Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

Cara Mendapatkan Jumlah Fans Facebook Menggunakan PHP

Oleh Adi Sumaryadi pada Sabtu, 04 Maret 2017 06:56 WIB

Terkadang kita ingin menampilkan jumlah fans dari Fanspage Facebook yang kita miliki, tetapi design ingin dibuat sedemikian rupa, dengan begitu kita membutuhkan data fans dari fanspage di facebook dalam bentuk numeric. Berikut adalah caranya:

Terlebih dahulu anda harus mendaftarkan sebuah Aplikasi di Facebook Developers atau dengan mengunjungi developers.facebook.com, pastikan semua berjalan dengan baik hingga anda akan mendapatkan Apps ID dan juga Apps Secret. Kemudian setelah mendapatkan 2 parameter tadi, selanjutnya adalah anda harus mengetahui terlebih dahulu Fanspage ID kita berapa, contoh Fanspage saya https://www.facebook.com/adisumaryadi berapa?. Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengunjungi halaman yang akan kita dapatkan jumlah fansnya, kemudian dibagian Tentang (About) akan diinformasi Fans IDnya berapa. 

Kemudian berikut ini adalah Source PHP untuk mendapatkan Jumlah Fans Facebook anda.

$app_secret = "isidengan_appsecret";
$app_id = "isidengan_appid";
$fbid = "isidengan_fanspageid";

$urls = 'https://graph.facebook.com/v2.7/'. $fbid . '?fields=fan_count&access_token='. $app_id . '|' . $app_secret;
$json = file_get_contents($urls);
$json_output = json_decode($json);

if($json_output->fan_count)
{
   $fans = $json_output->fan_count;
   echo $fans;
}

Saya tidak merekomendasikan halaman ini diakses berulang-ulang, jadi sebaiknya anda bisa menggunakan crontab terjadwal misalnya setiap 5 menit sekali untuk mengupdate jumlah fans dari fanpages anda.