Teknologi Informasi
Google Plus, Sosmed Pesaing Facebook yang Segera Tutup

Google Plus, Sosmed Pesaing Facebook yang Segera Tutup

Oleh | Selasa, 12 Maret 2019 05:48 WIB | 102 Views | Comments 2019-03-12 05:48:32

Tidak sampai sepuluh tahun, layanan social media yang digadang-gadang bakal menyaingi Facebook pada awal kemunculannya akhirnya tutup usia. Google Plus adalah salah satu layanan dari banyak layanan milik Google, sebenarnya Google+ bukan satu-satunya yang kurang suskes. Beberapa waktu silam Google Talk, Google Answer dan beberapa yang lainnya juga di Shutdown oleh google. Saat ini bila kita membuka halaman Google Plus maka akan ada pengumuman seperti dibawah ini.

Pada Desember 2018, kami mengumumkan keputusan kami untuk menonaktifkan Google+ versi konsumen pada April 2019 karena rendahnya penggunaan dan tantangan dalam mempertahankan produk sukses yang memenuhi ekspektasi konsumen. Kami ingin mengucapkan terima kasih karena Anda telah menjadi bagian dari Google+ dan ingin memberitahukan langkah selanjutnya, termasuk cara mendownload foto dan konten Anda lainnya.

Pada tanggal 2 April, akun Google+ Anda dan semua halaman Google+ yang Anda buat akan dinonaktifkan dan kami akan mulai menghapus konten dari akun Google+ konsumen. Foto dan video dari Google+ di Arsip Album dan halaman Google+ juga akan dihapus. Anda dapat mendownload dan menyimpan konten Anda, tetapi pastikan Anda melakukannya sebelum bulan April. Harap diketahui bahwa backup foto dan video di Google Foto tidak akan terhapus.

Proses penghapusan konten dari akun Google+ konsumen, Halaman Google+, dan Arsip Album akan memakan waktu beberapa bulan, dan konten mungkin akan tetap ada selama waktu tersebut. Misalnya, pengguna masih dapat melihat beberapa bagian dari akun Google+ mereka melalui log aktivitas dan beberapa konten Google+ konsumen mungkin masih dapat dilihat oleh pengguna G Suite hingga Google+ konsumen dihapus.

Mulai tanggal 4 Februari, Anda tidak dapat lagi membuat profil, halaman, komunitas, atau acara Google+ baru. Lihat FAQ lengkap untuk mengetahui detail lebih lanjut dan informasi terbaru menjelang diberlakukannya penonaktifan ini.

Jika Anda adalah pemilik atau moderator Google+ Komunitas, Anda dapat mendownload dan menyimpandata Google+ Komunitas Anda. Mulai awal Maret 2019, data lainnya akan dapat didownload, termasuk penulis, isi, dan foto dari setiap postingan komunitas di komunitas publik.

Jika Anda login ke situs dan aplikasi menggunakan tombol Login dengan Google+, tombol ini tidak akan berfungsi lagi dalam beberapa minggu ke depan dan, pada beberapa kasus, akan diganti dengan tombol Login dengan Google. Anda tetap dapat login dengan Akun Google di mana pun Anda melihat tombol Login dengan Google. 

Jika Anda pernah menggunakan Google+ untuk memberikan komentar di situs Anda sendiri atau situs lainnya, fitur ini akan dihapus dari Blogger paling lambat tanggal 4 Februari dan dari situs lainnya paling lambat tanggal 7 Maret. Semua komentar Google+ Anda di semua situs akan dihapus mulai tanggal 2 April 2019. 

Jika Anda adalah pelanggan G Suite, Google+ untuk akun G Suite Anda akan tetap aktif. Hubungi admin G Suite Anda untuk mendapatkan detail lebih lanjut. Anda juga akan segera melihat tampilan dan fitur baru.

Jika Anda adalah developer yang menggunakan Google+ API atau fitur Login dengan Google+, klik di sini untuk melihat dampak penonaktifan ini pada Anda.

