Konsultasi IT
Apa Saja Langkah Awal Belajar Menguasai Website?

Apa Saja Langkah Awal Belajar Menguasai Website?

Minggu, 20 November 2016 16:04 WIB | 3.189 Views 2016-11-20 16:04:08

Assalamualaikum Pak, Saya Naura, mahasiswi dari Padang. Saya sudah punya website pribadi sudah setahun tapi pengetahuan saya masih minim sekali untuk web ini. Hanya berkisar otak atik yang sudah jadinya dari wordpress. Saya punya web karna pengen nulis dan berbagi, walau sebenernya ini bukan jurusan saya. Nah, berhubung udah mau tamat kuliah dan saya memiliki waktu lebih lowong. Saya ingin lebih meng-explore lagi mengenai web ini. Saya butuh saran Pak, kalau mau belajar menguasai web saya harus mulai dari mana Pak? Terimakasih Pak atas jawabannya, wassalam.

Jawaban:

Wa'alaikumussalam Naura, terima kasih sudah berkunjung ke website saya. Sebelumnya selamat sudah punya personal website yah, semoga terus bisa dikembangkan. Pertanyaan yang Naura sampaikan adalah harus belajar dari mana untuk menguasai web?

Begini, kita harus terlebih dahulu fokus terhadap salah satu bidang tertentu, kata "menguasai web" itu kata yang sangat luas sekali, lebih baik difokuskan dulu karena didunia web sendiri sangat banyak bidangnya, atau kebutuhan itu hanya sampai pada punya website personal yang bagus dan terkenal? atau sampai benar-benar sampai menguasi pemrograman tertentu?

Untuk "menguasai" website secara awal dulu yang saya lakukan persis seperti yang sahabat Naura sampaikan, otak atik dulu Opensource CMS yang ada, saya dulu pertama kali oprek adalah PHP-Nuke dan Mamboo (sekarang menjadi Joomla), dibongkar dalamnya dicoba ganti ini itunya tapi akhirnya berakhir pada keputusan, saya harus bisa pemrograman sendiri dan memahami betul bahasa pemrograman yang dipakai yaitu PHP. 

Dari sana saya belajar PHP dan mySQL dengan cara membongkar sourcecode yang ada dan dilihat-lihat, belajarnya seperti mundur, ini sebenarnya tidak baik karena beberapa dasar PHP jadi terlewati, dari situ karena banyak mengotak atik, googling sana googling ini akhirnya sedikit demi sedikit menjadi bisa.

Kembali lagi ke pertannyaan, jika melihat case Naura sekarang saya pikir lanjutkan untuk oprek-oprek Wordpress, lihat potensi terbesar Naura, bila potensinya menulis, teruslah menulis dan jangan unfokus, sesekali boleh untuk oprek-oprek. Di Wordpress, beberapa yang harus diotak atik adalah:

  1. Template
    Poin ini yang menurut saya terpenting untuk case Naura, buatlah atau carilah template yang menurut Naura terbaik dan sesuai dengan keinginan, jangan sayang untuk membeli template bila itu terasa bagus, setelah itu sesuaikan dengan keinginan.
  2. Optimasi SEO
    Wordpress secara standard mengikutkan beberapa standard SEO yang bagus, namun ada beberapa sisi yang harus dioptimasi lagi, silahkan dicoba-coba dan dibaca lagi referensi tentang SEO untuk Wordpress.
  3. Optimasi Kecepatan
    Antisipasi banyaknya kunjungan, mulailah perhatikan kecetapan website, jangan sampai template bagus, terus SEO bagus tapi lambat sekali saat diakses.
Sementara itu dari saya, selamat mencoba dan terima kasih.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

Untuk mengajukan pertanyaan seputar Internet dan yang lain sebagainya silahkan bisa memanfaatkan fasilitas pertanyaan dibagian bawah website atau dengan cara mengirimkan email ke adisumaryadi [at] gmail.com







Konsultasi IT Lainnya

Cara Berkonsultasi
Untuk mengirimkan pertanyaan dan konsultasi, silahkan kirimkan pertanyaan anda melalui alamat email adisumaryadi@gmail.com.