Digital Marketing
Perbedaan Bisnis Affiliate dengan MLM

Perbedaan Bisnis Affiliate dengan MLM

Kamis, 11 Maret 2021 09:18 WIB | 317 Views 2021-03-11 09:18:55
Pertanyaan

Apakah bisnis afiliasi sama dengan MLM? Apa keuntungan dan kerugian dari member bisnis afiliasi?
- Ditanyakan oleh Anonim di Tidak diketahui


Jawaban

Saya pikir Afilitate dengan MLM sangat berbeda walaupun sedikit mirip dan bisa dikombinasikan. Keduanya sebenarnya merupakan teknik-teknik marketing yang umumnya dijalankan di Indonesia. Namun, MLM lebih dominan di penguatan Jaringan yang berlevel, biasanya memiliki pangkat-pangkat tertentu ketika sudah mencapai puncak tertentu seperti Leader atau sejenisnya. Di Indonesia, MLM terkadang dikenal lebih fokus kepada mendapatkan downline daripada menjual produknya ke non member MLM itu sendiri. MLM di Indonesia lebih senang kepada bonus jaringan, walau sebagian ada juga yang fokus ke bonus penjualan.

Sedangkan affiliate lebih mengutamakan mendatangkan trafik ke channel pembelian yang kita miliki apakah itu Online Store, landingpage atau sejenisnya. Biasanya, komisi akan didapatkan bila ada pembelian yang terjadi. 

Keuntungan Afiliate adalah kita tidak harus punya produk dan tidak harus susah payah untuk mengenalkan, cukup memperbanyak trafik dan kemungkinan untuk menggunakan produk yang kita afiliasikan. Ruginya, kita tidak punya produk sendiri, kita hanya dapat komisi.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

Untuk mengajukan pertanyaan seputar Internet dan yang lain sebagainya silahkan bisa memanfaatkan fasilitas tanya jawab.
Kirim Pertanyaan




Apa komentar anda tentang Tulisan Perbedaan Bisnis Affiliate dengan MLM?

Digital Marketing Lainnya
Efektif dan Potensialkah Website Iklan Lokal Sebagai Pundi Penghasilan?
Selasa, 28 Maret 2017 03:39 WIB
Efektif dan Potensialkah Website Iklan Lokal Sebagai Pundi Penghasilan?
Dear, Kang Adi Sumaryadi Assalamualaikum kang, saya seorang mahasiswa. Selain rutinitas kuliah dan kerja saya juga punya hobi bloging dan kadang kadang juga web developing atas permintaan klien dengan self- hosted di wordpress.org Saya mengikuti berbagai program monetisasi blog namun dirasa kurang, saya ingin memiliki jasa iklan mandiri untuk ditawarkan kepada advertiser lokal mengingat di Pangandaran banyak sekali kegiatan usaha jasa dan perdagangan, saya ingin menawarkan Space iklan dan jasa ulasan produk mereka. Pertanyaanya adalah efektifkah hanya menggunakan blog ? Rasanya kurang [Pede] gitu.