Teknologi Informasi
7 Prediksi Trend Teknologi Informasi dan Internet Tahun 2022

7 Prediksi Trend Teknologi Informasi dan Internet Tahun 2022

Oleh | Kamis, 23 Desember 2021 21:35 WIB | 1.962 Views 2021-12-23 21:35:27


Tahun 2021 tinggal menghitung hari, dan tahun 2022 menjelang datang, kira-kira apa saja yang teknologi yang akan menjadi trend ditahun mendatang? Ini prediksinya menurut saya

  1. ‚ÄčAplikasi Self Assisten dan Automation Merebak
    Teknologi automatisasi pada banyak bidang semakin kuat ditahun mendatang, pun begitu dengan aplikasi berbabis asisten, hal ini terjadi karena awarness terhadap kesehatan selama pendemi lebih dari 2 tahun, perusahaan-perusahaan parkir akan semakin gencar menggunakan teknologi less contact mulai dari penanda masuk, keluar hingga pembayaran. Begitupula aplikasi berbasis asisten yang bisa mendukung produktifitas user dan juga sisi kesehatan user.
  2. Merebaknya Teknologi Berbasis Cypro dan Blockchain
    Sebetulnya dari tahun ini tanda-tandanya sudah mulai kelihatan, perdagangan Cypro memang sedang tidak bergairah, tetapi teknologi sejenis mulai bermunculan seperti kepemilikan aset digital dengan teknologi NFT, termasuk didalamnya jual beli aset digital. Seperti diketahui, Non Fungible Token atau NFT sedang naik daun, NFT ini  adalah aset digital sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto. NFT dapat meliputi beragam media, mulai dari karya seni, klip video, musik, dan sebagainya. Saya sendiri belum mempelajari secara detil dari NFT ini.
  3. Metaverse Naik Daun
    Seperti NFT, Metaverse juga diprediksi akan naik daun ditahun depan, hal ini terlihat dari gencarnya Facebook dan raksasa teknologi lainnya untuk masuk kedalam dunia virtual ini, hal ini juga akan mengangkat perkembangan teknologi Virtual Reality (VR) dan juga AR (Augment Reality). Bahkan, kabarnya Boeing juga akan masuk ke dunia ini sebagai memberikan edukasi tentang pesawat-pesawat yang mereka miliki. Penggambaran-penggambaran objek mesin, kimia, biologi akan semakin canggih pada dua metaverse ini.
  4. Cloud Base Teknologi
    Cloud base teknologi tidak hanya dipakai oleh mereka yang memiliki website, kemudian menyimpan aplikasi mereka secara cloud. Layanan-layanan aplikasi berbasis Cloud akan semakin marak ditahun 2022, seperti yang kita tahu bahwa saat ini aplikasi berbasis cloud sudah sangat banyak, seperti Office berbasis cloud, editing video, editing photo, hingga aplikasi kolaborasi. Adobe Photoshop kabarnya juga akan semakin gencar untuk bisa digunakan secara online.
  5. Semakin Canggihnya teknologi Sensor
    Teknologi sensor semakin canggih di tahun 2022, apalagi yang berhubungan dengan kesehatan dan kemampuan intelegent, sensor-sensor ini akan semakin canggih lagi bila terhubung dengan big data.
  6. Game Online Semakin Besar
    Semakin canggihnya teknologi Grafis Komputer, semakin baiknya kecepatan internet membuat game-game berat akan bermunculan di tahun 2022, hal ini diprediksi karena perkembangan komputer juga sangat pesat seperti keharian processor dengan kecepatan yang makin menggila.
  7. Hybrid Learning
    Terkendalinya pendemi covid di tahun 2022 prediksi saya akan menghadirkan gaya baru dalam pembelajaran, walaupun sebagian sudah tatap muka, tetapi penggunaan Learning Management System akan terus digunakan, kita mengenal dengan istilah Hybrid Learning, fitur-fitur yang disajikan oleh LMS juga akan semakin canggih dengan pemanfaatan Artificial Intelegent dan juga Machine Learning.
Kira-kira begitu prediksi saya untuk perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi di tahun 2022, jika teman-teman mau menambahkan silahkan :)


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet



Mungkin anda tertarik menonton video tentang Websitenya Nyebelin Banget Punya Has Creative

Apa komentar anda tentang Tulisan 7 Prediksi Trend Teknologi Informasi dan Internet Tahun 2022?

