Teknologi Informasi
7 Prediksi Trend Teknologi Informasi dan Internet Tahun 2022

7 Prediksi Trend Teknologi Informasi dan Internet Tahun 2022

Oleh | Kamis, 23 Desember 2021 21:35 WIB | 3.710 Views 2021-12-23 21:35:27


Tahun 2021 tinggal menghitung hari, dan tahun 2022 menjelang datang, kira-kira apa saja yang teknologi yang akan menjadi trend ditahun mendatang? Ini prediksinya menurut saya

  1. ​Aplikasi Self Assisten dan Automation Merebak
    Teknologi automatisasi pada banyak bidang semakin kuat ditahun mendatang, pun begitu dengan aplikasi berbabis asisten, hal ini terjadi karena awarness terhadap kesehatan selama pendemi lebih dari 2 tahun, perusahaan-perusahaan parkir akan semakin gencar menggunakan teknologi less contact mulai dari penanda masuk, keluar hingga pembayaran. Begitupula aplikasi berbasis asisten yang bisa mendukung produktifitas user dan juga sisi kesehatan user.
  2. Merebaknya Teknologi Berbasis Cypro dan Blockchain
    Sebetulnya dari tahun ini tanda-tandanya sudah mulai kelihatan, perdagangan Cypro memang sedang tidak bergairah, tetapi teknologi sejenis mulai bermunculan seperti kepemilikan aset digital dengan teknologi NFT, termasuk didalamnya jual beli aset digital. Seperti diketahui, Non Fungible Token atau NFT sedang naik daun, NFT ini  adalah aset digital sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto. NFT dapat meliputi beragam media, mulai dari karya seni, klip video, musik, dan sebagainya. Saya sendiri belum mempelajari secara detil dari NFT ini.
  3. Metaverse Naik Daun
    Seperti NFT, Metaverse juga diprediksi akan naik daun ditahun depan, hal ini terlihat dari gencarnya Facebook dan raksasa teknologi lainnya untuk masuk kedalam dunia virtual ini, hal ini juga akan mengangkat perkembangan teknologi Virtual Reality (VR) dan juga AR (Augment Reality). Bahkan, kabarnya Boeing juga akan masuk ke dunia ini sebagai memberikan edukasi tentang pesawat-pesawat yang mereka miliki. Penggambaran-penggambaran objek mesin, kimia, biologi akan semakin canggih pada dua metaverse ini.
  4. Cloud Base Teknologi
    Cloud base teknologi tidak hanya dipakai oleh mereka yang memiliki website, kemudian menyimpan aplikasi mereka secara cloud. Layanan-layanan aplikasi berbasis Cloud akan semakin marak ditahun 2022, seperti yang kita tahu bahwa saat ini aplikasi berbasis cloud sudah sangat banyak, seperti Office berbasis cloud, editing video, editing photo, hingga aplikasi kolaborasi. Adobe Photoshop kabarnya juga akan semakin gencar untuk bisa digunakan secara online.
  5. Semakin Canggihnya teknologi Sensor
    Teknologi sensor semakin canggih di tahun 2022, apalagi yang berhubungan dengan kesehatan dan kemampuan intelegent, sensor-sensor ini akan semakin canggih lagi bila terhubung dengan big data.
  6. Game Online Semakin Besar
    Semakin canggihnya teknologi Grafis Komputer, semakin baiknya kecepatan internet membuat game-game berat akan bermunculan di tahun 2022, hal ini diprediksi karena perkembangan komputer juga sangat pesat seperti keharian processor dengan kecepatan yang makin menggila.
  7. Hybrid Learning
    Terkendalinya pendemi covid di tahun 2022 prediksi saya akan menghadirkan gaya baru dalam pembelajaran, walaupun sebagian sudah tatap muka, tetapi penggunaan Learning Management System akan terus digunakan, kita mengenal dengan istilah Hybrid Learning, fitur-fitur yang disajikan oleh LMS juga akan semakin canggih dengan pemanfaatan Artificial Intelegent dan juga Machine Learning.
Kira-kira begitu prediksi saya untuk perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi di tahun 2022, jika teman-teman mau menambahkan silahkan :)


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Teknologi Informasi Lainnya