Bedah Web dan Aplikasi
SehatQ, Platform Kesehatan dan Chat Dokter Indonesia

SehatQ, Platform Kesehatan dan Chat Dokter Indonesia

Oleh | Minggu, 17 Mei 2020 04:44 WIB | 269 Views | Comments 2020-05-17 04:44:31

Saya menyebutnya Healthy Online Public Services Platform, sebuah layanan kesehatan publik berbasis online, yang fokus utamanya adalah menyediakan informasi tentang kesehatan dan juga layanan konsultasi langsung dengan dokter, salah satunya adalah SehatQ.com. SehatQ tergolong pendatang baru tapi saya liat begitu siap menjadi bagian dari market Indonesia yang memang sangat besar, apalagi masuk pada kebutuhan dasar manusia itu sendiri, kesehatan.

Bayangkan, SehatQ baru terdaftr domainnya pada September 2018, sementara biasanya, masa pengembangan flatform paling tidak memakan waktu 6 bulan. Artinya dari pembelian domain (yang biasanya dilakukan diawal supaya tidak diambil orang) dan ditambah waktu setidaknya 6 bulan maka di pertengahan tahun 2019 sudah siap masuk ke pasar. Dengan waktu yang cukup singkat SehatQ mampu memproduksi 6800 lebih artikel kesehatan, 1100 lebih eksiklopedi obat dan penyakit, 28500 direktori dokter dan juga 3000 lebih direktori kesehatan, sangat cukup untuk pengguna menemukan banyak informasi kesehatan di SehatQ.

Bicara tentang fitur, SehatQ saya liat juga mumpuni dalam fitur dan fasilitas. Secara umum dideliver tentu dalam dua jenis media, yaitu website dan juga mobile apps. Jika dibandingkan situs sejenis, SehatQ cenderung lebih kaya akan fitur dan shortcut-shortcut yang memudahkan user untuk mendapatkan informasi lebih cepat dan mudah. Beberapa fitur diantarnya adalah Toko, Obat, Artikel, Tindakan Medis, Dokter, Rumah Sakit, Penyakit, Chat Dokter dan Promo dan Forum.

Toko, Fitur ini adalah semacam online store dari SehatQ, isinya adalah fitur pembelian beberapa produk yang berhubungan dengan kesehatan dan kecantikan, untuk urusan harga, saat ini saya pikir platform apapun akan memberikan harga yang kompetitif, maklum saja persaingan di platform healthy memang sangat kompetitif, belum lagi persaingan yang datang dari marketplace umum.

Obat, Fitur ini menyajikan informasi yang lengkap tentang berbagai macam obat, semacam katalog obat beserta informasi tentang obat yang dicari. Dilengkapi dengan foto membuat kita semakin mudah untuk mendapatkan informasi obat.

Artikel, nah buat yang senang baca info kesehatan, Artikel kesehatan sangat mudah ditemukan di platform ini, bahasanya mudah dipahami, pemilihan gambar pendukung juga membuat mata tidak mudah lelah.



Tindakan Medis, nah fitur ini yang saya jarang temukan di platform lain, lebih spesifik menerangkan informasi tindakan medis, bagaimana mekanisme, kenapa harus dilakukan tindakan itu dan informasi lainnya, cukup detil dan mudah dipahami bahkan oleh orang awam sekalipun.

Dokter, sebenarnya fitur ini nyaris ada disemua flatform sejenis, menyajikan direktori dokter yang terhubung dengan fitur lainnya yaitu fasilitas kesehatan.

Chat Dokter, fitur ini seperti sama dengan platform lainnya, tapi saya cukup takjub mengingat SehatQ membuat layanan chat ini tidak hanya berbasis mobile, tetapi juga berbasis web, sangat membantu untuk mereka yang lebih senang chat di laptop atau computer ketimbang melalui handphone, seperti saya.

Forum, fitur forum ini juga jarang saya temukan di flatform sejenis, forum ini memang fitur lama dan nyaris orang lupa bahwa di internet ada fitur yang namanya Forum, mungkin terlalu sering bersosial media yang lebih senang bernuansa Status dan komentar, ketimbang Topic dan Thread.

Sebagai Reviewer, saya juga tentu harus memberikan penilain secara objektif ke SehatQ, ada beberapa hal yang membuat saya kurang pas, salah satunya adalah pemasangan Ads Network yang cukup menganggu saat saya membaca konten dan menikmati fitur yang ada. Saya berfikir, lebih baik SehatQ berfokus pada layanan yang menjadi Core itu sendiri. Sehingga tidak perlu memasang iklan yang berasal dari Ads Network semacam adsense, saya lebih setuju iklan-iklan itu dipasang oleh Iklan Fasilitas kehatan, obat ataupu mitra SehatQu, selain relevan, tata letak dan grafis sangat mungkin bisa disesuaikan agar tetap cantik. Namun, kekurangan ini bukan kekurangan mayor, dan dari keseluruhan review, saya memberikan nilai 93 untuk SehatQu.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet





Apa komentar anda tentang Tulisan SehatQ, Platform Kesehatan dan Chat Dokter Indonesia?

Bedah Web dan Aplikasi Lainnya