Teknologi Informasi
Apakah AI atau Artificial Intellegent Bisa Mengancam Kehidupan Manusia?

Apakah AI atau Artificial Intellegent Bisa Mengancam Kehidupan Manusia?

Oleh | Jum'at, 06 Januari 2023 08:28 WIB | 1.895 Views 2023-01-06 08:28:51

Pernah liat robot-robot yang justru membunuh manusia di Film-film fiksi ilmiah? kekhawatiran itu sangat ada seiring banyaknya penerapan AI dalam kehidupan dan sangat mungkin juga AI menjadi sesuatu yang independent seperti robot, bukan hanya modul-modul kecil.

Pertanyaannya, apakah benar AI mengancam kehidupan manusia?

Artificial intelligence (AI) dapat menjadi kekuatan yang kuat dan bermanfaat bagi manusia, tetapi juga dapat menimbulkan risiko jika tidak digunakan dengan bijak. Ada beberapa kekhawatiran tentang bagaimana AI mungkin digunakan untuk merugikan manusia, seperti kemungkinan terjadinya diskriminasi atau pemanfaatan AI untuk tujuan yang tidak etis. Namun, dengan memperlakukan AI dengan tanggung jawab dan memastikan bahwa pengembangan dan implementasinya dilakukan dengan mempertimbangkan etika, kekhawatiran tersebut dapat diatasi.

Apakah suatu hari ada robot menggunakan AI?
Ya, suatu hari mungkin ada robot yang menggunakan AI. Saat ini, banyak robot yang sudah menggunakan AI untuk melakukan berbagai tugas, seperti mengikuti rute yang telah ditentukan, mengikuti perintah yang diberikan melalui perangkat lunak, dan memproses informasi yang diberikan untuk membuat keputusan. Kemajuan dalam teknologi AI juga membuat lebih mungkin bagi robot untuk melakukan tugas yang lebih kompleks, seperti mengenali dan mengikuti perintah suara manusia atau menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dengan cara belajar dari pengalaman.

Apakah Robot bisa Membunuh Manusia?
Robot dapat memiliki kemampuan untuk menyakiti atau bahkan membunuh manusia, tergantung pada bagaimana mereka diprogram dan digunakan. Namun, sebagian besar robot yang ada saat ini tidak dapat dengan sengaja membunuh manusia karena tidak memiliki kemampuan atau motivasi untuk melakukannya. Banyak robot yang digunakan dalam aplikasi yang bertujuan untuk membantu atau melayani manusia, seperti robot pembantu rumah tangga atau robot penyedia layanan di rumah sakit. Namun, ada juga beberapa robot yang dapat menimbulkan risiko bagi manusia jika tidak digunakan dengan benar, seperti robot industri yang dapat menyakiti pekerja yang tidak berhati-hati saat bekerja dengan mereka. Oleh karena itu, penting bagi pembuat dan pengguna robot untuk memahami risiko yang mungkin terjadi dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi kemungkinan cedera atau kerusakan.

Jadi, semuanya kembali kepada manusia itu sendiri :)


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Teknologi Informasi Lainnya