Startup dan Bisnis
Apa yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Bisnis?

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Bisnis?

Senin, 15 Maret 2021 22:22 WIB | 1.893 Views 2021-03-15 22:22:57
Pertanyaan

Mas adi, saya ingin memulai sebuah bisnis. Apakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memulai sebuah bisnis? harus mulai darimanakah sebenarnya?
- Ditanyakan oleh Anonim di Tidak diketahui


Jawaban

Pertama-tama saya mengucapkan selamat kepada anda karena tidak semua orang memiliki keinginan untuk berbisnis. Berbisnis memang sulit, apalagi di masa-masa awal yang penuh dengan keterbatasan, tetapi jika tidak dimulai ya akan selamanya menjadi sebuah keinginan.

Yang terpenting dari memulai sebuah bisnis adalah VALIDASI. Validasi dalam memulai bisnis, atau memulai sebuah startup adalah sebuah tahapan untuk mengukur apakah perkiraan bisnis yang akan dibangun dapat diterima baik oleh pasar atau tidak. Validasi juga biasanya dilakukan untuk mengurangi resiko kegagalan. Beberapa validasi yang harus dilakukan antara lain:

  1. Validasi Ide
    Kita harus benar-benar melakukan apakah ide kita memberikan solusi untuk sebuah permasalahan yang itu dasar dari bisnis kita atau tidak. Validasi ide juga menyentuh pada produk itu sendiri. Kemudian setelah melakukan validasi masalah, kemudian validasi solusi yang yang ditawarkan yang terakhir adalah validasi keinginan user.
  2. Validasi Market
    Nah, setelah ide terbentuk atau prototype terbentuk, anda harus melakukan validasi market, sudah sesuaikah dengan market yang menjadi target kita? Misalnya kita membuat baso untuk ibu-ibu komplek, coba berikan test gratis untuk ibu-ibu, suka tidak mereka? minta masukan boleh untuk evaluasi, tentu minta jujur.

Nah setelah proses validasi dilakukan selesai, baru anda memikirkan rencana membangunnya, modalnya berapa, hitung-hitungan RAB nya seperti apa, menyusun bisnis canvas atau bahkan menyusun sebuah Pitchdeck untuk diberikan kepada pemodal atau investor anda.

Selamat berbisnis :)


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

Untuk mengajukan pertanyaan seputar Internet dan yang lain sebagainya silahkan bisa memanfaatkan fasilitas tanya jawab.
Kirim Pertanyaan






Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Startup dan Bisnis Lainnya