Teknologi Informasi Lainnya
Haruskah ada Lembaga Pelatihan Teknologi Informasi (IT) di Pangandaran?
Senin, 02 Agustus 2021 21:21 WIB
Haruskah ada Lembaga Pelatihan Teknologi Informasi (IT) di Pangandaran?
Mencari SDM Bidang Teknologi Informasi khususnya pada SDM yang memiliki kualifikasi pada pengembangan perangkat lunak masih begitu sulit di Pangandaran, padahal permintaan akan SDM dengan kriteria ini terbilang masih cukup tinggi, belum yang memutuskan menjadi Freelancer atau merintis Startup berbasis teknologi.
7 Tips Terhindari Penipuan di Internet
Jum'at, 16 April 2021 04:53 WIB
7 Tips Terhindari Penipuan di Internet
Siapa sih yang ingin kena tipu di Internet? setiap orang pasti tidak suka, apalagi dimasa pendemi saat ini. Oleh karena itu, perhatikan 7 tips supaya kita tidak mudah tertipu melalui media internet.
3 Alasan untuk Tidak Melakukan Overcharge Ponsel Anda Saat Menggunakan Powerbank
Senin, 14 Desember 2020 10:15 WIB
3 Alasan untuk Tidak Melakukan Overcharge Ponsel Anda Saat Menggunakan Powerbank
Memiliki ponsel dengan baterai yang awet sehingga dapat digunakan kapanpun kita butuhkan adalah hal yang sudah menjadi kebutuhan kita di era digital saat ini. Karena itu, memakai powerbank dapat menjadi solusi dan penyelamat baterai ponsel Anda, terutama saat bepergian atau saat sulit mengakses charger listrik. Tetapi, kadang tidak kita sadari ponsel kita tersambung terlalu lama dengan powerbank
7 Cara Mengoptimalkan Penggunaan Payment Gateway untuk Bisnis
Jum'at, 07 Februari 2020 14:43 WIB
7 Cara Mengoptimalkan Penggunaan Payment Gateway untuk Bisnis
Saat ini banyak bisnis khususnya bersifat online berbondong-bondong menggunakan Internet Payment Gateway, alasannya bermacam-macam, ada yang hanya untuk otomatisasi, ada yang hanya untuk dibilang keren, ada juga yang memang mengoptimalkan payment gateway sebagai business enabler.
Fakta dan Trend Internet Marketing Terkini - Digital Summit 2019
Selasa, 01 Oktober 2019 13:31 WIB
Fakta dan Trend Internet Marketing Terkini - Digital Summit 2019
Digital Summit 2019 telah usai, ada banyak catatan menarik yang di rangkum oleh Dewi Tanjung yang berkesempatan hadir disana. Ada sekitar 40 catatan yang telah dirangkum yang super penting, apalagi untuk anda yang ingin tau tentang internet marketing.
Mudahnya Membeli Domain Resmi, Lemahnya PANDI atau Registrar Nakal?
Selasa, 16 April 2019 13:51 WIB
Mudahnya Membeli Domain Resmi, Lemahnya PANDI atau Registrar Nakal?
Tahun ini saya cukup dikagetkan dengan dibelinya 2 buah domain berekstensi .co.id yang habis dan tidak diperpanjang. Logikanya, tidak semudah itu untuk mendapatkan domain .co.id bukan? Masalahnya ini terjadi akibat lemahnya PANDI atau registrar yang nakal?