Sudut Pandang
Melihat Macan Lucu Cisewu Dari Sudut Pandang Potensi Pariwisata

Melihat Macan Lucu Cisewu Dari Sudut Pandang Potensi Pariwisata

Oleh | Rabu, 22 Maret 2017 07:06 WIB | 3.787 Views | Comments 2017-03-22 07:06:02

Tidak terhitung jumlah viral yang memberitakan macan lucu yang ada didaerah Cisewu Kabupaten Garut, Jawa Barat, bahkan ketenarannya melewati tenarnya Domba Garut yang sudah lama menjadi Icon kota garut itu. Lalu bagaimana Macan Imut itu saya liat dari sudut pandang potensi pariwisata?

Pariwisata itu tidak jauh dari kata kreatif, tidak jauh juga dari kata jeli melihat kesempatan. Didunia itu banyak pantai yang bagus, tapi kenapa Bali begitu terkenal? tentu ini adalah buah sebuah kreatifitas dimasalalu yang menggabungkan adat tradisional Bali dan keindahan alamnya, dikemas dengan baik, dipromosikan hingga jutaan pelancong menginjakan kakinya di pulau Bali.

Orang Indonesia itu suka sekali hal-hal yang viral dan senang untuk mengabadikan berbagai moment yang tengah viral. Masih ingat bencana lumpur Lapindo? dibalik bencananya, tempat ini sekarang tersedia area untuk "wisata bencana" dengan berfoto berlatar belakang lumpur. Masih ingat salah satu ikon konfrensi Asia Afrika yang bertuliskan banyak negara peserta KAA? yang rusak saat pergelaran memperingati KAA? setelah viral bahkan saya liat tidak ada henti-hentinya orang berfoto ditempat ini.

Lalu bagaimana dengan macan lucu Cisewu? satu sisi adalah langkah tepat yang dilakukan oleh Dedi Mulyadi untuk memberikan sumbangan Macan Garang pengganti Macan Lucu di Koramil Cisewu, namun dari sudut pandang pariwisata saya melihatnya ada sebuah potensi wisata yang terlewatkan dimana tempat ini bisa menjadi tempat selfie yang mengasyikan, tinggal bagaimana mekanisme pengelolaannya sehingga tidak mengganggu operasional koramil. 

Saya pikir, macan lucu yang ada seharusnya dibongkar dengan tidak menghancurkan secara keseluruhan, bisa dipindahkan kesuatu tempat, misalkan ke salah satu daerah wisata di Garut yang butuh re-promotion, macan lucu ini bisa menjadi daya tarik baru untuk mengunjungi destinasi wisata itu. 

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Sudut Pandang Lainnya
Majelis Ulama Indonesia, Tak Hanya Sekedar Sertifikat Halal
Rabu, 01 Februari 2017 19:22 WIB
Majelis Ulama Indonesia, Tak Hanya Sekedar Sertifikat Halal
Saya selalu bertanya terlebih dahulu ketika akan makan sesuatu di Mal kalau sedang bersama istri, dan istripun selalu mengingatkan untuk bertanya dulu apakah sudah ada sertifikat halal belum dari MUI, jika belum kami selalu menahan rasa ingin untuk makan makanan itu walaupun terlihat sangat lezat.
Timeline Facebook yang Tak Lagi Asik dan Membuat Stress
Jum'at, 25 November 2016 05:06 WIB
Timeline Facebook yang Tak Lagi Asik dan Membuat Stress
Terhitung sejak menjelang pemilihan presiden tahun 2014 saya rasakan timeline facebook tidak lagi nyaman untuk dibaca, untuk discroll terus menerus hingga tak berujung, tentu ini bukan hal aneh karena memang kenyataanya Timeline facebook menggambarkan keaadaan lingkungan kita saat ini.
Mengangkat Kreativitas Anak Negeri Dalam Iklan Capres
Rabu, 24 September 2014 19:21 WIB
Mengangkat Kreativitas Anak Negeri Dalam Iklan Capres
Pilih saya kalau ingin Indonesia berubah lebih baik, pilih saya kalau anda ingin sejahtera, begitulah kira-kira kalau kita generalisir konten yang tersaji dari sebuah iklan capres yang tayang beberapa waktu yang lalu hampir menghiasi media televisi baik lokal maupun nasional.
Televisi Lokal Bandung Rasa Nasional
Sabtu, 09 Agustus 2014 08:35 WIB
Televisi Lokal Bandung Rasa Nasional
Dominasi televisi nasional terus menggurita sepertinya, bahkan beberapa televisi lokal yang saya lihat di Bandung mulai berasa Nasional, acara-acara didominasi oleh siaran televisi nasional baik itu dalam join program ataupun beli program. Sayang sekali..
Inilah Daftar Media Yang Kecenderungan Mendukung Capres
Jum'at, 06 Juni 2014 16:44 WIB
Inilah Daftar Media Yang Kecenderungan Mendukung Capres
Peran media dalam demokrasi terkini sangatlah penting, media juga menjadi corong kandidat dalam sebuah pemilihan walaupun sebetulnya adalah hal yang salah karena media seharusnya berimbang apalagi media mainstream seperti televisi dan koran.
Prediksi Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013
Rabu, 20 Februari 2013 20:40 WIB
Prediksi Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013
Siapa saja boleh membuat Prediksi menurut pemikiran masing-masing dan termasuk untuk prediksi Pemilihan Gubernur Jawa barat tahun ini.Jika melihat dari keseluruhan pasangan ada beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing, saya cerita satu persatu dulu deh.