Teknologi Informasi
7 Cara Mengoptimalkan Penggunaan Payment Gateway untuk Bisnis

7 Cara Mengoptimalkan Penggunaan Payment Gateway untuk Bisnis

Oleh | Jum'at, 07 Februari 2020 14:43 WIB | 1.173 Views | Comments 2020-02-07 14:43:06

Saat ini banyak bisnis khususnya bersifat online berbondong-bondong menggunakan Internet Payment Gateway, alasannya bermacam-macam, ada yang hanya untuk otomatisasi, ada yang hanya untuk dibilang keren, ada juga yang memang mengoptimalkan payment gateway sebagai business enabler.

Jika tujuan utama dari sebuah bisnis online ataupun jualan online adalah keuntungan atau profit sebesar besarnya maka payment gateway harus bisa mendongkrak revenue yang dicapai, jangan sampai justru melemahkan, dan itu adalah tujuan utama adanya payment gateway, bukan hanya sekedar otomatisasi. Pertanyaannya apa saja cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan revenue, penghasilan dengan mengoptimalkan payment gateway? saya coba bagi tekniknya yah:

  1. Kenali Customer Anda dulu
    Langkah ini adalah langkah awal yang harus anda lakukan, dan tidak boleh terlewat. Memahami kebutuhan customer Anda itu sama halnya memahami bisnis anda sendiri, bisnis online Anda sendiri. Sudah waktunyakah menggunakan payment gateway? jika anda yakin sudah seharusnya menggunakan payment gateway maka langkah selanjutnya anda harus menyiapkan segala sesuatunya, mulai menyiapkan sistem anda supaya dapat terhubung dengan payment gateway atau terintegrasi hingga penyesuaian operasional bisnis anda yang awalnya manual sekarang diganti dengan menggunakan payment gateway.
     
  2. Pilih Payment Gateway Terbaik
    Setelah anda yakin bahwa anda harus mulai menggunakan payment gateway maka langkah kedua adalah memilih payment gateway terbaik. Banyak sebenarnya kriterianya, ada banyak pilihan di Indonesia. Anda bisa juga bertanya teman-teman yang pernah menggunakan payment gateway. Jangan terlalu terjebak dengan banyaknya payment channel yang diberikan atau saluran pembayaran yang dilayani. Pikirkan juga komunikasi anda dengan payment gateway anda, jangan sampai kebutuhan cepat tetapi proses integrasi dan merchant supportnya lambat. 
     
  3. Buatlah Step Checkout Sependek Mungkin
    Bila anda online store atau apapun itu, penggunaan payment gateway akan menambah beberapa langkah pembayaran di website anda. Oleh karena itu, buatlah proses checkout di website anda sependek mungkin sebelum pelanggan di arahkan ke halaman pembayaran di sisi payment gateway. Langkah ini harus dilakukan mengingat customer tidak suka navigasi dan user experience yang bertele-tele.
     
  4. Arahkan Pelanggan menggunakan Payment Channel yang paling tepat
    Sebenarnya langkah ini bisa masuk di nomor 3, tapi sengaja saya pisahkan supaya lebih fokus pada poinnya yaitu memilih payment channel. Produk-produk yang murah, segera arahkan user anda untuk menggunakan emoney atau dompet digital lainnya. Mengarahkan untuk menggunakan bank transfer akan sedikit membuat user malas. Sebaliknya, bila transaksi anda besar, jutaan, arahkan ke Virtual Account atau bank transfer, atau juga Creditcard, karena kita tau emoney tidak bisa menyimpan banyak saldo.
     
  5. Eksplore Kelebihan Payment Gateway yang anda pilih
    Setiap payment gateway punya kelebihan masing masing, mereka punya ciri khas yang unik setiap payment gatewanya. Eksplorelah kelebihannya, misalnya ada layanan tambahan seperti whitelable aplikasi mereka atau layanan lainnya, saya pernah menemukan ini di salah satu payment gateway di Indonesia, namanya Prismalink. Cari kelebihan-kelebihan itu yang dapat anda kombinasikan dengan layanan bisnis anda.
     
  6. Lakukan Join Promo dengan Payment Gateway.
    Terkadang, ada Payment gateway yang menawarkan untuk join promo. Misalnya, mereka terhubung juga dengan komunitas-komunitas dan bisa mempromosikan produk anda, tentu akan diarahkan untuk bayar via mereka. Tak ada masalah menurut saya, toh anda memang sudah memakai payment gateway itu kan. Dengan ini, pasar anda akan akan semakin luas.
     
