Teknologi Informasi
Haruskah ada Lembaga Pelatihan Teknologi Informasi (IT) di Pangandaran?

Haruskah ada Lembaga Pelatihan Teknologi Informasi (IT) di Pangandaran?

Oleh | Senin, 02 Agustus 2021 21:21 WIB | 714 Views 2021-08-02 21:21:12

Mencari SDM Bidang Teknologi Informasi khususnya pada SDM yang memiliki kualifikasi pada pengembangan perangkat lunak masih begitu sulit di Pangandaran, padahal permintaan akan SDM dengan kriteria ini terbilang masih cukup tinggi, belum yang memutuskan menjadi Freelancer atau merintis Startup berbasis teknologi.

Pertanyaannya adalah, haruskah membuat sebuah lembaga pelatihan IT di Pangandaran yang benar-benar memfokuskan diri membentuk SDM bidang IT? padahal pada saat yang sama banyak sekali pelatihan online yang sudah dimanfaatkan oleh generasi saat ini, anggaplah seperti BuildWith Angga besutan Mas Angga, Dicoding, atau forum-forum di Facebook yang bertebaran. Haruskah? atau memang butuh triger untuk memanfaatkan online dengan menggelar pelatihan Offline terlebih dahulu?

Kekurangan Alat
Faktor lain yang menyebabkan rendahnya SDM IT di Pangandaran selain dari memang sekolah IT-nya masih sangat terbatas adalah alat yang dipakai oleh SDM itu sendiri, banyak yang bersekolah di jurusan TIK tapi tidak memiliki PC atau laptop, padahal itu adalah bagaikan jaring untuk nelayan, seperti pacul untuk petani. Masalahnya kembali lagi ke kemampuan finansial untuk membeli alat pendukung itu.

Membangun lembaga pelatihan memang tidak gampang, saya masih ingat perjuangan salah satu guru saya Maman Permana membangun lembaga pelatihan, mulai dari keterbatasan perangkat, dukungan pemerintah hingga tenaga pengajarnya itu sendiri.

Cita saya ingin di Pangandaran banyak SDM IT yang berkualitas juga masih jauh dari terwujud, fokus saya yang sebagian besar di Bandung salah satu alasannya, tetapi semoga saya bisa mencobanya untuk "remote", nyatanya ada beberapa hal lain yang bisa berjalan dengan "remote".

Pasar Kebutuhan IT Masih Dikota
Kebutuhan akan support IT memang juga masih banyak dikota, jangankan di Pangandaran, programmer Bandung saja kerjaannya masih banyak dari Jakarta, hal ini pula yang menyebabkan pekerjaan IT masih belum menarik di Pangandaran.
Tetapi, kalau kita liat di beberapa komunitas atau tempat lain, tidak sedikit yang justru menarik kerjaan itu ketempatnya, walaupun dipelosok.
Semoga aja cita terwujud, Aamiin

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet





Apa komentar anda tentang Tulisan Haruskah ada Lembaga Pelatihan Teknologi Informasi (IT) di Pangandaran??

Teknologi Informasi Lainnya
7 Tips Terhindari Penipuan di Internet
Jum'at, 16 April 2021 04:53 WIB
7 Tips Terhindari Penipuan di Internet
Siapa sih yang ingin kena tipu di Internet? setiap orang pasti tidak suka, apalagi dimasa pendemi saat ini. Oleh karena itu, perhatikan 7 tips supaya kita tidak mudah tertipu melalui media internet.
3 Alasan untuk Tidak Melakukan Overcharge Ponsel Anda Saat Menggunakan Powerbank
Senin, 14 Desember 2020 10:15 WIB
3 Alasan untuk Tidak Melakukan Overcharge Ponsel Anda Saat Menggunakan Powerbank
Memiliki ponsel dengan baterai yang awet sehingga dapat digunakan kapanpun kita butuhkan adalah hal yang sudah menjadi kebutuhan kita di era digital saat ini. Karena itu, memakai powerbank dapat menjadi solusi dan penyelamat baterai ponsel Anda, terutama saat bepergian atau saat sulit mengakses charger listrik. Tetapi, kadang tidak kita sadari ponsel kita tersambung terlalu lama dengan powerbank
7 Cara Mengoptimalkan Penggunaan Payment Gateway untuk Bisnis
Jum'at, 07 Februari 2020 14:43 WIB
7 Cara Mengoptimalkan Penggunaan Payment Gateway untuk Bisnis
Saat ini banyak bisnis khususnya bersifat online berbondong-bondong menggunakan Internet Payment Gateway, alasannya bermacam-macam, ada yang hanya untuk otomatisasi, ada yang hanya untuk dibilang keren, ada juga yang memang mengoptimalkan payment gateway sebagai business enabler.
Fakta dan Trend Internet Marketing Terkini - Digital Summit 2019
Selasa, 01 Oktober 2019 13:31 WIB
Fakta dan Trend Internet Marketing Terkini - Digital Summit 2019
Digital Summit 2019 telah usai, ada banyak catatan menarik yang di rangkum oleh Dewi Tanjung yang berkesempatan hadir disana. Ada sekitar 40 catatan yang telah dirangkum yang super penting, apalagi untuk anda yang ingin tau tentang internet marketing.
Mudahnya Membeli Domain Resmi, Lemahnya PANDI atau Registrar Nakal?
Selasa, 16 April 2019 13:51 WIB
Mudahnya Membeli Domain Resmi, Lemahnya PANDI atau Registrar Nakal?
Tahun ini saya cukup dikagetkan dengan dibelinya 2 buah domain berekstensi .co.id yang habis dan tidak diperpanjang. Logikanya, tidak semudah itu untuk mendapatkan domain .co.id bukan? Masalahnya ini terjadi akibat lemahnya PANDI atau registrar yang nakal?
Google Plus, Sosmed Pesaing Facebook yang Segera Tutup
Selasa, 12 Maret 2019 05:48 WIB
Google Plus, Sosmed Pesaing Facebook yang Segera Tutup
Tidak sampai sepuluh tahun, layanan social media yang digadang-gadang bakal menyaingi Facebook pada awal kemunculannya akhirnya tutup usia. Google Plus adalah salah satu layanan dari banyak layanan milik Google, sebenarnya Google+ bukan satu-satunya yang kurang suskes.