Tentang Pangandaran
Kenapa Beberapa Kali Gempa, Pangandaran dijadikan Titik Terdekat?

Kenapa Beberapa Kali Gempa, Pangandaran dijadikan Titik Terdekat?

Oleh | Rabu, 27 Maret 2019 11:54 WIB | 1.673 Views | Comments 2019-03-27 11:54:22

Gempa pada tanggal 21 Maret 2019 lalu adalah salah satu gempa dari banyak gempa yang terjadi di laut selatan jawa, lebih tepatnya gempa yang sering disebabkan karena pergerakan lempeng Indo-Australia.

Yang jadi pertanyaan, kenapa seringkali Pangandaran dipilih sebagai titik terdekat oleh BMKG? apakah karena Pangandaran terkenal sehingga orang mudah mengingatnya? bagaimana dampaknya terhadap industri Pariwisata Pangandaran itu sendiri?

Jika menilik gempa semalam, BMKG melalui twitter menyampaikan bahwa #Gempa Mag:4.7, 21-Mar-19 22:03:07 WIB, Lok:8.12 LS, 107.99 BT (Pusat gempa berada di laut, 72 km barat daya Kab. Pangandaran), Kedlmn:60 Km Dirasakan (MMI) II Cilacap, II-III Tasikmalaya, II-III Ciamis, II-III Pangandaran #BMKG dan dengan cekatan banyak media memberitakan "Gempa Pangandaran" dan pemberitaan yang seperti ini sering menjadi "tantangan" industri pariwisata.

Bila kita melihat peta secara sekilas, Pusat Gempa secara garis lurus berada di selatan Kabupaten Garut. Begitu pula bila ditarik garis lurus maka jarak akan semakin pendek, saya meyakini kurang dari 72km. Ini tentu bukan masalah menyudutkan garut pula, karena siapapun tentu gak ingin ada gempa di daerahnya.

Informasi yang disampaikan BMGK tidak terlalu berbeda dengan USGS Eathquake, USGS menyampaikan magnitudo yang sama dan kedalaman yang hampir sama tetapi lokasi berbeda yaitu M 4.7 - 6km SW of Cibalieur, Indonesia.

Apakah ada aturan tersendiri pemilihan lokasi terdekat dengan titik gempa? atau hanya lebih informatif saja? semoga ada yang kompeten menjawab kegundahan saya selama ini

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Tentang Pangandaran Lainnya
Pariwisata Pangandaran, Antara Kebutuhan dan Mimpi
Selasa, 05 Februari 2019 21:45 WIB
Pariwisata Pangandaran, Antara Kebutuhan dan Mimpi
Suatu hari saya mengikuti meeting dengan Pa Haryadi, ketua PHRI Pusat, saya mewakili salah satu perusahaan di Jakarta, maklum, jadi orang IT kadang berganti-ganti baju sesuai dengan pekerjaan. Saat itu, hampir seluruh hotel yang datang saat itu mengeluhkan penurunan tingkat hunian hotelnya, tidak hanya hotel independent, hotel chain juga merasakan hal yang sama.
Semakin Mendunia Pariwisata Pangandaran, Semakin Hebat Tantangannya
Kamis, 29 November 2018 15:05 WIB
Semakin Mendunia Pariwisata Pangandaran, Semakin Hebat Tantangannya
Kolaborasi apik dari Pa AY, Kang Emil, Bu Susi dan Pa Jeje menurut saya impactnya bakal sangat terasa untuk pariwisata Pangandaran, atau setidaknya kolaborasi Kang Emil dan Pa Jeje, karena belum tentu Pa AY dan Bu Susi masih jadi mentri tahun-tahun mendatang. Kolaborasi ini tentu akan mewujudkan mimpi Pangandaran menjadi pariwisata berkelas dunia.
Ayolah Kawan, Sekali-Kali Keluarlah Dari Kotak Pariwisata
Minggu, 04 Februari 2018 02:17 WIB
Ayolah Kawan, Sekali-Kali Keluarlah Dari Kotak Pariwisata
Pangandaran adalah kabupaten baru yang memfokuskan diri pada pariwisata, bahkan misi utama dari Kabupaten yang dipimpin oleh Jeje Wiratadina ini adalah menjadi kabupaten pariwisata berkelas dunia, maka jangan salah bila keseluruhan aktifitasnya akan berbau pariwisata. Apakah termasuk generasi penerusnya?
Website Pangandaran Actual Disaster Information, Jadi Solusikah Perangi Hoax?
Rabu, 03 Januari 2018 07:52 WIB
Website Pangandaran Actual Disaster Information, Jadi Solusikah Perangi Hoax?
Pemerintah Kabupaten Pangandaran bergerak cepat pasca beberapa kali hoax tersebar khususnya yang berhubungan dengan informasi bencana dengan menghadirkan website Pangandaran Actual Disaster Information atau disebuat PADI, lalu apakah langkah ini akan mengurangi hoax dan membuat wisatawan tidak takut ke Pangandaran?
Pangandaran, Kabupaten Belia yang Sedang Marajut Mimpi
Rabu, 25 Oktober 2017 02:24 WIB
Pangandaran, Kabupaten Belia yang Sedang Marajut Mimpi
​Waktu 5 tahun bisa kita pandang dari dua sisi yang berbeda. Bila diibaratkan 5 tahun untuk usia seorang insan, 5 tahun adalah masa anak-anak yang belum mempunyai banyak daya, maka seringlah kita sebut sebagai balita, didunia belum lama, hanya lima tahun. Pun begitu dengan Kabupaten Pangandaran yang saat ini tengah berulang tahun yang kelima kalinya.
Mana Pangandaran Bisa Maju, Kalau Semua Ingin Jadi PNS
Senin, 25 Juni 2012 07:29 WIB
Mana Pangandaran Bisa Maju, Kalau Semua Ingin Jadi PNS
Boleh dibilang myPangandaran, situs yang adi miliki itu memberitakan Pemekaran Pangandaran cukup intens, Saya mencatat ada puluhan bahkan ratusan berita yang berhubungan dengan pemekaran oleh sebab itu banyak yang bertanya ke saya tentang pemekaran, lalu saya tanya balik.