Teknologi Informasi
Pembelian Tokel Listrik Berbasis Potong Pulsa SMS, Bagaimana Rancangan Sistemnya?

Pembelian Tokel Listrik Berbasis Potong Pulsa SMS, Bagaimana Rancangan Sistemnya?

Senin, 10 April 2017 06:19 WIB | 8.393 Views 2017-04-10 06:19:48
Pertanyaan

Saya tertarik dengan judul skripsi yang anda infokan, yang topiknya Perancangan dan Implementasi Sistem Pembelian Token Listrik Menggunakan Pulsa SMS.Namun saya bingung bagaimana cara perancangan nya bang ? Mohon Bantu bang saya ingin ajukan judul ni bang
- Ditanyakan oleh Anonim di Tidak diketahui


Jawaban

Terima kasih sudah membaca salah satu tulisan saya tentang beberapa ide dasar Skripsi tahun 2017. Saat ini memang cara untuk membeli token listrik prabayar dari PLN sudah semakin mudah, semisal dengan Mobile Banking, namun tidak semua orang memiliki mobile banking. Salah satu cara termudah menurut saya yaitu dengan potong pulsa handphone. Saat ini menurut saya belum ada yang mengambil bisnis disini, saya sendiri kurang tahu mengapa. Namun prinsipnya menurut saya dapat dilakukan, saya dulu pernah membuat dan mengelola SMS Infaq yang memungkinkan orang untuk berinfaq dengan potong pulsa, prinsipnya adalah sama saja.

Sebelum lebih jauh harus dipahami terlebih dahulu bahwa membuat sistem potong pulsa untuk apapun bukan hal yang mudah dan cukup ribet, terutama yang berhubungan dengan yang namanya Operator. Ada beberapa pihak yang harus ada dalam sistem ini yang pertama adalah Operator Selular, Content Provider (Pemiliki Program Potongpulsa) dan juga PLN sebagai pemilik token listrik. Secara sederhana anda dapat melihat gambar dibawah ini.

Skema Dasar SMS Potong Pulsa Untuk Beli Token Listrik
Dari gambar diatas dapat dilihat secara sederhana dalam sistem ini, yang harus dibuat dan disiapkan adalah dibagian Content Provider. Disini anda harus dapat membuat sistem yang dapat merequest Token ke PLN ketika ada SMS masuk yang dikirimkan dari Operator. Kemudian Token yang dikirimkan dari PLN anda teruskan ke Operator untuk dikirimkan kepada customer sembari melakukan potongan pulsa, nanti anda akan mengenal istilah MO dan MT, yaitu Mobile Originated dan Mobile Terminated, sistem pemotongan pulsa yang dilakukan diawal request atau dibelakang setelah proses berhasil.

Untuk sistem yang dibangun anda bisa menggunakan pemrograman yang anda kuasai bisa Java Server, PHP atau apapun. Software ini harus dapat berinteraksi dengan sistem yang dimiliki oleh Operator dan juga PLN, biasanya nanti ada dokumentasi API (Application Protocol Interface) yang memungkinkan satu sistem berinterinteraksi dengan sistem lainnya walaupun berbeda flatform.

Secara sederhana Sistem pembelian token listrik PLN dengan potong pulsa adalah seperti itu, sebagai tambahan informasi anda dapat membaca tulisan saya tentang Senangnya Jika Topup Pulsa Listrik Potong Pulsa Handphone . Selamat mencoba semoga jawaban saya bermanfaat.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

Untuk mengajukan pertanyaan seputar Internet dan yang lain sebagainya silahkan bisa memanfaatkan fasilitas tanya jawab.
Kirim Pertanyaan




Apa komentar anda tentang Tulisan Pembelian Tokel Listrik Berbasis Potong Pulsa SMS, Bagaimana Rancangan Sistemnya??

Teknologi Informasi Lainnya