Bisnis dan Wirausaha
Dokter Yudhis The Graph, Mereka yang Kaya dari Facebook

Dokter Yudhis The Graph, Mereka yang Kaya dari Facebook

Oleh | Rabu, 10 Januari 2018 17:55 WIB | 5.807 Views 2018-01-10 17:55:16

Sebenarnya saya kurang suka menggunakan kata kaya dalam tulisan ini, tetapi karena sebagian dari kita menyukai kata Kaya untuk memotifasi diri akhirnya saya pilih kata Kaya dari Facebook. Kata kaya memang identik sekali dengan uang, namun menurut saya yang terpenting bukan uangnya tetapi manfaatnya, seperti yang kaya dari facebook, Dokter Yudhis.

Nama lengkapnya adalah Yudhis Adi Nugroho, saya sendiri belum pernah bertemu dan bertatap muka langsung, sesekali dengar kisahnya dari teman-teman saya yang kebetulan kenal dengan Dokter Yudhis. Dokter Yudhis adalah developer yang membangun aplikasi The Graph, mungkin anda juga salah satu penggunanya. The Graph adalah aplikasi yang benar-benar memanfaatkan facebook, dengan kata lain tanpa facebook the graph tidak akan ada atau secara teknis the graph tidak akan berfungsi bila koneksi ke facebook terputus. The Graph adalah fitur yang memudahkan anda untuk mencari jutaan data di Facebook.

Sebenarnya, anda bisa melakukannya manual, yaitu dengan cara mengetikan kombinasi kata di kotak pencarian Facebook, misalnya mencari orang yang tinggal di bandung maka anda cukup mengetik "People who live in bandung", syaratnya adalah facebook anda sudah diset menggunakan bahasa Inggris. Banyak sekali kombinasi kata yang bisa anda gunakan untuk menyelami lebih dalam data yang ada di facebook, aplikasi The Graph-lah yang mengakomodasi dan memberikan kemudahan untuk anda melakukannya.

Aplikasi the Graph
Salah satu promo dari aplikasi the Graph

Aplikasi the Graph sangat diperlukan oleh mereka yang berkecimpung dalam bidang internet marketing, jualan online dan mereka yang membutuhkan banyak data dari Facebook. Pasar yang sangat potensial dan loyal menurut saya, buat segmen ini, saya pikir banyak orang yang berani untuk investasi membeli aplikasi ini, selain mudah karena berbasis ekstensi atau addons di Browser, The Graph selalu hadir dengan model penjualan yang unik dan terbatas, hal ini yang saya liat membuat the graph banyak membuat orang penasaran. 

Bila klaim yang diwebsite adalah benar, hitungan saya, dengan harga jual Rp. 500.000 dan sudah digunakan oleh 13.500 pengguna maka saat ini Dokter Yudhis sudah mendapatkan laba kotor sebesar 6,75 Milyar rupiah, angka fantastis tentunya. Kalaupun dibuat dengan hitungan pesimis, semisal dikurangi biaya marketing dan komisi afiliasi yang sering digunakan oleh The graph sehingga menghasilkan angka 250.000 maka Dokter Yudhis sudah meraup penghasilan 3 Milyar lebih. 

Namun tentu perjalanan sampai sukses memasarkan the Graph tidak semudah yang dibayangkan, saya yakin sempat berdarah-darah hingga sesukses sekarang, karena umumnya tidak ada yang mudah untuk mencapai sebuah kesuksesn, namun cerita Dokter Yudhis dan The Graph-nya semoga menjadi insprasi untuk kita semua.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Bisnis dan Wirausaha Lainnya
DELEGASI, Kunci Bisnis Berkembang dan Membesar
Kamis, 28 Maret 2024 05:48 WIB
DELEGASI, Kunci Bisnis Berkembang dan Membesar
Kadang, Tidak Terlalu Canggih Dalam Bisnis itu Perlu
Sabtu, 04 Desember 2021 10:15 WIB
Kadang, Tidak Terlalu Canggih Dalam Bisnis itu Perlu
Menggeser Brand Image, Gampang-Gampang Susah
Minggu, 19 September 2021 18:02 WIB
Menggeser Brand Image, Gampang-Gampang Susah