e-Bussiness
Bagaimanakah Cara Marketplace Mendapatkan Penghasilan?

Bagaimanakah Cara Marketplace Mendapatkan Penghasilan?

Senin, 15 Maret 2021 21:18 WIB | 262 Views 2021-03-15 21:18:54
Pertanyaan

Bagaimana cara platform belanja daring (e-commerce) seperti JD.com bisa mendapatkan keuntungan? Dari mana saja sumber penghasilannya?
- Ditanyakan oleh Andrew F di Indonesia


Jawaban

Platform belanja daring (e-commerce), menurut saya lebih tepatnya marketplace memiliki 2 tujuan keuntungan, umumnya memang bisnis juga seperti itu, keuntungan jangka pendek dan keuntungan jangka panjang.

  1. Keuntungan Jangka Pendek
    Keuntungan jangka pendek yaitu keuntungan yang memang harus didapatkan sesegera mungkin setelah sebuah bisnis dibuka. Keuntungan ini diharapkan didapat dari setiap transaksi yang ada. Lalu pertanyaannya, apakah JD dan teman-teman mengambilnya dari sini? bila kita melihat sekilas, mereka tidak mengambil keuntungan dari sini, kecuali beberapa program seperti Power Merchantnya tokopedia yang mengambil x persen dari setiap transaksinya. Istilahnya komisi, tapi sebagian yang ada memang tidak mengambil untung dari sini.

    Beberapa alternatif yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek:

    - Komisi setiap transaksi
    - Iklan di platform untuk menaikan posisi
    - Kerjasama khusus untuk program-program tertentu seperti di tanggal-tanggal tertentu atau program seperti Shopee Mall, Shopee Brand Day dan sejenisnya.

    Sangat mungkin juga marketplace kerjasama dengan Kurir, dengan media atau perusahaan lain yang bisa menjadi alternatif pendapatan.
     
  2. Keuntungan Jangka Panjang
    Hal ini yang kadang tidak diketahui banyak orang, sayapun masih menerkanya, keuntungan jangka panjang ini tidak serta merta didapatkan setelah transaksi selesai, tetapi jauh dari itu. Beberapa diantaranya:

    a. Mendapatkan data pelanggan
    Data pelanggan sangat berharga, apalagi jumlahnya jutaan, bukan untuk dijual tentunya, tapi bisa jadi untuk bisnis sampingan lainnya yang jauh lebih menguntungkan, jadi marketplace hanya jalan saja, misalkan menyediakan virtual payment, emoney dan sebagainya. Selain itu, statistik pembelian juga sangat mahal, mana produk yang paling laku, sangat mungkin Marketplace mengakusisi produsen-produsen yang memang secara potensi sangat menggiurkan.
    Data ini juga bisa digunakan oleh negara asal marketplace itu sendiri, mereka bisa membuat produk yang jauh lebih murah dan dikirim ke negara tujuan yang benar-benar sudah tau kebutuhannya.

    b. Mendapatkan insentif dari Pemerintah
    Bisa jadi, bila dianggap bisa menggerakan ekonomi, sebuah platform bisa diberikan insentif oleh pemerintah, baik secara langsung (cash) atau bentuk lain seperti berbagai kemudahan, privilage dan juga network antar negara.

    c. Platform untuk Dijual lagi.
    Tidak sedikit startup yang mengambil keuntungan dari dijual lagi ke investor yang lebih besar atau melalui mekanisme IPO di bursa saham. Para founder akan mendapatkan untung besar bila IPO sukses.

    d. Keuntungan lain yang tidak bisa ditebak.
    Dalam bisnis, hal ini menurut saya lumrah. Banyak hal yang tidak bisa kita tebak dan ketahui secara kasat mata, dan bisa jadi keuntungan itu lebih besar nilainya untuk mereka dari sekedar rupiah atau dolar yang didapatkan.

    Semoga bermanfaat.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

Untuk mengajukan pertanyaan seputar Internet dan yang lain sebagainya silahkan bisa memanfaatkan fasilitas tanya jawab.
Kirim Pertanyaan




Apa komentar anda tentang Tulisan Bagaimanakah Cara Marketplace Mendapatkan Penghasilan??

e-Bussiness Lainnya