Dari kami semua di tim Google+, terima kasih telah menjadikan Google+ tempat yang spesial. Kami berterima kasih kepada para seniman, pembuat komunitas, dan pemimpin inspiratif yang telah menjadikan Google+ sebagai rumah mereka. Semangat dan dedikasi Anda begitu berarti.

Selamat tinggal Google+, terima kasih untuk kebersamaannya selama ini.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Teknologi Informasi Lainnya
Social Media, Tempat Bertemunya Orang yang Pro dan Kontra
Sabtu, 23 Juni 2018 04:24 WIB
Social Media, Tempat Bertemunya Orang yang Pro dan Kontra
Hadirnya teknologi internet ditengah-tengah kita saat ini memang menjadi jalan bertemunya dua entitas atau lebih secara daring (online), seperti Marketplace yang mempertemukan antara penjual dan pembeli, Aplikasi Gojek yang mempertemukan driver dengan penumpangnya, mempertemukan
Big Data, Mobile dan Fintech, Tiga Masa Depan Teknologi Informasi di Indonesia
Selasa, 03 April 2018 11:41 WIB
Big Data, Mobile dan Fintech, Tiga Masa Depan Teknologi Informasi di Indonesia
Suatu hari saya ditanya oleh teman diskusi saya disuatu tempat, apa sih yang akan menjadi "obrolan" serius orang-orang teknologi di Indonesia khususnya untuk beberapa waktu mendatang. Jawaban seenaknya saya saat itu bahwa teknologi di Indonesia akan mengarah kepada 3 hal besar yaitu Big Data, Mobile dan Fintech.
30 Ide Tugas Akhir atau Skripsi untuk Mahasiswa Jurusan Komputer Tahun 2017
Selasa, 28 Maret 2017 05:24 WIB
30 Ide Tugas Akhir atau Skripsi untuk Mahasiswa Jurusan Komputer Tahun 2017
Skripsi ataupun tugas akhir memang masih menjadi hal yang dianggap menyeramkan oleh banyak mahasiswa, termasuk saya dulu. Hal mendasar yang biasa menjadi hambatan terbesar adalah menemukan judul skripsi yang terbaik menurut kita. Dalam tulisan ini saya akan coba share sebanyak mungkin ide judul skripsi
Meraup Uang dari Afiliasi dan Adsense? Perhatikan Boleh Tidaknya
Kamis, 16 Februari 2017 08:17 WIB
Meraup Uang dari Afiliasi dan Adsense? Perhatikan Boleh Tidaknya
Pagi ini saya tergeletik oleh postingan seorang anak muda di sebuah forum programming di Facebook, ia bertanya alternatif revenue stream (sumber pendapatan) baru untuk website porno miliknya, sontak yang berkomentar langsung mengingatkan akan keberkahan dari sebuah bisnis.
Simple, Trend Website Tahun 2017
Minggu, 01 Januari 2017 20:53 WIB
Simple, Trend Website Tahun 2017
Perkembangan teknologi itu begitu dinamis sekali, terkadang terasa maju dari beberapa tahun terakhir, tetapi terkadang kok seperti balik lagi seperti beberapa tahun kebelakang. Masih ingat dulu handphone yang begitu sangat besar? kemudian banyak vendor untuk membuat handphone sekecil mungkin, bahkan ada pandangan yang kecil itu canggih. Namun, jaman berubah saat ini handphone seolah berlomba untuk besar kembali, tetapi kecanggihannya juga semakin menanjak.
7 Cara Membuat Website Kita Terkenal
Selasa, 12 Agustus 2014 11:10 WIB
7 Cara Membuat Website Kita Terkenal
Berdasarkan pengalaman yang saya rasakan dari beberapa website yang saya kelola atau menjadi konsultan di beberapa web yang online saat ini ada beberapa hal yang bisa membuat website kita terkenal, tentu tak hanya terkenal di search enggine tetapi di offline juga terkenal.