  7. Lakukan negoisasi dengan payment gateway
    Kalau volume transaksi anda sudah besar, jangan sungkan untuk melakukan negoasasi dengan payment gateway anda, urusannya tentu tentang biaya transaksi, mintalah turun barang sedikit dan kalau bisa banyak. Yang pasti, harus lebih rendah dari publish rate.
Payment gateway sebenarnya hanya tools, hanya alat untuk mempermudah, alat untuk mengotomatisasi, besar kecilnya bisnis anda tergantung anda menjalankannya, jikapun sudah terpasang payment gateway tetapi anda tidak pernah melakukan promosi, ya sama saja. Semua yang saya share diatas hanya tips yang semoga bisa menjadi manfaat, selanjutnya? terserah anda? :)

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet





Apa komentar anda tentang Tulisan 7 Cara Mengoptimalkan Penggunaan Payment Gateway untuk Bisnis?

Teknologi Informasi Lainnya
Fakta dan Trend Internet Marketing Terkini - Digital Summit 2019
Selasa, 01 Oktober 2019 13:31 WIB
Fakta dan Trend Internet Marketing Terkini - Digital Summit 2019
Digital Summit 2019 telah usai, ada banyak catatan menarik yang di rangkum oleh Dewi Tanjung yang berkesempatan hadir disana. Ada sekitar 40 catatan yang telah dirangkum yang super penting, apalagi untuk anda yang ingin tau tentang internet marketing.
Mudahnya Membeli Domain Resmi, Lemahnya PANDI atau Registrar Nakal?
Selasa, 16 April 2019 13:51 WIB
Mudahnya Membeli Domain Resmi, Lemahnya PANDI atau Registrar Nakal?
Tahun ini saya cukup dikagetkan dengan dibelinya 2 buah domain berekstensi .co.id yang habis dan tidak diperpanjang. Logikanya, tidak semudah itu untuk mendapatkan domain .co.id bukan? Masalahnya ini terjadi akibat lemahnya PANDI atau registrar yang nakal?
Google Plus, Sosmed Pesaing Facebook yang Segera Tutup
Selasa, 12 Maret 2019 05:48 WIB
Google Plus, Sosmed Pesaing Facebook yang Segera Tutup
Tidak sampai sepuluh tahun, layanan social media yang digadang-gadang bakal menyaingi Facebook pada awal kemunculannya akhirnya tutup usia. Google Plus adalah salah satu layanan dari banyak layanan milik Google, sebenarnya Google+ bukan satu-satunya yang kurang suskes.
Social Media, Tempat Bertemunya Orang yang Pro dan Kontra
Sabtu, 23 Juni 2018 04:24 WIB
Social Media, Tempat Bertemunya Orang yang Pro dan Kontra
Hadirnya teknologi internet ditengah-tengah kita saat ini memang menjadi jalan bertemunya dua entitas atau lebih secara daring (online), seperti Marketplace yang mempertemukan antara penjual dan pembeli, Aplikasi Gojek yang mempertemukan driver dengan penumpangnya, mempertemukan
Big Data, Mobile dan Fintech, Tiga Masa Depan Teknologi Informasi di Indonesia
Selasa, 03 April 2018 11:41 WIB
Big Data, Mobile dan Fintech, Tiga Masa Depan Teknologi Informasi di Indonesia
Suatu hari saya ditanya oleh teman diskusi saya disuatu tempat, apa sih yang akan menjadi "obrolan" serius orang-orang teknologi di Indonesia khususnya untuk beberapa waktu mendatang. Jawaban seenaknya saya saat itu bahwa teknologi di Indonesia akan mengarah kepada 3 hal besar yaitu Big Data, Mobile dan Fintech.
30 Ide Tugas Akhir atau Skripsi untuk Mahasiswa Jurusan Komputer Tahun 2017
Selasa, 28 Maret 2017 05:24 WIB
30 Ide Tugas Akhir atau Skripsi untuk Mahasiswa Jurusan Komputer Tahun 2017
Skripsi ataupun tugas akhir memang masih menjadi hal yang dianggap menyeramkan oleh banyak mahasiswa, termasuk saya dulu. Hal mendasar yang biasa menjadi hambatan terbesar adalah menemukan judul skripsi yang terbaik menurut kita. Dalam tulisan ini saya akan coba share sebanyak mungkin ide judul skripsi