IT? dan anda merasa bahwa kemampuan anda adalah yang bisa mempengaruhi banyak orang? sepertinya pikiran kita yang selama ini salah, orang IT bukanlah orang yang se-powerfull kita bayangkan, jika dilihat dari tinggi rendahnya jabatan, maka anda akan kalah oleh orang ini.
Dokter Yudhis The Graph, Mereka yang Kaya dari Facebook
Rabu, 10 Januari 2018 17:55 WIB
Dokter Yudhis The Graph, Mereka yang Kaya dari Facebook
Sebenarnya saya kurang suka menggunakan kata kaya dalam tulisan ini, tetapi karena sebagian dari kita menyukai kata Kaya untuk memotifasi diri akhirnya saya pilih kata Kaya dari Facebook. Kata kaya memang identik sekali dengan uang, namun menurut saya yang terpenting bukan uangnya tetapi manfaatnya, seperti yang kaya dari facebook, Dokter Yudhis.
Beriklan di Koran Vs Facebook, Case Memasang Iklan Lowongan Kerja
Selasa, 05 Desember 2017 13:01 WIB
Beriklan di Koran Vs Facebook, Case Memasang Iklan Lowongan Kerja
Beberapa waktu yang lalu tim saya memasang iklan tentang lowongan pekerjaan di beberapa tempat, 2 buah dipasang sebagai banner di 2 Koran yang berbeda dan satu lagi posting beberapa group di Facebook. Bagaimana Hasilnya?