Sudut Pandang
Timeline Facebook yang Tak Lagi Asik dan Membuat Stress

Timeline Facebook yang Tak Lagi Asik dan Membuat Stress

Oleh | Jum'at, 25 November 2016 05:06 WIB | 1.023 Views | Comments 2016-11-25 05:06:05

Terhitung sejak menjelang pemilihan presiden tahun 2014 saya rasakan timeline Facebook tidak lagi nyaman untuk dibaca, untuk di-scroll terus menerus hingga tak berujung, tentu ini bukan hal aneh karena memang kenyataanya Timeline facebook menggambarkan keaadaan lingkungan kita saat ini.

Kalau waktu itu saya sempat berujar, "kalau pengen tidak stress jangan nonton televisi" sepertinya berlaku juga untuk social media, seperti Facebook dan juga Twitter. Hal ini disebabkan karena Facebook bukan lagi sebagai media untuk bersosialisasi, menjalin persehabatan maya, media sharing pengetahuan tetapi Facebook sudah menjadi media propaganda, media penampung kebencian, media penampung segala hal yang ada dibenak penggunannya. 

Tentu tidak bisa menyalahkan facebook dalam hal ini, karena memang "facebook is just a tool" atau hanya sebuah alat yang bisa digunakan sebagai apapun oleh penggunannya. Bagi orang yang berkepentingan mempengarungi banyak orang, facebook adalah media yang tepat karena diakui atau tidak penggunanya adalah yang terbesar, namun apa yang disampaikannya itu yang membuat kita stress atau tidak.

Salah satu penyebab tidak nyamannya timeline facebook adalah nyaris tidak tersaringnya berita HOAX dan berita-berita yang penuh kebencian, jika ada yang bertanya kepada saya, berarti Mas Adi tidak mendukung Aksi Bela Islam dong dan mendukung Ahok? hehehe, pertanyaannya generik sekali itu. Tentu teman-teman tau jawabannya, saya lebih dari 5 tahun tergabung di Pesantren Daarut Tauhiid, 

Sebenarnya, yang tidak membuat nyaman timeline facebook bukan hanya sekedar tentang Ahok saja, hal serupa sudah dialami sejak jelang 2014 lalu, ya Pilpres 2014. 

Ramai Unfriend

Salah satu cara ampuh untuk menghilangkan ketidaknyamanan di Timeline facebook adalah dengan memutuskan pertemanan maya (unfriend) walaupun menurut saya hal itu kurang bijak, dan kalaupun terpaksa saya berharap tetap seperti biasa saja di dunia nyatanya. Cara lain menurut saya yang lebih efektif adalah dengan unfollow user penebar kebencian atau unfollow statusnya sehingga tidak muncul lagi di timeline kita.

Secara teknis harusnya memang facebook menyediakan tools untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna dengan memberikan pilihan filter, minimal untuk kata-kata tertentu saja, jadi ketika ada postingan baru bisa dideteksi apakah harus ditampilkan atau tidak.

Tapi apapun itu, kembali ke prinsip, Facebook is just a tools, kita berteman dengan siapa saja ya sangat wajar akan muncul pro dan kontra juga di timeline, karena teman kita juga beragam, yang salah adalah ketika terjadi pro-kontra di facebook jangan sampai merembet ke dunia nyata hingga memutuskan pertemanan.
 

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Sudut Pandang Lainnya
Mengangkat Kreativitas Anak Negeri Dalam Iklan Capres
Rabu, 24 September 2014 19:21 WIB
Mengangkat Kreativitas Anak Negeri Dalam Iklan Capres
Pilih saya kalau ingin Indonesia berubah lebih baik, pilih saya kalau anda ingin sejahtera, begitulah kira-kira kalau kita generalisir konten yang tersaji dari sebuah iklan capres yang tayang beberapa waktu yang lalu hampir menghiasi media televisi baik lokal maupun nasional.
Televisi Lokal Bandung Rasa Nasional
Sabtu, 09 Agustus 2014 08:35 WIB
Televisi Lokal Bandung Rasa Nasional
Dominasi televisi nasional terus menggurita sepertinya, bahkan beberapa televisi lokal yang saya lihat di Bandung mulai berasa Nasional, acara-acara didominasi oleh siaran televisi nasional baik itu dalam join program ataupun beli program. Sayang sekali..
Inilah Daftar Media Yang Kecenderungan Mendukung Capres
Jum'at, 06 Juni 2014 16:44 WIB
Inilah Daftar Media Yang Kecenderungan Mendukung Capres
Peran media dalam demokrasi terkini sangatlah penting, media juga menjadi corong kandidat dalam sebuah pemilihan walaupun sebetulnya adalah hal yang salah karena media seharusnya berimbang apalagi media mainstream seperti televisi dan koran.
Prediksi Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013
Rabu, 20 Februari 2013 20:40 WIB
Prediksi Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013
Siapa saja boleh membuat Prediksi menurut pemikiran masing-masing dan termasuk untuk prediksi Pemilihan Gubernur Jawa barat tahun ini.Jika melihat dari keseluruhan pasangan ada beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing, saya cerita satu persatu dulu deh.
Sekotak Sawah Untuk Semeter Tanah
Kamis, 26 April 2012 17:01 WIB
Sekotak Sawah Untuk Semeter Tanah
Harga yang paling murah adalah 5 Milyar, itulah yang ada dibenak saya ketika melewati beberapa jalan di Pantai Indah kapuk hari ini, mantap benar. Dibeberapa iklan yang terpampang disepanjang jalan itu cukup menyita perhatian saya, yaitu harga tanah yang mencapai 20juta permeter persegi
Orang Indonesia Terbanyak Kelima Pencari Kata Sex di Internet
Rabu, 01 September 2010 05:21 WIB
Orang Indonesia Terbanyak Kelima Pencari Kata Sex di Internet
Indonesia memang negara unik, semua sepertinya ada di negara kepulauan terluas di dunia ini, mau cari orang termiskin ada, mau cari orang yang kaya ada, mau cari mobil mewah banyak, yang gak punya rumahpun banyak. Begitu pula dengan kehidupan internetnya, kalau kita mencari situs yang bernuansa religi banyak sekali ditemui tapi sebaliknya mencari yang berbau pornografipun sepertinya tidak sedikit. Satu hal yang mencengangkan lagi ternyata indonesia tercatat oleh Google Trends sebagai pencari kata sex terbanyak kelima didunia, menyedihkan.