Teknologi Informasi
Bagaimana Cara Chatbox Bekerja Dalam Mengolah dan Merespons Pesan?

Bagaimana Cara Chatbox Bekerja Dalam Mengolah dan Merespons Pesan?

Oleh | Senin, 12 Juni 2023 22:41 WIB | 1.538 Views 2023-06-12 22:41:56

Tugas Chatbot yang pertama adalah menangkap pesan dan pertanyaan yang dikirimkan oleh user atau lawan bicara, baru setelah itu melakukan pemrosesan pesan dan mengeluarkan output terbaik.

Untuk menangkap pesan, banyak metode yang digunakan, yang paling sederhana adalah menyiapkan database pertanyaan didalam database, artinya bila ada pesan masuk dan jawabannya ada, tinggal langsung dikirimkan. Metode yang kedua adalah dengan NLP, Neutral Language Processing, semacam program yang mengenali pertanyaan bukan terhadap kesamaan katanya (similiarity) tapi lebih ke maknanya, baru makna ini akan dihubungkan dengan tahap pemrosesan.

Pesan yang masuk biasanya ada yang cukup direspon dengan kata-kata yang ada dalam database, ada juga yang terhubung dengan bigdata dibelakangnya dan juga aplikasi lain yang tersedia, jika terhubung dengan aplikasi lain maka Chatbot akan berkomunikasi menggunakan API (Application Protocol Interface). Sebagai contoh ketika chat masuk "Berapa pulsa hape saya dengan nomor 081xx", maka chatbox akan menghubungi sistem yang menyediakan informasi pulsa, balikan respon dari API-nya itu yang akan dibalikan dengan kombinasi kalimat yang lebih manusiawi. Misalkan balikan API adalah 10.000, maka chatbox tidak langsung memberikan kata "10.000", tetapi biasanya disusun ulang seperti "Saat ini, pulsa anda sebesar 10.000, sudah mau habis, isi yuk".

Untuk pemograman yang dipakai dibelakangnya bisa apapun, asal bisa merespon, menerjemahkan dan terkoneksi dengan database yang besar, bisa Java, PHP, Flutter, NodeJS dan banyak lagi lainnya.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Teknologi Informasi Lainnya